Cara Membuat Kode QRIS DANA Terbaru 2023

Adi Riyanto

Cara Membuat Kode QRIS DANA – Di jaman yang semakin maju seperti sekarang ini, pembayaran digital semakin menjadi tren yang cukup digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Salahsatu bentuk pembayaran digital yang semakin populer adalah QRIS. Dengan metode pembayaran dari QRIS ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dengan cepat dan mudah hanya dengan menggunakan hp saja. Aplikasi ewallet Dana adalah salah satu aplikasi pembayaran digital yang memungkinkan bagi penggunanya untuk menggunakan teknologi QRIS ini.

Namun, banyak pengguna yang masih belum tahu terutama bagi pengguna baru untuk cara membuat kode QRIS di Aplikasi DANA. Maka dari itu, pada artikel ini akan saya jelaskan secara detail langkah-langkah cara membuat kode QRIS DANA lengkap dengan gambarnya. Dengan memahami cara membuat kode QRIS pada aplikasi DANA, pengguna bisa memanfaatkan teknologi QRIS untuk melakukan pembayaran dengan lebih mudah, cepat dan praktis. Bagi kalian yang masih belum paham apa itu QRIS, bisa simak langsung dibawah ini.

cara membuat kode qris dana

Apa itu QRIS?

Kode QRIS atau singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standar adalah jenis kode QR (Quick Response) yang digunakan di Indonesia untuk memfasilitasi pembayaran non-tunai. Kode QRIS ini mengandung informasi tentang transaksi pembayaran, termasuk jumlah pembayaran, nama toko atau merchant, dan nomor rekening bank atau dompet digital.

Kode QRIS dapat dipindai dengan sangat mudah menggunakan aplikasi pembayaran di hp atau perangkat lain yang mendukung dengan dilengkapi kamera. Pembayaran lewat kode QRIS ini sudah umum digunakan di Indonesia dan menjadi Alternatif yang semakin populer bagi konsumen yang ingin melakukan pembayaran non-tunai.

Saat ini, dengan QRIS, seluruh aplikasi pembayaran dari Penyelenggara manapun baik bank dan nonbank yang digunakan masyarakat, dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS, meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan masyarakat.

Merchant hanya perlu membuka rekening atau akun pada salah satu penyelenggara QRIS yang sudah berizin dari BI. Selanjutnya, merchant sudah dapat menerima pembayaran dari masyarakat menggunakan QR dari aplikasi manapun penyelenggaranya.

Syarat membuat Kode QRIS pada Aplikasi DANA

Sebelum kalian bisa membuat kode QRIS sendiri di aplikasi DANA, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus kalian perhatikan terlebih dahulu, syarat utama untuk pembuatan QRIS yaitu upgrade akun yang digunakan pada aplikasi Dana menjadi Dana Premium dan melakukan pendaftaran akun bisnis.

Untuk upgrade akun Dana premium yaitu hanya membutuhkan foto KTP dan foto selfie saja. Untuk lebih jelasnya kalian bisa baca tutorial cara upgrade dana premium disini.

Cara Membuat Kode QRIS DANA Terbaru 2023

Jika sudah berhasil melakukan upgrade akun Dana ke premum, langkah selanjutnya ialah membuat akun Dana bisnis dan QRIS. Untuk langkah-langkahnya bisa kalian simak pada tutorialnya dibawah ini.

1. Buka Aplikasi DANA

Langkah pertama masuk ke aplikasi DANA di hp kalian.

2. Masuk ke Menu DANA Bisinis

Lalu masuk ke menu DANA bisnis, dengan cara pilih menu “Saya” pada pada bagian atas nama akun kalian, pilih tombol “Bisnis”

cara membuat kode qris dana

3. Daftar DANA Bisnis

Untuk bisa menggunkana kode QRIS di Dana, kita perlu mendaftarkan akun Dana kita menjadi Dana bisnis. Pilih saja Daftar Sekarang pada halaman bisnis di dana.

cara membuat kode qris dana

4. Isi Profil Bisnis

Langkah berikutnya, isi profil bisnis, mulai dari nama bisnis, jenis bisnis, jam operasional sampai produk yang dijual. Selain itu isi juga Lokasi Bisnis seperti alamat lengkap bisnis kalian. Jika sudah di isi semua, pilih Lanjutkan.

cara buat kode qris di dana

5. Uploud/Foto Bisnis

Lalu uploud atau foto secara langsung untuk tempat bisnis kalian, bisa produk atau warung yang sedang kalian jalankan.

cara buat kode qris di dana

6. Konfirmasi

Akan ada halaman konfirmasi, silahkan cek kembali data profil bisnis dan lokasi yang sudah kalian isi sebelumnya. Pastikan sudah di isi dengan benar, jika sudah yakin baru klik Konfirmasi.

7. Verifikasi Data

Selanjutnya kalian tinggal menunggu dari pihak DANA dalam melakukan verifiasi terhadap data yang kalian kirimkan. Apabila proses verifikasi berhasil, maka kode QRIS akan dibuat.

8. Selesai.

Cara membuat QRIS DANA bisnis pun sudah selesai dan siap untuk digunakan. Kalian bisa membagikan kodenya atau mengunduh kode ke dalam bentuk PDF lalu di print pada kertas.

Manfaat Menggunakan Kode QRIS Dana

Setelah kalian berhasil mendapatkan kode QRIS dana, kini kalian bisa memanfaatkan kode QRIS tersebut untuk berbagai keperluan. Adapun manfaat yang bisa kita dapat dalam penggunaan QRIS yaitu:

1. Mudah digunakan

Kode QRIS dapat dipindai dengan mudah menggunakan aplikasi pembayaran di smartphone atau perangkat lainnya yang dilengkapi dengan kamera, sehingga memudahkan konsumen untuk melakukan pembayaran.

2. Cepat dan efisien

Transaksi pembayaran melalui kode QRIS dapat dilakukan dengan cepat dan efisien, karena hanya memerlukan beberapa detik untuk memindai kode QRIS dan menyelesaikan pembayaran.

3. Aman

Kode QRIS dilengkapi dengan fitur keamanan yang memastikan bahwa informasi pembayaran tetap terlindungi dan tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

4. Mendorong inklusi keuangan

Penggunaan kode QRIS dapat mendorong inklusi keuangan, karena memungkinkan orang yang tidak memiliki akses ke bank atau kartu kredit untuk melakukan pembayaran dengan mudah menggunakan dompet digital.

5. Memperluas jangkauan pasar

Penggunaan kode QRIS dapat membantu bisnis atau merchant untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan, karena konsumen dapat dengan mudah melakukan pembayaran di mana saja, kapan saja.

6. Transparansi

Kode QRIS memungkinkan transaksi pembayaran yang lebih transparan, karena informasi tentang transaksi dapat dengan mudah dicatat dan diakses oleh kedua belah pihak (merchant dan konsumen).

Berapa Lama QRIS di DANA jadi?

Jika kalian bertanya-tanya berapa lama proses pembuatan QRIS dana, lama proses pembuatan QRIS dana sendiri memakan waktu kurang lebih 14 hari kerja paling cepat dan 30 hari kerja paling lama. Hal ini sudah termasuk verifikasi data awal saat baru mendaftar akun Dana Bisnis dan pembuatan kode QR.

Berapa Biaya Administrasi QRIS Dana?

Hal lain yang perlu diketahui ialah berapa biaya administrasi QRIS Dana? Besaran dari biaya yang dikenakan setiap kali melakukan settlement ialah sebesar Rp3.000 sudah termasuk untuk kategori bantuan, donasi atau yayasan yang berlaku untuk bank Mandiri, BRI dan BCA.

Penutup

Nah itulah informasi yang bisa saya bagikan kali ini tentang cara pembuatan kode QRIS di aplikasi DANA. Kalian hanya perlu melakukan pendaftaran akun DANA bisnis setelah akun dana kalian menjadi akun Dana Premium. Dengan begitu, QRIS yang kalian buat bisa digunakan dan dibagikan sesuai kebutuhan kalian.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan membantu kalian untuk bisa membuat kode QRIS sendiri untuk keperluan usaha ataupun lainnya. Jangan lupa share artikel ini dan nantikan update informasi lainnya tentang dompet digital masa kini di blog ini. Terimakasih.

Also Read

Bagikan:

Tags