Dijamin Kaya, Ini Dia 13 Cara Menabung Dengan Cepat dan Tepat!

Adi Riyanto

Sebenarnya ada banyak cara menabung dengan cepat dan tepat agar cepat kaya. Jika kita ingin cepat menambah aset yang dibutuhkan, menabung sangat disarankan.

Namun, dalam perjalanannya, kita sering menghadapi godaan yang menyebabkan target dan jumlah tabungan berkurang, atau bahkan terabaikan.

Untuk itu, kami akan memberikan 12 strategi menabung dengan cepat dan benar supaya Anda lebih konsisten untuk menabung.

cara menabung dengan cepat

13 Cara Menabung Dengan Cepat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa cara untuk menabung dengan benar. Diantaranya adalah:

1. Tetapkan Tujuan Menabung yang Jelas

Menetapkan tujuan menabung yang jelas adalah langkah pertama dalam untuk menabung dengan cepat. Misalnya, apakah Anda menabung untuk kuliah, keuangan darurat, atau membeli sesuatu yang tidak mampu dibeli saat itu? Membuat tujuan spesifik dapat membantu kita tetap fokus untuk mencapainya.

2. Tetapkan Batas Waktu dan Jumlah Dana Tabungan

Selanjutnya, setelah Anda menetapkan tujuan dari menabung, Anda bisa mengetahui berapa banyak uang yang ingin ditabung dan berapa lama waktu yang dibutuhkan. Misalnya, Anda ingin menabung hingga Rp. 40.000.000 untuk biaya kuliah.

Dengan gaji bulanan Rp. 7.000.000 dan alokasi tabungan bulanan sebesar 20%, Anda perlu menabung sekitar 2,5 tahun.

3. Gunakan Aplikasi Pengatur Keuangan

Untuk membantu mengelola biaya bulanan, Anda bisa menggunakan alat manajemen keuangan gratis yang dapat diakses di berbagai platform. Anda bisa menggunakan alat ini untuk mengelola pengeluaran bulanan ,termasuk tabungan.

Cara menabung dengan cepat juga bisa menggunakan cara tradisional dengan menyimpan catatan tertulis mengenai pengeluaran dan alokasi tabungan Anda.

4. Buat Rekening Tabungan Terpisah!

Pisahkan rekening untuk pengeluaran harian dan tabungan! Ini berdampak signifikan pada efisiensi upaya menabung. Anda akan lebih fokus dan konsisten dalam menabung jika membuat rekening tabungan terpisah.

Anda bisa mengatur segera untuk memindahkan rekening ke masing-masing keperluan, seperti di awal bulan atau saat Anda menerima gaji setiap bulan.

5. Hindari Gaya Hidup Konsumtif

Cara menabung dengan cepat selanjutnya adalah membatasi kebiasaan konsumsi, yang dapat menyebabkan pengeluaran bulanan melebihi batas.

Batasi biaya konsumtif Anda, katakanlah 5% dari gaji Anda. Gaya hidup yang disesuaikan dengan kebutuhan dan penghasilan akan mencegah Anda membuang-buang uang dan mempercepat tabungan Anda.

6. Lunasi Hutang Terlebih Dahulu

Jika Anda memiliki hutang, prioritaskan untuk melunasinya sebelum jatuh tempo. Tentu saja, jika ingin membayar lebih dari batas waktu yang ditentukan, pasti akan menyebabkan masalah baru, seperti munculnya denda, dan skor kredit Anda akan menurun.

Kewajiban bulanan akan berkurang jika Anda membayar utang tepat waktu. Dengan begitu, Anda bisa memfokuskan kembali upaya untuk keperluan menabung.

7. Manfaatkan Promo Diskon atau Cashback

Ketika membeli barang atau jasa, manfaatkan promosi diskon atau potongan harga. Untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari misalnya, Anda bisa membeli makanan secara berkala menggunakan platform online yang menawarkan promo diskon atau potongan harga.

Jika ingin membeli pakaian, sebagian besar olshop menawarkan diskon besar-besaran di akhir tahun dan selama liburan. Ini cukup berguna dalam meningkatkan dan mempercepat tabungan Anda.

8. Bawa Uang Tunai Sesuai dengan Kebutuhan

Cara menabung dengan cepat selanjutnya adalah membawa uang tunai seperlunya saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari godaan dan mengeluarkan uang terlalu banyak. Misalnya, Anda cukup menyisihkan Rp. 700.000 setiap minggu, untuk makan sehari-hari dan biaya tak terduga.

9. Alihkan Menjadi Aset Baru

Jika Anda memiliki banyak uang yang ditabung, Anda bisa menginvestasikannya dalam aset lancar seperti tanah, emas, atau komoditas lain yang nilainya meningkat dari tahun ke tahun.

Misalnya, nilai tanah akan naik berkali-kali lipat dari harga pembelian awal setiap tahun. Nominalnya juga bisa lebih tinggi dibandingkan jika Anda hanya menabung di lembaga perbankan.

10. Pertimbangkan Gunakan Tabungan Berjangka

Cara menabung dengan cepat berikut ini cukup ampuh untuk menanggung segala macam pengeluaran yang tidak perlu. Pertimbangkan untuk memanfaatkan layanan tabungan berjangka di Bank.

Nantinya rekening akan secara otomatis di debet ke rekening tabungan berjangka sebulan sekali. Jika Anda menggunakan rekening tabungan berjangka ini sebelum jatuh tempo, Anda akan dikenakan sanksi sesuai yang standar masing-masing bank.

11. Bawa Bekal Makanan Sendiri

Rekomendasi satu ini juga terbukti membantu dalam hal menghemat uang. Dengan membawa makan siang sendiri ke kantor atau sekolah, Anda bisa menghemat uang untuk makan di luar setiap bulan.

Membeli sayuran dan bahan baku makanan lainnya di pasar seringkali lebih murah daripada membeli makanan siap saji dari gerai makanan.

12. Dapatkan Penghasilan Tambahan

Pilihan terakhir untuk menabung dengan cepat adalah menambah penghasilan Anda melalui pekerjaan freelance atau bisnis sampingan.

Selain pekerjaan normal, Anda bisa mendapatkan uang dengan melakukan pekerjaan freelance yang tidak melanggar aturan perusahaan tempat Anda bekerja.

Anda juga bisa mencoba memulai bisnis sampingan, seperti menjual makanan, pakaian, atau menjadi dropshipper. Gunakan penghasilan dari kerja sampingan tesebut untuk menambah tabungan Anda.

13. Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

Orang biasanya mengeluarkan uang lebih banyak saat menggunakan metode pembayaran Bayar Nanti atau kartu kredit. Namun, berhati-hatilah dengan kebiasaan gaya hidup konsumtif ini sebelum tagihan kartu kredit Anda membengkak.

Jika Anda memiliki penghasilan tetap tetapi jumlah tagihan terus bertambah, Anda mungkin merasa kesulitan untuk memenuhi tagihan tersebut. Akibatnya, penggunaan kartu kredit harus dikurangi. Jangan biarkan tagihan tersebut membebani Anda.

cara menabung dengan cepat

Penutup

Begitulah cara menabung dengan cepat. Jadi, apakah Anda sudah mencoba salah satu dari dua belas cara tersebut? Jika belum, segera mulai! Ingatlah bahwa fokus dan konsistensi itu penting. Dengan begitu, Anda bisa segera mencapai tujuan yang ada. Selamat mencoba!

Also Read

Bagikan:

Tags