Cara Menonaktifkan Shopee PayLater Terbaru 2023

Adi Riyanto

Cara Menonaktifkan ShopeePayLater – Cara Menonaktifkan Shopee PayLater bisa menjadi informasi yang sangat penting untuk kita ketahui, terutama bagi kalian yang ingin menghentikan penggunaan fitur Shopee Paylater pada akun Shopee kalian. Shopee PayLater adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran secara kredit pada saat membeli barang di Shopee, dan cara bayarnya akan dibayar pada tanggal jatuh tempo yang sudah ditentukan.

Namun, ada kalanya para pengguna ingin menonaktifkan Shopee PayLater, entah itu karena alasan keuangan ataupun alasan lain. Nah, bagi kalian yang ingin menghapus Shopee PayLater milik kalian, kalian bisa ikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan pada artikel ini. Maka dari itu, simak baik-baik informasi ini sampai selesai.

Cara Nonaktifkan Shopee PayLater

Cara Menonaktifkan Shopee PayLater Dengan Mudah

Fitur dari SPayLater memang sangat membantu bagi para pengguna yang ingin melakukan pembelian barang secara online tanpa harus memikirkan pemnayarannya pada saat itu, karena pembeli akan membayar barang yang sudah dibeli pada waktu yang akan datang. Namun, ada sebagian pengguna yang tentunya ingin berhenti menggunakan layanan Shopee Paylater ini, hal ini tentunya karena sudha tidak ingin memikirkan tagihan-tagihan lagi atau lainnya.

Nah, bagi kalian yang ingin menonaktifkan SPayLater, kalian bisa menghapus akun Shopee milik kalian. Jika akun shopee yang kalian terhapus, maka layanan Shopee Paylater pun juga akan terhapus secara otomatis.

Syarat Hapus akun Shopee PayLater

Sebelum kalian melakukan hapus akun Shopee, ada beberapa syarat agar akun Shopee PayLater milik kalian bisa di nonaktifkan. Adapun syarat-syarat tersebut ialah:

1. Akun Sedang Tidak Ditangguhkan

Usahakan akun kalian tidak sedang ditangguhkan, akun ditangguhkan biasanya terjadi karena adanya tindakan yang mencurigakan terdeteksi. Hal ini, terkadang karena tak sedikit penjual di sebuah marketplace yang melakukan penipuan, demikian halnya dengan akun pembeli.

2. Tidak Ada Tagihan Yang Sedang Berjalan

Syarat yang kedua agar akun Shopee Paylater dapat dinonaktifkan ialah tidak memiliki tagihan atau tanggungan cicilan. Kita tahu bahwa fitur paylater memang sangat berguna dimanfaatkan untuk kemudahan berbelanja, Namun, jangan sampai lupa untuk melunasi semua tagihan yang kalian buat. Jika masih ada tagihan yang tertinggal, tentunya kalian tidak bisa menghapus akun ShopeePaylater kalian.

3. Identitas Masih Aktif

Pihak Shopee sendiri memberikan syarat kepada penggunanya untuk memasukkan nomor WA dan email. Pengguna harus memastikan keduanya masih aktif dan juga tidak terdaftar di dua atau beberapa akun yang berbeda.

Cara Menonaktifkan Akun Shopee PayLater Terbaru 2023

Setelah kalian sudah mengetahui syarat yang perlu kalian penuhi, langkah berikutnya kalian sudah bisa melakukan penghapusan akun Shopee milik kalian.

Untuk langkah-langah menonaktifkan Shopeepaylater bisa kalian simak dibawah ini:

1. Buka Aplikasi Shopee

Langkah pertama buka aplikasi shopee milik kalian, bisa dari aplikasi HP ataupun browser HP dan PC.

2. Pilih Menu Saya

Langkah berikutnya, masuk ke menu profil dengan pilih menu “Saya” pada pojok kanan bawah.

Cara Menonaktifkan Shopee PayLater

3. Pilih Pengaturan Akun

Setelah itu, pada menu profil akun Shopee, scroll kebawah dan pilih Pengaturan Akun.

Cara Menonaktifkan Shopee PayLater

5. Ajukan Penghapusan Akun

Lalu pilih Ajukan Penghapusan Akun Shopee. Nantinya akan keluar notifikasi, disini kalian bisa klik OK.

Cara Menonaktifkan Shopee PayLater

6. Masukkan Kode Verifikasi

Kemudian masukkan kode Verifikasi yang dikirim ke SMS pada nomor hp yang terdaftar. Pastikan nomor hp masih dalam keadaan aktif agar bisa menerima SMS kode OTP.

Cara Menonaktifkan Shopee PayLater

7. Pilih Alasan Penghapusan Akun

Selanjutnya pilih alasan mengapa kalian ingin menghapus akun Shopee.

8. Masukkan Alamat Email Aktif

Masukkan alamat email aktif kalian dan centang setuju dengan syarat dan ketentuan untuk menghapus, klik Kirim. Selesai.

Nah, sampai disini kalian tinggal menunggu persetujuan penghapusan akun Shopee Paylater milik kalian. Jika pengajuan disetujui, kalian akan menerima pemberitahuan pada email yang kalian cantumkan sebelumnya.

Risiko Jika Menonaktifkan Shopee PayLater

Apabila kalian menonaktifkan Shopee Paylater dengan cara penghapusan akun Shopee disetujui oleh pihak Shopee, maka kalian tidak akan lagi bisa dikejar-kejar dengan tagihan bulanan Shopee Paylater.

Namun, ada beberapa risiko yang akan kalian hadapi jika kalian menghapus akun Shopee Paylater milik kalian. Adapun risiko tersebut ialah:

1. Koin Shopee Akan Hilang

Bagi kalian yang gemar ngumpulin koin di shopee, maka koin ini akan ikut terhapus seiring dengan akun kalian yang tidak aktif lagi. Apabila koin yang kalian miliki cukup banyak, ada baiknya untuk membelanjakan terlebih dahulu sebelum menonaktifkan akun Shopee kalian.

2. Tidak Boleh Memiliki Pesanan yang Belum Selesai

Jika kalian sednag berbelanja dan barang yang kalian beli belum sampai rumah, kalian tidak bisa menonaktifkan akun. Kalian harus menyelesaikan semua pesanan sebelum menonaktifkan akun.

3. Semua Transaksi Akan Tersimpan

Semua transaksi atau riwayat dari berbagai aktifitas transaksi kalian di shopee yang dinonaktifkan akan tetap tersimpan untuk keperluan audit pihak shopee.

4. Tidak bisa melihat Riwayat Aktifitas Akun

Kalian juga tidak bsia melihat lagi riwayat transaksi yang pernah kalian lakukan di akun yang kalian nonaktifkan tersebut.

5. Tidak Bisa membuat Akun ShopeePaylater lagi

Apabila di masa mendatang kalian ingin membuat akun Shopeepaylater lagi yang baru, pihak Shopee berhak untuk menolak pengajuan kalian.

Nah, cukup banyak juga untuk risiko yang akan ditanggung jika ingin menonaktifkan Shopee Paylater. Jadi pikirkanlah baik-baik sebelum mengambil keputusan untuk menghapus akun Shopee milikmu.

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai langkah-langkah hapus akun Shopee Paylater dengan mudah dan gampang di 2023 ini. Menggunakan Shopee paylater memang banyak keuntungan yang kita dapatkan, namun juga bisa membebani kita ketika memiliki tagihan yang tidak bisa dibayar. Maka dari itu, manfaatkanlah sebaik-baiknya ShopeePaylater dan jangan telat bayar.

Selain itu, menghapus akun Shopee Paylater juga memiliki risiko yang bisa kalian tanggung selain keuntungan tidak memikirkan tagihan lagi. Untuk itu, pikirkan baik-baik sebelum kalian bertindak.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi bagi kalian semua. Jangan lupa untuk terus ikuti informasi menarik lainnya seputar Dompet Digital masa kini di blog ini. Terimakasih.

Also Read

Bagikan:

Tags