Pengertian Tasamuh, Dalil, Manfaat dan Contoh di Kehidupan Sehari-hari

Adi Riyanto

 Apa itu Tasamuh?

Pengertian Tasamuh Adalah

“Tasamuh” adalah sebuah konsep dalam bahasa Arab yang mengacu pada sikap toleransi dan saling menghormati antara individu atau kelompok yang memiliki perbedaan pandangan atau keyakinan. Konsep ini sering diartikan sebagai toleransi atau kesediaan untuk menerima perbedaan, bahkan dalam kasus yang sulit sekalipun.

Dalam konteks sosial, tasamuh mengacu pada kemampuan untuk hidup bersama dalam keragaman budaya, agama, suku, atau etnis. Sikap tasamuh diharapkan dapat mendorong dialog dan pemahaman yang lebih baik antara individu atau kelompok yang berbeda, sehingga mencegah konflik atau perselisihan yang merugikan kedua belah pihak.

Dalam Islam, tasamuh dianjurkan sebagai prinsip dasar dalam hubungan antarmanusia, terutama antara umat Muslim dan non-Muslim. Islam menekankan bahwa toleransi dan penghargaan terhadap keberagaman adalah bagian penting dari ajaran agama, sehingga tasamuh menjadi nilai penting dalam kehidupan sehari-hari.

Dalil Tentang Tasamuh

Dalam Islam, ada beberapa dalil tentang toleransi atau tasamuh. Ajaran Al-Qur’an tentang toleransi dapat ditelusuri dari penjelasannya tentang keadilan, kebajikan, dan perdamaian. Berikut dalil yang menggambarkan tentang sikap toleransi dalam Al-Qur’an dan Hadis:

Al-Qur’an Surat Al-Maidah ayat 8:

“Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan kebenaran karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Al-Qur’an Surat Al-Hujurat ayat 10:

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah antara kedua sadaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.”

Hadis dari Abu Hurairah, Rasulullah saw. pernah bersabda:

“Jauhilah prasangka buruk, karena prasangka buruk adalah ucapan yang paling dusta. Dan janganlah kalian saling mendiamkan, janganlah suka mencari-cari kesalahan, saling mendengki, saling membelakangi, serta saling membenci. Dan jadilah kalian hamba-hamba Allah yang saling bersaudara.” (HR Bukhari).

Hadis lainnya tentang toleransi juga tertuang pada:

Rasulullah saw. bersabda, “Siapa yang membantu menghilangkan kesulitan orang mukmin satu kesulitan di dunia, niscaya Allah akan menghilangkan kesulitan dia dari kesulitan pada hari kiamat. Dan barangsiapa yang memberikan kemudahan kepada orang yang menghadapi kesulitan, Allah akan memberikan kemudahan kepadanya di dunia dan di akhirat.” (HR Muslim)

Contoh Tasamuh di Kehidupan Sehari-hari

Contoh tasamuh dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

1. Toleransi antarumat beragama

Di Indonesia, umat beragama yang berbeda hidup berdampingan dengan damai dan saling menghormati. Misalnya, saat ada perayaan agama tertentu, seperti Natal, Idul Fitri, atau Nyepi, masyarakat yang berbeda agama akan saling menghormati dan tidak mengganggu kegiatan perayaan tersebut.

2. Menghargai perbedaan budaya

Di berbagai negara, terdapat keanekaragaman budaya yang berbeda, seperti adat, bahasa, dan tradisi yang berbeda. Dalam hal ini, tasamuh mengajarkan kita untuk menghargai perbedaan tersebut dan tetap hidup dalam harmoni, tanpa memaksakan nilai-nilai tertentu kepada orang lain.

3. Pemilihan pemimpin yang adil

Tasamuh juga dapat tercermin dalam memilih pemimpin yang adil, tanpa memandang latar belakang etnis, agama, atau suku. Dalam pemilihan umum, setiap individu memiliki hak yang sama dan memilih calon pemimpin yang dianggap akan mampu memimpin dengan baik tanpa memandang latar belakangnya.

4. Menghargai perbedaan pendapat

Tasamuh juga mengajarkan kita untuk menghargai perbedaan pendapat antarindividu, dan tidak memaksakan pendapat atau kehendak tertentu kepada orang lain. Dalam situasi seperti ini, tasamuh memungkinkan kita untuk berdialog dan mencari solusi bersama tanpa harus menghilangkan keberagaman yang ada.

Manfaat Tasamuh di Kehidupan Sehari-hari

1. Menciptakan kedamaian dan kerukunan antarumat beragama

Dengan menerapkan tasamuh, kita dapat hidup berdampingan dengan damai dan saling menghormati, meskipun kita berbeda agama dan keyakinan.

2. Meningkatkan toleransi dan pengertian terhadap perbedaan

Tasamuh membantu kita untuk lebih terbuka terhadap perbedaan dan tidak memaksakan kehendak kita kepada orang lain. Hal ini dapat membantu kita untuk lebih menghargai perbedaan dan memperluas pemahaman kita tentang dunia.

3. Mendorong kerja sama dan solidaritas

Ketika kita menerapkan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari, kita cenderung lebih terbuka untuk bekerja sama dan saling membantu. Hal ini dapat mendorong terciptanya solidaritas yang kuat antarindividu dan antarkelompok.

4. Meningkatkan pemahaman tentang nilai-nilai universal

Tasamuh dapat membantu kita untuk memahami nilai-nilai universal yang penting, seperti persaudaraan, perdamaian, dan keadilan. Dengan memahami nilai-nilai ini, kita dapat mengembangkan sikap positif yang dapat membantu kita untuk membangun masyarakat yang lebih baik.

5. Membangun kepercayaan dan penghargaan terhadap satu sama lain

Dengan menerapkan tasamuh, kita cenderung membangun kepercayaan dan penghargaan terhadap satu sama lain, sehingga dapat membantu menciptakan hubungan yang lebih positif dan saling menguntungkan.

6. Meningkatkan kualitas hidup

Tasamuh dapat membantu kita untuk hidup lebih bahagia dan sejahtera, karena kita hidup dalam lingkungan yang damai, harmonis, dan saling menghormati. Hal ini dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan mental dan fisik kita.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan tentang pengertian Tasamuh dan juga contohnya yang bisa admin bagikan untuk adik-adik semua. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan memberikan wawasan baru bagi kita semua.

Also Read

Bagikan:

Tags