Cara Pinjam Uang di Seabank Terbaru 2023, Syarat dan Ketentuan

Adi Riyanto

Cara Pinjam Uang di SeaBank – Di era digital dan perkembangan internet pada saat ini, membuat banyak dompet digital ataupun bank digital yang bermunculan untuk memudahkan aktivitas non-tunai ataupun menabung. Bukan hanya itu saja, selain bisa menabung, hadirnya bank digital masa kini membuat pinjam uang online atau pinjol semakin mudah. Salah satunya seperti bank SeaBank yang merupakan bank digital yang hadir untuk mempermudah proses finansial serta dapat memberikan pinjaman online. Maka dari itu, cara pinjam uang di SeaBank pun menjadi salah satu artikel yang cukup dicari diinternet untuk mengetahui apakah bisa pinjam uang di SeaBank.

Pinjaman online telah menjadi salah satu alternatif jitu yang sangat populer akhi-akhir ini bagi banyak orang dalam mendapatkan dana yang cepat dan mudah. Ada banyak platform pinjaman online yang menawarkan pinjaman dengan bunga dan persyaratan yang mudah, salah satunya bank digital SeaBank ini.

Meskipun pinjaman online dapat menjadi alternatif yang mudah dan cepat dalam mendapatkan dana, namun seperti halnya produk keungan lainnya, terdapat juga risiko yang perlu kalian ketahui juga sebelum mengajukan pinjaman online. Salah satunya denda keterlambatan saat tagihan pinjaman online ataupun lainnya. Oleh karena itu, penting bagi kalian membaca artikel ini sebelum melakukan pinjam uang di SeaBank agar lebih paham dan juga mengerti tentang cara pinjam dana di SeaBank terbaru.

Apakah bisa pinjam uang di SeaBank?

cara pinjam uang di seabank

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai cara pinjam dana di SeaBank, sebaiknya pahami terlebih dahulu apakah seseorang bisa meminjam uang di bank SeaBank?

Jawabannya adalah bisa. SeaBank merupakan bank baru, sebagai peralihan nama dari Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE), setelah dibeli pemilik Shopee, bank tersebut berubah nama menjadi SeaBank. Maka dari itu, SeaBank dan Shopee dan terintergrasi dalam satu akun.

Dengan begitu, bagi para nasabah SeaBank yang ingin pinjam uang di SeaBank, SeaBank memiliki program dana instan kepada penggunanya melalui produk yang disebut dengan SPinjam atau Shopee Pinjam.

Pengguna dapat meminjam uang dari SeaBank melalui SPinjam tersebut. Fitur ini bisa kalian akses melalui aplikasi e-commerce Shopee, jadi kalian harus punya akun Shopee terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman.

Perbedaan Pinjaman SeaBank dengan SPayLater

Kita tahu bahwa pada aplikasi Shopee sendiri telah memiliki fitur Shopee PayLater atau biasa kita kenal dengan SPayLater. Lalu apa perbedaan antara SPayLater dengan SPinjam? Untuk lebih jelasnya bisa baca ulasannya dibawah ini.

1. Shopee PayLater

Shopee Paylater adalah layanan beli barang sekarang bayar nanti. Ini adalah pinjaman dana untuk menalangi pembayaran atau pembelian barnag. Kemudian pengguna bisa melunasinya dengan sistem cicilan atau bayar pada bulan depan.

2. Shopee SPinjam

Sedangkan untuk SPinjam atau Pinjam SeaBank adalah layanan pinjaman online. Pengguna dapat mengajukan pinjaman dengan jumlah tertentu. Dan uang tersebut akan di transfer ke rekening dan dikembalikan atau dilunasi dengan sistem cicilan. Kalian pun bebas ingin menarik saldo pinjaman ini secara tunai atau menggunakannya untuk transaksi online lainnya.

Ketentuan dan Syarat Pinjam Uang di SeaBank

SPinjam atau Pinjam SeaBank adalah jenis pinjaman online atau pinjol resmi yang sudah di bawah pengawasan dari OJK. Tenor atau jangka waktu cicilannya sendiri mulai dari 3 bulan sampai 12 bulan.

1. Ketentuan Pinjam Online Seabank

Berikut ini adalah beberapa ketentuan yang perlu dipahami oleh para pengguna SPinjam.

  • Biaya penanganan setiap kali pengajuan pinjaman adalah 1% dari nilai transaksi. Biaya ini akan dipotong dari dana yang dicarikan ke rekening.
  • Suku bunga yang dimiliki oleh SPinjam adalah mulai dari 1,95% per bulan. Semakin panjang tenor, maka akan semakin besar pula bunganya.
  • Apabila peminjam terlambat membayar cicilan atau lewat dari tanggal jatuh tempo akan dieknakan biaya terlambatan sebesar 5% dari jumlah tagihan.

2. Syarat Pinjaman online di SeaBank

Untuk syarat yang harus dipenuhi sebelum meminjam uang di SeaBank hanya satu, yaitu KTP elektronik dan bersedia mengisi data diri yang lengkap.

Sama halnya seperti pinjaman online pada layanan pinjol lainnya, mengajukan pinjaman di SeaBank memang sangat mudah dan syaratnya pun tidak susah. Itulah mengapa banyak orang yang mencari informasi cara meminjam uang di SeaBank.

Cara Pinjam Uang di SeaBank

Setelah kalian memahami semua ketentuan dan persyaratan yang harus dipatuhi oleh pengguna, sekarang saatnya untuk mengetahui langkah-langkah cara mengajukan pinjaman di SeaBank. Untuk lebih jelasnya silahakna simak selengkapnya dibawah ini:

1. Mengaktifkan SPinjam

cara mengaktifkan spinjam seabank

  • Pertama pastikan sudah menginstall aplikasi Shopee dan juga SeaBank di hp kalian.
  • Pastikan juga sudah login ke dalam akun Shopee
  • Selanjutnya masuk ke menu Say atau Me di Shopee
  • Pilih menu SPinjam. Menu ini terletak di kelompok Dompet Saya.
  • Klik pada tombol aktifkan sekarang.
  • Seabank akan mengirim kode melalui SMA. Masukkan kode OTP tersebut pada tempat yang sudah disediakan.
  • Berikutnya, klik Lanjut.
  • Uploud foto KTP dengan jelas dan tidak blur.
  • Kemudian masukkan data-data sesuai dengan kartu Indentitas tersebut. Jika sebelumnya sudah menggunakan Shopee PayLater, maka tinggal memasukkan data-data saja.
  • Masukkan kontak darurat yang bisa dihubungi. Ini bisa diisi dengan kontak keluarga ataupun teman kalian.
  • Jika semua data sudah terisi dengan lengkap, klik pada tombol konfirmasi.
  • Lanjutkan Proses verifikasi wajah.
  • Klik pada tombol Mulai Verifikasi Wajah kemudian tempatkan wajah pada frame atau bingkai yang tersedia. Pastikan berada di tempat yang memiliki cahaya agar proses lancar.

Kalau sudah melakukan verifikasi wajah, artinya pengajuan untuk mengatifkan SPinjam sedang diproses. Jika disetujui, kalian akan menerima notifikasi dari pihak Shopee dan SeaBank.

Langkah berikutnya, apabila SPinjam sudah bisa diaktifkan, kalian sudah bisa untuk mengajukan pinjaman di SPinjam. Adapun langkah-langkah pengajuan SPinjam bisa kalian lihat caranya dibawah ini.

2. Cara Pengajuan SPinjam

  • Pertama buka menu Saya atau Me di Shopee terlebih dahulu.
  • Pilih menu SPinjam.
  • Klik tombol Ajukan.
  • Klik pada kolom jumlah pinjaman dan masukkan nominal yang ingin dipinjam. Pastikan tidak melebihi dari limit yang disediakan.
  • Selanjutnya pilih durasi pinjaman, mulai dari 3 bulan sampai 12 bulan.
  • Setelah itu, masukkan rekening yang akan dipakai untuk pencairan pinjaman tersebut.
  • Pastikan mengisi data rekening dengan benar dan klik Lanjutkan.
  • Pada halaman ini akan muncul kolom untuk memasukkan PIN. Ketik PIN dengan benar untuk mengkonfirmasi.
  • Tinggal tunggu saja sampai dana dicairkan ke rekening kalian. Selesai.

Uang hasil dari pinjaman online di SPinjam akan cair ke rekening SeaBank, namun apabila kalian tidak memiliki rekening tersebut, kalian bisa mencairkannya ke rekening lain.

Kurang lebih seperti itulah cara pinjam uang di bank SeaBank dengan memanfaatkan fitur program dari SPinjam yang ada di Shopee.

FAQ

Berapa lama SPinjam cair ke SeaBank?

Biasanya, dana SPinjam akan langsung cair kurang dari 5 menit dan setelah itu kalian akan menerima pemberitahuan atau notifikasi berupa uang SPinjam telah berhasil di transfer ke rekening.

Bagaimana cara mengatifkan SPinjam?

Kalian dapat mengaktifkan SPinjam melalui aplikasi Shopee dengan memilih tab Saya > Pilih SPinjam > Pilih Aktifkan Sekarang > pilih kirim untuk menerima kode verifikasi (OTP) melalui SMS/WhatsApp > masukkan kode OTP > Verifikasi > dan tunggu sampai proses disetujui.

Mengapa SPinjam saya tidak bisa diaktifkan?

Mengutip dari laman resmi Shopee, masalah SPinjam ditolak dapat disebabkan oleh faktor informasi data diri yang tercantum tidak valid.

Apa bisa SPinjam tanpa verifikasi Wajah?

Tidak bisa, kalian akan tetap disuruh untuk melakukan verifikasi wajah sebagai syarat pengajuan SPinjam.

Berapa denda keterlambatan SPinjam?

Keterlambatan bayar SPinjam akan dikenakan denda sebesar 5% setiap bulannya dari total tagihan dan tagihan akan otomatis terakumulasi dengan tagihan pada bulan berikutnya.

Berapa denda SPinjam telat 2 hari?

SPinjam menetapkan biaya di muka hingga 1% per transaksi. Apabila terjadi keterlambatan pemabyaran, kalian akan dikenakan denda sebesar 5% dari total tagihan.

Berapa limit awal SPinjam Shopee?

Kalian akan mengajukan SPinjam dengan batas pinjaman minimal Rp750.000 dan batas maksimal limit pinjaman sebesar limit SPinjam pada akun kalian. (Selama kuota pinjaman masih tersedia).

Penutup

Demikianlah informasi mengenai cara pinjam uang di SeaBank yang dapat saya bagikan untuk kalian smeua. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang sedang membutuhkan sumber dana tambahan dengan cepat. Ingatlah untuk selalu memperhatikan ketentuan dan persyaratan yang berlaku sebelum mengajukan pinjaman.

Jangan lupa juga untuk mengelola keuangan dengan bijak, sehingga kalian dapat menggunakan uuang pinjaman tersebut dengan tepat dan mengembalikannya tepat waktu. Terimakasih sudah berkunjung dan nantikan informasi seputar dompet digital atau bank digital masa kini lainnya.

Also Read

Bagikan:

Tags