Tips Agar Rajin Menabung, Ikuti 10 Challenge Seru dan Wajib Dicoba!

Adi Riyanto

Mengikuti pembahasan sebelumnya mengenai tips agar rajin menabung, di artikel ini kami akan membahas beberapa challenge menabung yang menyenangkan dan bisa Anda coba untuk menabung secara konsisten tanpa merasa stres.

Jadi, apa challenge tersebut? Yuk, kita bahas satu per satu di artikel kali ini. Seperti yang kita tahu, Banyak orang kesulitan bahkan tidak bisa menyisihkan sebagian uang mereka untuk ditabung.

Menabung sebenarnya adalah salah satu tugas yang sering diingatkan oleh orang tua, guru, dan penasihat keuangan. Namun sayangnya, sering diabaikan oleh banyak orang.

Tips Agar Rajin Menabung

Tips Agar Rajin Menabung Dengan Challenge yang Seru

Jadi, bagaimana supaya kita bisa menabung dengan cara yang menarik dan menyenangkan? Langsung saja simak ulasannya dibawah ini:

1. 30 Days Saving Challenge

Tips agar rajin menabung yang pertama adalah menabung secara konsisten selama 30 hari, terkadang dikenal sebagai 30 Days Saving Challenge.

Sangat mudah untuk mencoba tantangan yang satu ini. Caranya adalah mengumpulkan uang setiap hari hingga 30 hari. Namun jumlah yang harus dikumpulkan ditentukan oleh tujuan tabungan tersebut.

Misalnya, Anda ingin menonton konser artis favorit seharga Rp 1.200.000. Jadi jumlah uang yang Anda butuhkan untuk menabung setiap hari adalah Rp 40.000.

Selain pergi ke konser, tantangan menabung ini sangat ideal untuk mencapai tujuan keuangan jangka pendek lainnya seperti pergi berlibur, membeli produk tertentu, dan lain sebagainya.

2. Reversed 30 Days Saving Challenge

Jika sebelumnya kita sudah membahas tantangan menabung selama 30 hari mulai tanggal 1 atau umumnya di awal bulan dengan nominal besar, tantangan yang satu ini berlaku sebaliknya, dimana Anda menabung dengan nominal besar di awal dan semakin sedikit ketika mendekati akhir bulan. Unik bukan?

3. 30 Days Minimalism Challenge

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata minimalis? Tentunya sesuatu yang mudah dan simple bukan? Jadi, selain mendorong Anda mengembangkan kebiasaan menabung yang sehat, tips agar rajin menabung ini akan mengajarkan Anda cara hidup sederhana.

Caranya adalah Anda harus menjual barang yang sudah tidak digunakan lagi atau jarang Anda gunakan namun kondisinya masih bagus.

Uang yang Anda dapatkan nantinya tidak akan dihabiskan, melainkan akan disimpan. Betapa menakjubkannya bisa menggunakan metode Konmari sambil tetap menghemat uang bukan?

4. Menabung Mingguan

Apakah Anda keberatan dengan tantangan menabung 30 hari? Mengapa tidak mencoba challenge menabung mingguan? Tips agar rajin menabung ini bisa Anda coba untuk berlatih menabung secara konsisten.

Strateginya mirip dengan challenge menabung 30 hari. Pertama dan terpenting, Anda harus menetapkan tujuan tabungan tersebut. Kemudian, tentukan jumlah nominal yang akan Anda tabung.

Tidak harus dimulai dengan nominal yang besar, yang penting adalah Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh dengan tidak melewatkan satu hari pun.

5. Challenge Menabung 20rb

Challenge selanjutnya adalah menabung 20.000. Aturannya mudah dan tidak rumit. Setiap kali Anda memiliki uang sepuluh ribu, Anda harus menyimpan uang itu.

Misalnya, ketika Anda mengisi tangki bensin lalu mendapat kembalian 10.000. Dimana uang tersebut harus segera disimpan dan tidak boleh digunakan. Cukup mudah bukan?

6. Tantangan Tidak Makan di Luar Selama Sebulan

Meskipun tampaknya cukup sepele, makan di luar bisa dengan cepat menghabiskan sebagian besar anggaran dan menguras kantong Anda.

Salah satu tips agar rajinmenabung adalah dengan berkomitmen untuk tidak makan di luar selama sebulan. Anda tidak hanya menghemat uang, tetapi juga meningkatkan keterampilan memasak, makan makanan yang lebih sehat, dan memiliki manajemen waktu yang lebih baik.

7. Tantangan Potong 5% dari Gaji

Challenge menabung ketujuh adalah memotong 7% dari nominal gaji bulanan Anda. Ingatlah bahwa konsep menabung adalah menyisihkan uang bukan menyisakan.

Anda bisa melakukan tantangan ini di awal bulan dan menyetorkan uang ke rekening tabungan terpisah. Dengan menyelesaikan challenge ini, Anda akan termotivasi untuk meminimalkan pengeluaran yang tidak perlu, guna memaksimalkan jumlah uang yang tersedia untuk ditabung.

8. Menabung Sesuai Tanggal

Sebagai hasil dari terobosan teknis yang lebih kompleks, banyak lembaga keuangan telah menggunakan teknologi canggih untuk membantu sistem keuangan mereka.

Salah satunya adalah sistem debit otomatis, yang memungkinkan nasabah mengirim sebagian uang secara instan ke rekening tabungan.

Caranya adalah memilih tanggal yang paling tepat untuk melakukan transfer ke rekening tabungan. Dengan cara ini, Anda bisa menghemat uang secara konsisten.

9. 52 Weeks Saving Challenge

Apakah Anda baru dalam menabung dan ingin membiasakan hal ini? Tips agar rajin menabung selanjutnya adalah challenge menabung selama 52 minggu.

Persyaratannya sederhana dan mirip dengan challenge menabung 30 hari, hanya saja Anda akan melakukannya selama setahun penuh! Wow, luar biasa bukan?

Untuk meningkatkan kebiasaan menabung Anda, cara ini akan dilakukan seminggu sekali. Misalnya, jika Anda menabung Rp 50.000 di minggu pertama dan Rp 30.000 di minggu kedua. Nominal yang dipilih juga bisa digabungkan dengan keadaan keuangan Anda saat ini.

Yang terpenting, Anda menyelesaikan tugas ini tanpa melewatkan sedikitpun. Jika merasa kesulitan, Anda bisa menggunakan ponsel untuk membuat catatan singkat atau pengingat.

10. No Spending Challenge / Tantangan Tanpa Pengeluaran

Challenge menabung yang terakhir adalah tantangan tanpa berbelanja. Dalam tantangan ini, Anda harus berjanji untuk tidak membelanjakan uang di luar kebutuhan dasar.

Aturan lainnya adalah memilih waktu terbaik untuk memulai challenge in. Misalnya, pada hari-hari tertentu seperti akhir pekan. Yang terpenting, pastikan Anda melakukannya secara konsisten dari waktu ke waktu.

Tips Agar Rajin Menabung

Penutup

Nah, itu dia tips agar rajin menabung dengan challenge yang seru dan menyenangkan. Jadi, dari semuanya, mana challenge yang akan Anda pilih? Selamat mencoba!

Also Read

Bagikan:

Tags