Cara Daftar Shopee Paylater & Mengaktifkan SPaylater Terbaru 2023

Adi Riyanto

Cara Daftar Shopee Paylater – Jika kalian sering melakukan belanja online di aplikasi Shopee, maka kalian pasti sudah tidak asing dengan fitur pembayaran Shopee Paylater. Fitur yang dimiliki oleh Shopee ini memungkinkan penggunanya untuk membeli barang terlebih dahulu dan membayarnya nanti dalam waktu tertentu. Simpelnya, dengan Shopee Paylater kalian tidak perlu memikirkan pembayaran saat ingin membeli barang yang diinginkan, kalian tinggal beli saja yang kalian mau. Dengan gantinya, kalian bisa membayarnya di lain waktu, kalo bahasa kerennya “Utang dulu”.

Hal ini pastinya sangat membantu dan memudahkan bagi kalian yang tidak ingin terbebani dengan pembayaran sekaligus. Agar bisa menggunakan fitur Shopee Paylater, kalian perlu melakukan pendaftaran dan mengaktifkan shopee paylater terlebih dahulu. Cara mengaktifkan shopee paylater pun terbilang sangat mudah, namun sebelum itu kalian perlu tahu lebih dalam mengenai apa itu shopee paylater, syarat serta ketentuannya, dan hal-hal lainnya. Kalian bisa simak pembahasannya pada artikel ini sampai akhir.

Apa itu Shopee Paylater?

Apa itu Shopee Paylater?

Shopee Paylater merupakan salah satu fitur pembayaran yang disediakan oleh Shopee, salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk dapat membeli barang terlebih dahulu dan membayarnya nanti pada waktu yang ditentukan. Dengan menggunakan fitur dari Shopee Paylater, pengguna dapat melakukan pembayaran secara fleksibel tanpa harus membayar tunai saat melakukan pembelian di Shopee.

Shopee Paylater menawarkan cicilan selama 3 bulan, 6 bulan sampai 16 bulan yang disediakan oleh PT Commerce Finance dan pihak lainnya yang bekerja sama dengan PT Lentera Dana Nusantara dan sudah diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Selain itu, pengguna juga bisa langsung melunasi tagihan Shopee Paylater secara keseluruhan. Alias cicilan 1x atau beli sekarang bayar nanti yang disediakan oleh PT Lentera Dana Nusantara yang merupakan operator platform layanan pinjam uang basis teknologi, PT Commerce Finance yang merupakan perusahaan pembiayaan dan pihak lain yang bekerjasama dan memberikan pinjaman kepada konsumen.

Bagi pengguna pertama yang berhasil mengaktifkan Shopee Paylater akan ddiberikan limit pinjaman mulai dari Rp750 ribu dan akan terus bertambah sesuai dengan jumlah transaksi yang di lakukan penggunanya. Jadi, semakin banyak kalian melakukan transaksi, maka kesempatan membuka limit ShopeePaylater akan terbuka dengan mudah.

Selain itu, apabila pengguna mengalami keterlambatand alam melakukan pembayaran cicilan, maka pihak Shopee Indonesia akan secara otomatis mengurangi jumlah limit kredit atau pinjaman.

Dikarenakan Shopee Paylater mirip dengan sistem kartu kredit, tentu pengguna akan dikenakan biaya suku bunga minimal 2,95% dan biaya penanganan sebesar 1%.

Jika terjadi keterlambatan dalam pembayaran cicilan, pengguna akan mendapatkan denda sebesar 5% dan akan terus bertambah apabila pengguna tidak melunasi cicilan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Syarat Mengaktikan Shopee Paylater

Shopee Paylater dapat kalian aktifkan jika sudah memiliki akun Shopee melalui aplikasi di hp. Namun, tetap ada beberapa syarat yang perlu kalian penuhi untuk bisa mengaktifkan shopee paylater. Nah, adapun syarat-syarat yang wajib kalian ketahui bisa kalian baca dibawah ini:

  • Pengguna memiliki akun Shopee yang sudah terdaftar dan terverifikasi langsung oleh pihak Shopee.
  • Pengguna sudah memiliki akun Shopee minimal selama 3 bulan
  • Pengguna sudah sering melakukan transaksi di aplikasi Shopee.
  • Pengguna harus mengupdate aplikasi Shopee ke verti terbaru di Playstore atau Appstore
  • Bagi pendaftar harus menyiapkan data diri berupa KTP untuk mengaktifkan Shopee Paylater.

Nah, jika kalian sudah memenuhi syarat diatas kalian bisa dengan mudah mengaktifkan shopee paylater di akun shopee kalian. Perlu kalian ketahui, bahwa fitur shopee paylater ini adalah fitur yang diberikan kepada para pengguna yang terpilih saja.

Namun kalian tidak perlu khawatir, karena dengan seringnya kalian melakukan transaksi di aplikasi shopee, tidak menutup kemungkinan fitur tersebut akan muncul di akun kalian.

Cara Daftar Shopee Paylater Terbaru

Cara Daftar Shopee Paylater Terbaru

Setelah kalian berhasil memperoleh fitur Shopee Paylater oleh pihak shopee, kini saatnya untuk mendaftarkan akun kalian dan mengaktifkan shopee paylater agar bisa digunakan. Langkah-kangkah daftar akun Shopee Paylater bisa kalian simak selengkapnya dibawah ini.

  1. Pastikan sudah menginstal aplikasi Shopee terbaru di hp kalian
  2. Buka aplikasi Shopee
  3. Lalu klik menu Saya pada bagian kanan bawah
  4. Pilih SpayLater di kolom menu Dompet Saya
  5. Lalu klik Aktifkan Sekarang
  6. Cek kode Verifikasi (OTP) yang dikirim ke nomor HP kita dan masukkan ke aplikasi Shopee. Ingat, jangan berikan kode OTP tersebut kepada siapapun termasuk tim dan Shopee Paylater. Setelah itu, klik Lanjut.
  7. Ungah data diri seperti foto KTP
  8. Setelah itu masukkan informasi lainnya yang diminta seperti Nama dan NIK, kalu klik Konfirmasi.
  9. Lengkapi informasi tambahan lalu klik Konfirmasi.
  10. Klik Verifikasi Wajah dan foto wajah dengan KTP pada frame yang tersedia. Jika ada notifikasi sistem error, silahkan coba lagi atau perbarui terlebih dahulu layanan Google Play dan pastikan HP kalian sudah terhubung dengan layanan internet.
  11. Jika sudah selesai, kalian akan mendapatkan notifikasi Shopee Paylater sedang diproses.
  12. Jika disetujui, klaian akan menerima pemberitahuan bahwa Shopee Paylater telah berhasil di aktifkan.

Nah, kurang lebih seperti itulah cara daftar akun Shopee Paylater jika sudah memenuhi syarat untuk mengaktifkan shopee paylater di akun kalian. Mudah banget bukan?

Limit Shopee Paylater

Apabila kalian sudah berhasil mendaftar akun Shopee Paylater dan mengaktifasi Shopee Paylater, maka kalian akan mendapatkan layanan tersebut untuk digunakan berbelanja online di shopee. Untuk limit shopee paylater sendiri bagi akun baru atau bagi kalian yang baru pertama kali mengaktifkannya akan mendapatkan Rp750.000 yang nantinya bisa kalian gunakna untuk transaksi belanja.

Bunga Shopee Paylater

Setelah kalian sudah mulai menggunakan shopee paylater, maka kalian wajib tahu bahwa layanan tersebut juga akan mendapatkan bunga. Untuk bunga yyang sudah ditentukan oleh Shopee sendiri yakni dikenakan bunga 2,95% per bulan. Adapun bunga pinjaman tersebut berlaku untuk metode pembayaran dengan sistem cicilan 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan maksimal 12 bulan.

Denda Pada Layanan Shopee Paylater

Hal yang perlu kalian ingat adalah, waktu pembayaran atau cicilan dari Shopee Paylater. Seperti yang sudah saya sebutkan diawal tadi, kalian akan mendapatkan denda jika terjadi keterlambatan pembayaran. Adapun denda tersebut sebesar 5% dan akan terus bertambah apabila pengguna tidak melunasi cicilan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Shopee Paylater

Sebagai pengguna aplikasi Shopee yang memanfaatkan fitur Shopee Paylater, kalian tentunya harus mengetahui kelebihan dan kekurangan Shopee Paylater, adapun kelebihan dan kekurangan tersebut bisa kalian baca dibawah ini.

1. Kelebihan Shopee Paylater

  • Kemudahan cicilan bagi yang tidak memiliki kartu kredit
  • Solusi dalam keadaan terdesak
  • Proses peminjaman yang cukup mudah
  • Bunga yang termasuk rendah dibandingkan pinjaman online lain
  • Tidak ada potongan biaya administrasi
  • Pengguna dapat memilih tanggal jatuh tempo
  • Resmi dan bukan abal-abal

2. Kekurangan Shopee Paylater

  • Tidak dapat dicairkan
  • Bersifat terbats, hanya bisa digunakan di Shopee dan untuk pengguna terpilih saja
  • Bunga hanya 1% namun denda keterlambatan 5%
  • Jumlah pinjaman terbatas dan bagi orang tertentu mungkin tidak mencukupi
  • Cicilan tergolong pendek menurut pengguna tertentu

Mungkin itu beberapa kelebihan dan kekurangan dari layanan Shopee Paylater yang bisa kalian ketahui.

FAQ

Kenapa saya tidak bisa mendaftar Shopee Paylater?

Pada umumnya, Shopee Paylater ditolak terus disebabkan karena pada saat pendaftaran data akun Shopee tidak lengkap, aplikasi Shopee belum update, GPS di hp belum diaktifkan atau karena memang akun Shopee kalian belum memenuhi syarat untuk aktivasi Shopee Paylater.

Berapa limit Shopee Paylater untuk pengguna Baru?

Pengguna baru atau yang pertama kali mengajukan Shopee Paylater, akan mendapatkan limit awal sebesar Rp750.000. Sedangkan bagi pengguna lama atau yang memenuhi syaratm bisa mendapatkan limit shopee paylater sampai Rp50 juta.

Berapa lama Shopee Paylater disetujui?

Untuk verifikasi pengajuan Shopee Paylater maksimal sampai 2 hari kerja, dan apabila pengajuan Shopee Paylater di setujui, maka kalian akan mendapatkan notifikasi dari Shopee. Setelah proses aktivasi berhasil, maka kalian sudah bisa menggunakannya untuk berbelanja online.

Apakah ada biaya untuk pendaftaran ShopeePaylater?

Tidak, tidak ada biaya untuk mendaftar shopee paylater.

Akhir Kata

Demikianlan informasi mengenai cara daftar Shopee Paylter terbaru yang dapat saya bagikan untuk kalian semua. Semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat dan memberikan wawasan baru bagi kita semua.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa bagikan ke teman-teman kalian dan nantikan informasi lainnya tentang dompet digital masa kini di blog ini.

Also Read

Bagikan:

Tags