Pengertian Premi Asuransi, Jenis dan Tujuannya

Adi Riyanto

Premi Asuransi – Didalam dunia asuransi ada banyak sekali istilah-istilah yang harus kalian ketahui. Salah satunya adalah istilah Premi Asuransi, pasti di antara kalian sudah pernah mendengar tentang premi asuransi kan? Jika iya, pastilah kalian juga menjadi salah satu orang yang sudah melakukan jenis investasi seperti asuransi serta mengerti akan keguaannya.

Sebagai calon nasabah asuransi, sebelum kalian mengajukan klaim asuransi, kalian wajib tahu terlebih dahulu apa itu premi asuransi yang juga keterangannya tercantum di dalam polis asuransi. Premi asuransi sendiri di dalam proses asuransi, dimana kedua bagian itu saling terikat satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan.

Nah, untuk lebih jelas dan paham dan mengerti apa itu premi asuransi dan juga jenis-jenisnya, di artikel ini sudah saya rangkum mengenai informasi apa itu premi asuransi dan segala jenisnya yang diambil dari berbagai sumber terpercaya.

Pengertian Premi Asuransi

Premi Asuransi

Apa itu Premi Asuransi? Premi adalah sejumlah uang (Iuran) yang harus dibayarkan oleh nasabah sebagai pihak tertanggung kepada perusahaan sebagai pihak penanggung. Dengan begitu perusahaan asuransi bisa diartikan sebagai Premi wajib bagi nasabah asuransi yang dibayarkan kepada perusahaan asuransi. Pada umumnya pemabayaran Premi tersebut dilakukan setiap bulan, namun tergantung dari jatuh tempo yang telah disepakati bersama.

Lalu apakah premi asuransi itu mahal? Sebenarnya ini relatif dan bergantung kepada kemampuan finansial dari calon nasabahnya. Karena itu, disarankan bagi para nasabah baru tidak perlu buru-buru tanda tangan polis sebelum menegtahui besaran preminya.

Namun ada juga perusahaan yang memberikan kebebasan kepada nasabahnya untuk menentukan besaran premi sesuai kemampuannya. Jadi pada intinya, besaran prmei yang harus dibayarkan dapat sesuai dengan kesanggupan bayar.

Baca juga: 12 Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Jenis-Jenis Premi Asuransi

Nah, setelah mengetahui apa itu Premi, selanjutnya kalian juga harus mengerti jenis-jenis Premi seperti dibawah ini. Premi asuransi berdasarkan jenis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, Premi masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Premi Asuransi Kesehatan

Apa itu Premi asuransi kesehatan? Premi Asuransi Kesehatan ialah Premi yang harus dibayarkan untuk memperoleh manfaat seputar kesehatan seperti rawat jalan, rawat inap, konsultasi dokter, operasi, perawatan gigi, persalinan dan lain sebagainya. Besarannya Premi disesuaikan dengan limit pertanggungan yang dibayarkan perusahaan asuransi. Umumnya, biaya Premi untuk asuransi kesehatan berada di kisaran Rp150 ribuan di setiap bulannya.

2. Premi Asuransi Jiwa

Jenis Premi asuransi selanjutnya ada Premi asuransi jiwa, Premi Asuransi Jiwa adalah Premi yang dibayarkan peserta asuransi jiwa ke perusahaan asuransi supaya ahli waris atau penerima manfaat bisa memperoleh uang pertanggungan atau uang santunan sesuai kesepakatan dalam polis. Asuransi jiwa sendiir merupakan asuransi yang diberikan untuk menanggung kerugian finansial karena meninggal dunia. Semakin tinggi uang pertanggungannya, maka semakin besar pula Premi yang harus kalian bayarkan.

3. Premi Asuransi Mobil

Premi asuransi mobil adalah Premi yang dibayarkan oleh nasabah asuransi mobil untuk mendapatkan manfaat pertanggungan biaya perbaikan kerusakan mobil baik itu sebagian, total, sampai kehilangan. Besaaran Premi bergantung pada jenis asuransi mobil.

Sebagaimana yang diketahui, asuransi mobil terbagi menjadi dua jenis yaitu asuransi mobil All Risk dan asuransi mobil Total Loss Only (TLO). Asuransi all risk pembayarannya lebih mahal daripada TLO karena asuransi TLO hanya membayar kerusakan sekitar 75 persen saja.

4. Premi Asuransi Kecelakaan Diri

Premi asuransi kecelakaan diri ini dibayarkan oleh peserta atau nasabah asuransi ke perusahaan untuk memperoleh manfaat berupa uang santunan setelah mengalami kecelakaan. Biaya asuransi kecelakaan ini tergolong terjangkau, berada di kisaran Rp160 ribu sampai Rp170 ribu per tahunnya.

5. Premi Asuransi Perjalanan

Premi asuransi perjalanan dapat diartikan sebagai Premi atau Premi yang dibayar nasabah asuransi ke perusahaan asuransi supaya berhak mendapatkan pertanggungan atas gangguan, biaya medis, rawat inap, sampai uang santunan selama perjalanan dari berangkat sampai pulang kembali. Beberapa perusahaan asuransi biasannya menawarkan produk asuransi ini kepada orang-orang yang suka jalan-jalan atau traveling.

Nah, itu dia lima jenis Premi asuransi yang dikutip dari laman void.id, dengan adanya jenis-jenis Premi diatas bisa menjadikan kalian tahu ketika hendak memilih asuransi.

Tujuan Adanya Premi Asuransi

Selain pengertian Premi asuransi dan juga jenis Premi asuransi, kalian juga harus pahami apa tujuan dari membayar Premi asuransi. Agar lebih jelas dan paham mengenai tujuan adanya permi asuransi, kalian bisa ikuti penjelasannya dibawah ini.

1. Mendapat Jaminan Perlindungan

Fungsi dari Asuransi sendiri ialah untuk mendapatkan jaminan perlindungan terhadap berbagai risiko buruk yang bisa saja dialami oleh kita. Jaminan perlindungan ini kemudian dapat diperoleh dengan cara membayar Premi asuransi yang sekaligus kalian akan mendapatkan manfaat dari asuransi tersebut. Karena kita tahu, bahwa nasib buruk bisa saja datang kapanpun dan dimanapun.

Oleh karena itu, bermawas diri dengan melakukan sesuatu yang bisa diandalkan juga perlu kalian lakukan. Seperti mendaftarkan diri atau keluarga berasuransi untuk dapat melindungi kalian dan juga keluarga tercinta kalian.

2. Memperoleh Pemerataan Biaya

Pemeratan uang disini memiliki arti jika kalian adalah pemegang polis maka tidak akan mengganti, dan membayar secara pribadi terhadap semua kerugian yang diakibatkan oleh musibah yang dialami.

Baca juga: Jenis-jenis Asuransi Kesehatan dan Manfaatnya

Nah, itulah tadi penjelasan dari pengertian Premi asuransi, jenis Premi asuransi dan juga apa tujuan Premi asuransi yang perlu kalian ketahui dan pahami sebelum mendaftarkan diri ke asuransi. Selalu pertimbangkan juga masalah finansial kalian sebelum memutuskan untuk memilih asuransi.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa dijadikan referensi bagi kalian yang sedang mencari informasi terkait asuransi. Jangan lupa share artikel ini ke rekan-rekan kalian semua.

Also Read

Bagikan:

Tags