Jenis-jenis Asuransi Kesehatan dan Manfaat Yang di Dapat

Adi Riyanto

Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan – Sebagai manusia yang terlahir di dunia ini, pasti akan merasakan yang namanya sakit. Hal tersebut tentu tidak ingin kita dapati, meskipun hanya seorang manusia biasa selain berserah kepada yang Maha Kuasa. Nah, sebagai bentuk usaha agar hidup kita tetap sehat dan sebagai sebuah perlindungan, kira-kira hal apa yang sudah kalian siapkan apabila kalian atau keluarga kalian sakit?

Selain dana darurat, mempunyai satu dari beberapa jenis asuransi kesehatan ternyata sangat bermanfaat ketika situasi tersebut datang. Namun, tahu kah kalian bahwa produk asuransi kesehatan ternyata memiliki berbagai jenis atau macam nya. Maka dari itu, pastikan informasi terkait jenis asuransi kesehatan, sudah kalian ketahui sebelum mengajukan asuransi kesehatan bagi diri kalian ataupun keluarga tercinta kalian.

Sebelum kita lebih dalam untuk membahas jenis asuransi kesehatan, tidak ada salahnya kita simak terlebih dahulu informasi terkait pengertian asuransi kesehatan dan juga manfaat-manfaat yang bisa kalian dapatkan.

Pengertian Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan

Apa itu Asuransi Kesehatan? Menurut Investipedia, asuransi kesehatan adalah jenis perlindungan asuransi yang menanggung biaya medis, bedah, obat-obatan, dan sejeninya untuk tertanggung atau pemegang polis. Asuransi Kesehatan dapat mengganti pengeluaran medis akibat sakit atau terluka serta membayar biaya perawatan medis secara langsung.

Misalnya, apabila kalian sakit demam dan memeriksakan diri ke rumah sakit. Setelah diperiksa dokter, ternyata kalian perlu melakukan cek ke laboratorium dan juga membeli obat-obatan untuk proses penyembuhan. Nah, biaya yang kalian keluarkan selama proses pengobatan tersebut dapat diganti sebagian atau bahkan seluruhnya jika kalian memiliki asuransi kesehatan.

Meskipun demikian, besaran biaya yang ditanggung dan juga layanan yang diberikan asuransi kesehatan akan berbeda-beda tergantung dari manfaat yang tertera dalam polis asuransi kalian. Jadi, pastikan untuk membaca polis asuransi dengan teliti sebelum memutuskan untuk membelinya nanti.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Sebagian dari kalian pasti ingin tahu, apa aja sih manfaat dari mendaftarkan diri di Asuransi Kesehatan? Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan dari Asuransi Kesehatan:

1. Memberikan Ketenangan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa kita sebagai manusia tidak tahu kapan sakit atau kondisi yang mengancam kesehatan kalian tiba, hal-hal seperti inilah tidak dapat diprediksi datangnya. Maka dengan adanya atau memiliki perlindungan berupa asuransi kesehatan, kalian dapat bisa menjadi lebih tenang dan terasa terlindungi.

Kalian juga tidak perlu khawatir dan panik untuk meminta pertolongan orang tua, keluarga, saudara bahkan rekan-rekan kalian, ketika kalian tiba-tiba jatuh sakit atau mengalami kecelakaan.

2. Dapat digunakan sekaligus sebagai investasi dan tabungan

Asuransi kesehatan selain bisa menjaga dan memerikan perlindungan atas kesehatan, beberapa produk dari asuransi kesehatan ternyata memiliki fasilitas tambahan yaitu dapat sekaligus sebagai investasia tau menabung. Apabila kalian memilih asuransi yang memiliki fasilitas plus investasi, biasanya akan memberikan kelonggaran dan flesibilitas dalam memilih pertanggungan.

Untuk pemilihan waktunya, biasanya 5,7, dan 10 tahun. Untuk besaran preminya adalah premi tunggal yang relatif terjangkau dan bisa dibebaskan dari biaya administrasi.

3. Meminimalkan kerugian

Mempunyai asuransi kesehatan juga sangat bermanfaat untuk meminimalkan kerugian dari kejadian yang tak terduga bagi para pemegang polis. Bantuan yang biasanya akan diberikan seperti bantuan kerugian bencana kebakaran, kecelakan dan biaya rumah sakit.

4. Membantu mengatur keuangan

Selain memberikan perlindungan untuk kesehatan kita dan keluarga, kalian juga bisa menajadikan asuransi kesehatan untuk dapat mengatur keuangan kalian.

Baca juga: 12 Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia 2023

Jenis-jenis Asuransi Kesehatan

Setelah kalian sudah mengerti apa itu Asuransi Kesehatan dan juga manfaat yang didapat. Sekarnag waktunya untuk kalian mengetahui apa saja jenis-jenis dari Asuransi Kesehatan yang perlu kalian ketahui.

Dikutip dari laman fwd, ada beberapa jenis asuransi kesehatan yang bisa kalian pilih di Indonesia. Secara garis besar, jenis Asuransi Kesehatan dibagi ke dalam tiga kategori yaitu:

1. Asuransi Kesehatan berdasarkan Jenis Perawatannya

Jenis asuransi kesehatan yang pertama dikategorikan berdasarkan jenis perawatannya, berikut kategori dari jenis Asuransi Perawatan:

  • Rawat Inap 

Asuransi kesehatan ini akan menanggung biaya rumah sakit saat kita harus dirawat inap.

  • Rawat Jalan

Asuransi ini akan menanggung biaya perawatan medis tanpa harus dirawat inap, misalnya diagnosis dokter, cek laboratorium atau pembelian obat-obatan.

2. Asuransi Kesehatan berdasarkan Badan Penyelenggara

Yang kedua jenis asuransi dikategorikan berdasarkan badan-badan penyelenggaranya, mereka adalah:

  • Pemerintah

Asuransi kesehatan ini dikeluarkan dan dikelola oleh pemerintah, contohnya BPJS Kesehatan.

  • Swasta

Asuransi kesehatan yang dikelola oleh suatu badan swasta.

3. Asuransi Kesehatan berdasarkan Pihak Tertanggung

Yang terakhir kategori jenis asuransi yang berdasarkan pihak yang ditanggung, jenis asuransi kesehatan dalam kategori ini yaitu:

  • Personal

Merupakan jenis asuransi kesehatan yang memberikan manfaat hanya pada satu individu saja.

  • Kolektif atau kelompok

Merupakan asuransi kesehatan yang memberikan manfaat kepada sekelompok individu, misalnya keluarga atau juga perusahaan.

Bagaimana Cara Kerja Asuransi Kesehatan?

Asuransi kesehatan bekerja dengan melindungi keungan kalian dari risiko kesehatan yang mungkin terjadi selama masa berkalunya polis. Dengan kata lain, ketika kalian sakit, kalian mengalihkan risiko keungan kepada pihak asuransi alih-alih menanggungnya sendiri.

Secara singat, cara kerjanya sebagai berikut:

Kalian membeli asuransi kesehatan dengan premi Rp 100.000 yang dibayarkan setiap bulannya. Maka ketika kalian sakit dan mengeluarkan uang untuk biaya-biaya pengobatan, asuransi kesehatan akan mengganti biaya-biaya tersebut. Penggantiannya bisa secara langsung (cashless) atauapun dengan reimburse. Adapun jumlah biaya yang diganti tergantung dari kesepakatan dalam polis yang sudah kalian pilih.

Kenapa butuh Asuransi Kesehatan?

Seperti yang sudah kalian ketahui, bahwa biaya pengobatan di Indonesia itu tak bisa dibilang murah. Untuk jenis penyakit tertentu, biaya pengobatan bahkan bisa menguras dompet sampai tak tersisa. Maka dari itu, pentingnya untuk memiliki proteksi keungan dari risiko tersebut.

Dengan memiliki asuransi kesehatan kita bisa meringankan beban pikiran tentang masalah keungan pada saat kita sakit. Bayangkan saja jika kalian harus stress memikirkan biaya pengobatan saat fisik kalian sedang tak berdaya dan lemah. Yang ada, proses penyembuhan akan semakin panjang dan biaya pengobatannya pun malah semkain membengkak.

Sama halnya seperti hujan yang datangnya tiba-tiba, sakit pun juga tak ada yang tahu kapan menimpa kita. Nah, maka dari itu Asuransi Kesehatan ini fungsinya sama seperti payung dalam tas, ketika sakit datang ktia tidak akan repot dan panik soal biaya karena sudha mempersiapkan diri sebelumnya. Seperti kata pepatah, Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Nah itu dia beberapa informasi menganai apa itu asuransi kesehatan, jenis-jenis asuransi kesehatan dan juga manfaat asuransi kesehatan bagi kita semua. Setelah membaca artikel ini semoga bisa menjadi manfaat dan referensi bagi kalian yang ingin memiliki asuransi kesehatan untuk diri kalian sendiri maupun untuk keluarga.

Also Read

Bagikan:

Tags