Konsep Frugal Living, Prinsip Hidup Hemat yang Bikin Cepat Kaya

Adi Riyanto

Konsep Frugal Living dalam hidup adalah menjadi kaya. Meskipun uang bukanlah segalanya, namun uang bisa membeli segalanya. Selain bekerja keras dengan dedikasi dan disiplin serta memulai usaha, Anda bisa menjadi kaya raya dengan mengubah gaya, salah satunya dengan hidup hemat.

Berbicara soal hidup hemat, Anda harus mengetahui konsep Frugal Living. Kabarnya, konsep ini banyak dipakai oleh banyak orang kaya di seluruh dunia. Untuk lebih lanjut, simak ulasannya dibawah ini!

Definisi Konsep Frugal Living

konsep frugal living

Frugal Living adalah cara hidup yang mengutamakan kesederhanaan. Seorang frugalis (seseorang yang mempraktikkan hidup hemat) akan memprioritaskan manfaat barang atau jasa yang diterima daripada yang dikeluarkan.

Mungkin seseorang yang hemat akan dianggap pelit. Namun sebenarnya, konsep hidup hemat mencakup lebih dari sekadar konotasi ini.

Perbedaan Konsep Frugal Living dan Minimalis

Meski terdengar mirip, konsep frugal living berbeda dengan gaya hidup minimalis. Hidup hemat adalah konsep yang menekankan efektivitas biaya.

Seorang frugalis akan menganalisis dengan cermat keuntungan yang diperoleh pada setiap biaya yang dikeluarkan. Mereka akan memilih barang dengan harga terendah tetapi memiliki manfaat yang tinggi.

Berbeda dengan seorang yang frugalis, seseorang yang menganut konsep minimalis tidak memperdulikan harga sebuah benda. Mereka menempatkan nilai yang lebih tinggi pada kualitas daripada harga.

Seorang minimalis lebih mementingkan kualitas barang dengan harga yang agak tinggi karena mereka yakin barang tersebut lebih awet dan memiliki umur simpan yang lebih lama.

Manfaat Konsep Frugal Living

Pastinya ada banyak manfaat yang didapat jika Anda menjalankan konsep hidup hemat. Diantaranya adalah:

1. Mempercepat Seseorang dalam Meraih Financial Freedom

Frugal Living akan membantu seseorang mencapai konsep kebebasan finansial lebih cepat. Financial Freedom adalah keadaan di mana seseorang tidak bergantung pada orang lain dan tidak harus “bekerja terlalu keras” untuk memenuhi kebutuhan dasarnya, termasuk kebutuhan finansial.

Artinya seseorang yang telah memperoleh Financial Freedom dapat dikatakan sudah memiliki aset yang lebih dari cukup.

Konsep Frugal Living membantu seseorang untuk memikirkan masalah keuangan dengan hati-hati. Akibatnya, seorang frugalis akan menghemat atau menginvestasikan lebih banyak uang. Dengan begitu, konsep kebebasan finansial akan mudah dicapai.

2. Lebih Memiliki Kesempatan Banyak untuk Menabung

Seperti yang dikatakan sebelumnya, seorang frugalis akan memiliki lebih banyak uang untuk ditabung atau bahkan diinvestasikan. Lebih banyak tabungan berarti memiliki kehidupan yang lebih tenang dan kesempatan yang lebih baik untuk memperoleh aset yang diinginkan dengan cepat.

3. Mengurangi Stress dan Tekanan Finansial

Daripada hidup penuh gengsi, lebih baik hidup sederhana dengan menerapkan konsep Frugal Living. Anda tidak perlu membeli pakaian mahal jika kesulitan melunasi kartu kredit di akhir bulan. Jika Anda hidup melebihi kemampuan, tentu akan menimbulkan stress dan tekanan finansial di masa depan.

Seorang frugalis akan menyisihkan banyak uang untuk ditabung atau diinvestasikan. Bebas dari hutang dan lebih mudah untuk mendapatkan aset yang dibutuhkan. Dengan begitu, seorang frugalis tidak terlalu khawatir dengan kondisi tidak terduga, karena biasanya mereka memiliki dana darurat.

Cara Menjalankan Gaya Hidup Frugal Living

Setelah mempelajari mengenai gaya hidup hemat, Anda mungkin tertarik untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa cara menjalankan gaya hidup hemat:

1. Atur Pengeluaran 

Agar terhindar dari lapar mata atau membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan, Anda harus menganggarkan atau budgeting untuk rencana dan planning keuangan Anda. Budgeting bisa dilakukan dengan melacak pengeluaran dan pendapatan secara manual atau dengan menggunakan aplikasi pencatatan.

2. Membayar Hutang 

Pada dasarnya hutang tidak terlalu buruk atau harus dihindari. Sekalipun Anda memiliki hutang, keuangan dapat dikatakan solid dan aman selama tidak melebihi 30% dari penghasilan Anda.

Jika Anda memiliki hutang, pastikan untuk melunasinya sesuai jadwal. Hal ini dilakukan untuk menghindari denda dan catatan kredit yang buruk.

3. Batasi Hunian

Cara konsep frugal living selanjutnya adalah membatasi hunian. Tentu saja, semakin besar rumah dan semakin banyak objek yang Anda miliki, semakin banyak pula kebutuhan perawatan dan pemeliharaan yang harus dipenuhi. Untuk menghemat uang, Anda harus membatasi pembelian perabotan rumah bukan?

4. Berinvestasi

Salah satu alasan miliarder memiliki begitu banyak uang adalah karena beberapa dari mereka berinvestasi untuk menghasilkan lebih banyak uang di masa depan.

5. Fokus pada Keuangan Masa Depan

Filosofi value for money mendasari gaya hidup Frugal Living, yang mengharuskan Anda hidup dengan biaya hidup rendah.

Beberapa orang yang menjalani gaya hidup ini mungkin lebih mengutamakan pertimbangan keuangan masa depan seperti asuransi dan deposito daripada menjalani gaya hidup hedonis.

6. Meal Preparation

Membeli makan siang di luar seringkali lebih mahal daripada memasak makanan sendiri di rumah. Katakanlah kita menghabiskan Rp 50.000 untuk dua kali makan siang jika di luar. Padahal Rp 50.000 bisa digunakan untuk menyiapkan makanan sendiri selama dua hari.

Selain penghematan ekonomi, membuat makanan sendiri di rumah dapat memastikan kebersihan yang lebih baik.

Meal preparation tidak hanya membawa bekal dari rumah saat keluar rumah. Untuk menghemat biaya, meal preparation juga bisa dilakukan dengan makan sebelum berbelanja atau bertemu dengan kerabat di luar rumah.

7. Memanfaatkan Promo

Frugal Living sering memanfaatkan diskon saat berbelanja bulanan, membeli makanan dari restoran jika tidak sempat memasak, atau membeli kebutuhan lainnya. Biasanya merchant memberikan promosi pada hari-hari tertentu seperti hari gajian, hari libur, dan lain-lain.

Penutup

Kini Anda sudah paham bukan mengenai konsep frugal living dan bagaimana cara melatihnya. Berhemat memberikan lebih dari sekedar jaminan kemakmuran. Anda juga akan diajarkan bagaimana menjalani hidup yang lebih disiplin dan sederhana. Jadi, selamat mencoba!

Also Read

Bagikan:

Tags