Cara Menggunakan Shopee Paylater Bagi Pemula Terbaru 2023

Adi Riyanto

Cara Menggunakan Shopee Paylater – Shopee Paylater merupakan salah satu fitur terbaru yang disediakan oleh aplikasi jual beli online Shopee. Fitur ini memungkinkan bagi para pemilik akunnya untuk bisa melakukan belanja online tanpa harus membayar secara langsung pada saat pembelian barangnya. Dengan menggunakan shopee paylater, pengguna bisa membayar belanjaan mereka dalam beberapa kali cicilan dengan bunga yang rendah.

Bagi pengguna yang baru saja ingin menggunakan layanan fitur Shopee Paylater, tentunya akan sedikit bingung dan sulit. Namun, kalian tidak perlu khawatir, karena pada post kali ini saya akan membagikan bagaimana cara menggunakan Shopee Paylater dengan benar.

Cara Menggunakan Shopee Paylater Terbaru

Cara Menggunakan Shopee Paylater

Sebelum kalian mulai menggunakan aplikasi Shopeepaylater, pastikan terlebih dahulu kalian sudah memiliki akun Shopee Paylater. Apabila belum kalian perlu mengaktifkannya dan mendaftarkan akun kalian terlebih dahulu.

Syarat Menggunakan Shopeepaylater

Ada beberapa syarat yang wajib kalian penuhi sebelum bisa menggunakan layanan Shopee Paylater di hp kalian. Adapun syaratnya sebagai berikut ini:

  • Minimal usia 18 tahun dan maksimal 65 tahun
  • Sudah memiliki Kartu Identitas seperti KTP yang sah
  • Menginstal Aplikasi Shopee Terbaru
  • Mempunyai akun Shopee dan terverifikasi.
  • Akun Shopee sudah berusia 3 bulan atau lebih
  • Akun sudah sering melakukan transaksi di Shopee

Nah, jika kalian sudah memenuhi persyaratan diatas, kalian bisa mendapatkan fitur Shopee Paylater langsung dari pihak Shopee. Apabila belum mendapatkan fitur tersebut, kalian hanya perlu memperbanyak transaksi pada aplikasi Shopee seperti jual beli barang secara online.

Jika kalian sudah mendapatkan notifikasi bahwa akun kalian bisa mengaktifkan fitur Shopee Paylater, barulah kalian lanjut untuk daftar dan mengaktifkannya.

Cara Mengaktifkan Shopee Paylater

Untuk mengaktifkan shopee paylater atau daftar akun shopee paylater cukup mudah, asalkan kalian sudah memenuhi syarat seperti diatas kalian bisa langsung mengeksekusinya. Kalian hanya membutuhkan kartu identitas diri seperti KTP yang sah dan mengisi beberapa informasi tambahan.

Setelah itu barulah akan diverifikasi dari pihak Shopee untuk mengaktifkan akun Shopee Paylater milik kalian. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa baca Cara Daftar Shopee Paylater Terbaru disini.

Cara Menggunakan Shopee Paylater Bagi Pemula

Setelah kalian berhasil mengaktifkan akun Shopee Paylater, kini kalian sudah siap menggunakannya untuk berbelanja online di aplikasi Shopee. Mungkin bagi sebagian orang masih bingung untuk cara transaksinya.

Jangan khawatir, dibawah ini sudah saya rangkum cara menggunakan shopee paylater bagi pemula dengan benar yang dilansir dari laman resmi Shopee help.shopee.co.id, simak selengkapnyda dibawah ini.

  1. Langkah pertama buka aplikasi Shopee kalian
  2. Cari produk yang ingin dibeli
  3. Klik beli dan masukkan detail pesanan. Jangan lupa isi detail alamat pengirim terlebih dahulu.
  4. Pada menu Metode Pembayaran, kalian pilih Shopee Paylater.
  5. Lalu atur cicilan yang diinginkan. Cicilan 2x, 3x atau 6x.
  6. Cek kembali pesanan kalian. Jika ada kode promo silahkan masukkan kode promo.
  7. Masukkan kode OTP atua kata sandi akun ShopeePay milik kalian.
  8. Setelah itu, pesan akan otomatis terbayarkan dan kalian hanya tinggal menunggu barangnya datang ke rumah.

Nah, sampai disini kalian sudah berhasil menggunakan Shopee Paylater untuk belanja online tanpa mengeluarkan uang terlebih dahulu.

Dan sekarang, kalian sudah bisa mulai mencicil SPaylater sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jadi, jangan sampai telat bayar tagihan Shopee Paylater ya! Karena ada dendanya loh!.

Selain itu, jika kalian menggunakan metode pembayaran dari SPaylater akan dikenakan biaya penanganan. Biaya penanganan ini sebesar 1% pada setiap transaksi. Dibawah ini rincian tagihan yang akan muncul setiap:

  • Tanggal 25: Perlu dibayarkan paling lambat pada tanggal 5.
  • Tanggal 1: Perlu dibayarkan paling lambat pada tanggal 11.
  • Tanggal 15: Perlu dibayarkan paling lambat pada tanggal 25.

Cara Menggunakan Shopee Paylater Apabila Limit Tidak Mencukupi

Setiap akun Shopee Paylater yang dimiliki oleh pengguna satu dengan yang lainnya memiliki limit yang berbeda-beda. Tak jarang, ada yang tidak bisa menggunakan Shopee Paylater karena limit yang diberikan tidak mencukupi untuk transaksi.

Nah, untuk mengatasi limit tidak mencukupi di Shopee Paylater bisa kalain coba langkah-langkah dibawah ini:

  1. Pada saat pembelian barang, pada bagian “Metode Pembayaran” ganti dengan Shopee PayLater dan lakukan Konfirmasi.
  2. Klik “Buat Pesanan”, selanjutnya klik Opsi “Pembayaran Tambahan” dan lakukan konfirmasi.
  3. Langkah terakhir tinggal masukkan PIN keamanan Shopeepay milik kalian.

Semoga dengan cara diatas bisa mengatasi masalah limit shopee paylater saat digunakan.

Cara Bayar Shopee Paylater

Cara Bayar Shopee Paylater

Setelah kalian berhasil mengaktifkan akun Shopee Paylater dan juga sudah mulai melakukan transaksi belanja online menggunakan saldo SPaylater yang kalian dapatkan. Kini saatnya kalian untuk mengetahui bagaimaan cara bayar tagihan shopeepaylater.

Pastikan kalian bayar tagihan sebelum waktu tenggat yang diberikan ya, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut in panduan cara membayar tagihan shopee paylater dengan benar:

  1. Pertama-tama buka aplikasi Shopee
  2. Buka menu “Saya” yang ada di pojok kanan.
  3. Setelah itu pilih “SPaylater”
  4. Klik “Total tagihan bulan ini”
  5. Lalu pada halaman “Jumlah yang harus dibayar”, Klik “Tagihan Bulan Depan” dan klik “Bayar Lebih Dulu”.
  6. Pada halaman “Jumlah yang harus dibayar”, pilih “Metode Pembayaran”, dan klik “Konfirmasi”. Kalian hanya dapat melunasi tagihan yang jatuh temp di 1 bulan berikutnya dan tidak dapat langsung melunasi semuanya sekaligus.
  7. Pilih metode Pembayaran ShopeePay, Virtual Account atau Indomaret. Jika kalian memilih metode pembayaran ShopeePay atau Virtual Account, maka tagihan akan otomatis lunas dalma waktu maksimal 10 menit setelah pembayaran berhasil dilakukan.
  8. Jika pembayaran berhasil terverifikasi, kalian akan mendapatkan notifikasi di bagian “Keuangan” bahwa pembayaran telah diterima dan limit SPayLater kalian akan segera kembali seperti semula.

Bagaimana Terlambat Bayar Tagihan Shopee PayLater?

Bagi kalian yang terkadang lupa untuk membayar tagihan SPaylater, kalian harus membayar denda yang diberikan. Adapun denda keterlambatan bayar tagihan ShopeePaylater yaitu sebesar 5% dari cicilan yang berjalan.

Selain itu, jika kalian mengalami seperti ini dan keterusan, hal ini akan menjadi akibat buruk terhadap akun milik kalian, diantaranya ialah:

  • Pembekuan akun Shopee
  • Pembatasan penggunaan voucher Shopee.
  • Denda 5% dari total tagihan yang sedang berjalan
  • Tercatat di SLIK atau Sistem Layanan Informasi Keuangan OJK.
  • Didatangi dept collector

Akhir Kata

Demikianlah informasi menggunakan Shopee Paylater bagi pemula. Penggunaan SPayLater memang sangat mudah untuk kebutuhan di jaman digital seperti sekarang ini. Bisa membeli barang tanpa harus membayar secara langsung. Namun, pengguna juga harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku agar tetap nyaman menggunakan ShopeePaylater.

Perhatikan juga untuk membayar tagihan tepat waktu agar terhindar dari denda dan juga akibat buruk dari hal tersebut.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru bagi kita semua. Nantikan informasi menarik lainnya seputar dompet digital masa kini solusi keuangan digital kalian di post selanjutnya. Terimakasih.

Also Read

Bagikan:

Tags