Cara Daftar GoPay PayLater Terbaru

Adi Riyanto

Cara Mengaktifkan GoPay Paylater – Sebagai pengguna aplikasi dompet digital dari GoPay, tentunya di hp kalian sudah terinstal aplikasi GoJek. Dengan aplikasi GoJek tersebut, kalian bisa dengan mudah untuk melakukan pemesanan GoRide, GoCar, GoFood dan lainnya. Selain itu, di aplikasi Gojek ini kalian bisa menggunakan fitur dari GoPay Paylater. GoPayLater sebuah fitur yang dapat memudahkan transaksi non-tunai kalian dengan sangat praktis dan aman.

Akan tetapi, meskipun kebanyakan orang sudah menggunakan e-wallet dari GoPay ini, ternyata masih ada yang masih bingung untuk cara menggunakan GoPay Paylater dan juga cara mengaktifkan GoPay Paylater di aplikasi GoJek. Nah, kalian pun tidak perlu khawatir untuk masalah tersebut, karena pada artikel kali ini akan saya bahas bagaiaman cara daftar GoPay Paylater di akun GoPay serta info-info menarik lainnya seputar GoPaylater. Maka dari itu, simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

cara daftar gopay paylater

Apa itu GoPay PayLater?

GoPay Paylater adalah salah satu fitur metode pembayaran yang ditawarkan oleg GOTO Financial untuk mempermudah pembayaran bagi para pengguna setianya. Setiap pengguna akan diberikan kemudahan dari mulai cara daftar GoPay Paylater hingga cara bertransaksi melalui layanan Gojek.

Namun, kalian juga harus mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku terutama pembayaran tagihan tepat waktu. Apabila klaian tidka membayar tagihan sesuai tanggal jatuh tempo, maka sistem gojek akan memberikan peringatan dan denda harian sampai tagihan dilunasi.

Jadi, dengan menggunakan GoPay Paylater ini, kalian bisa memesan berbagai layanan atau transaksi apapun di aplikasi Gojek dengan sistem bayar nanti atau bayar di akhir bulan.

Salah satu fitur yang cukup berguna bagi kalian yang masih boke belum gajian, kalian bisa memanfaatkan fitur ini untuk mendapatkan apa yang kalian inginkan dan dibayar pada akhir bulan atau awal bulan setelah kalian gajian.

Cara Mengaktifkan GoPay Paylater Terbaru

Perlu kalian tahu, setelah kalian membuat akun GoPay atau GoJek, kalian tidak bisa langsung mendapatkan fitur GoPaylater di akun yang kalian punya. Karena fitur ini akan ada dengan sendirinya pada akun kalian dari menu Undangan PayLater dari Gojek. Namun, kalian bisa mengakfitkan GoPay Paylater dengan beberapa langkah dibawah ini.

1. Instal Aplikasi GoJek

Instal aplikasi Gojek paylater

Yang pertama tentunya kalian sudah mengunduh aplikasi GoJek di HP kalian dan sudah mendaftar akun GoJek untuk dapat memakai Gopay agar memudahkan transaksi. Dan jangan lupa untuk upgrade juga akun GoPay kalia ke GoPay Plus agar bisa menggunakan GoPay PayLater.

Bagi yang belum tahu, GoPay dan GoJek adalah sebuah layanan yang ada dalam satu aplikasi yakni GoJek. Untuk cara daftar GoJek kalian bisa baca pada langkah-langkah membuat akun GoPay di sini.

2. Mulai Transaksi dengan GoPay

Mulai Transaksi dengan GoPay

Setelah kalian membuat akun GoPay di hp kalian, kalian bisa memulai melakukan transaksi dalam aplikasi tersebut. Seperti mengisi saldo GoPay melalui rekanan yang sudah bekerja sama untuk top-up GoPay dan transaksi lainnya.

Baca juga: Cara Daftar GoPay dan Upgrade GoPay Plus

Jika sudah terisi saldo, kalian bisa bertransaksi apapun yang kalian butuhkan di dalam aplikasi GoJek. Kalian tidak perlu menyediakan uang tunai untuk membeli barang di pihak rekanan GoPay.

3.Tunggu Undangan PayLater

undangan gopaylater

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, tidak ada cara khusus yang harus kalian ikuti untuk bisa bergabung di Paylater. Kalian hanya perlu menunggu undangan khusus dari pihak GoJek untuk bsia menggunakan PayLater.

Gojek akan memberikan fitur Paylater kepada pengguna yang sudah dipilihnya, yang artinya kalian tidak perlu mengisi formulir khusus atau mengikuti seleksi tertentu supaya terpilih memakai fitur Paylater.

Jadi, dengan seringnya kalian menggunakan GoPay untuk transaksi non-tunai, tidak menutup kemungkinan kalian bisa mendapatkan fitur GoPay Paylater yang diberikan dari pihak Gojek.

4. Gabung di Paylater

Nah, apabila kalian sudah mendapatkan undangan PayLater dari pihak Gojek, maka kalian bisa mulai untuk aktivasi dan menggunakannya. Untuk cara daftar GoPay Paylater bagi kalian yang sudah mendapatkan udangannya, kalian bisa simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Daftar GoPay PayLater

Setelah kalian mendapatkan undangan sebagai pengguna setia GoPay dan mendapatkan fitur GoPay PayLater, kini saatnya untuk kalian mengaktifkan GoPay PayLater atau mendaftarkan akun GoPay kalian di GoPay PayLater.

Adapun langkah-langkah daftar GoPay Paylater bisa kalian simak dibawah ini:

1.  Buka Aplikasi GoJek pilih GoPayLater

Pertama buka aplikasi Gojek di hp kalian, jika kalian mendapatkan undangan GoPay Paylater, kalian akan menemukan menu GoPayLater di bagian menu utama Gojek. Lalu kalian pilih GoPaylater.

cara daftar gopay paylater

2. Baca Ketentuan dan Persyaratan

Pilih Allow untuk mulai membaca syarat dan ketentuan yang berlaku.

cara daftar gopay paylater

3. Klik Daftar Sekarang

Setelah itu kalian pilih Daftar Sekarang untuk melanjutkannya.

cara daftar gopay paylater

4. Uploud Data Diri

Pada menu berikutnya, kalian isi data diri mulai dari Uploud foto e-KTP asli dan selfie dengan memegang KTP.

cara daftar gopay paylater

5. Tunggu Hingga di Proses

cara daftar gopay paylater

6. Tanda Tangan Digital

cara daftar gopay paylater

Sampai disini kalian sudah bisa menggunakan fitur GoPay Paylater pada aplikasi GoJek di hp kalian. Bagi yang belum paham bagaimana cara menggunakannya, kalian juga bisa baca pembahasannya dibawah ini.

Cara Menggunakan GoPay PayLater

Setelah kalian berhasil mengaktifkan fitur GoPayLater di akun GoPay kalian, kalian bisa menggunakan fitur tersebut untuk keperluan transaksi yang kalian inginkan. Untuk cara menggunakan GoPay Paylater bisa kalian simak caranya dibawah ini:

  • Pilih GoPayLater sebagai metode pembayaran
  • Konfirmasi persetujuan akan muncul pada transaksi pertama setiap bulannya
  • Masukkan PIN Gojek untuk meneruskan Transaksi

Cara Bayar GoPay PayLater

Jika kalian sudah menggunakan Gopaylater, kalian jangan sampai lupa membayar tagihan bulanannya. Adapun cara bayar Gopay Paylater cukup mudah, karena hanya melalui satu aplikasi saja yaitu Gojek. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi Gojek

Buka aplikasi Gojek dan pilih menu Bayar pada menu untuk mengetahui total tagihan yang harus dibayar.

Cara Bayar GoPay PayLater

2. Klik Bayar Tagihan

Jika sudah melihat berapa tagihan yang harus kalian bayar, selanjutnya pilih Bayar Tagihan.

Cara Bayar GoPay PayLater

3. Masukkan PIN Gojek

Cara Bayar GoPay PayLater

4. Tunggu sampai proses pembayaran berhasil

Cara Bayar GoPay PayLater

Nah, sekarang kalian sudah bisa menggunakan fitur Gopaylater dan menggunakannya sebagai metode pembayaran transaksi paylater di Gojek.

Baca juga: Kumpulan Cara Top Up GoPay Terbaru

Dari beberapa ulasan diatas mengenai cara mengatifkan Gopaylater dan cara daftar gopaylater, kalian juga perlu mengetahui beberapa hal yang menyangkut Gopaylater. Salah satunya seperti bunga gopaylater, limit gopaylater dan lainnya. Untuk penjelesannya agar kalian semakin paham bisa simak dibawah ini.

Waktu Pembayaran GoPayLater

Tanggal tagihan Gopaylater jatuh pada tanggal 1 setiap bulannya. Pastikan kalian membayar tepat pada waktunya. Jika kalian telat membayar tagihan gopaylater, kalian akan mendapat peringatan dan denda setiap harinya sampai tagihan dilunasi.

Bunga dan Denda GoPay PayLater

Sama halnya dengan paylater pada umumnya, GoPayLater juga memiliki ketentuan biaya yang harus ditanggung oleh penggunanya seperti bunga, denda harian dan lainnya. Adapun bunga dan denda harian yakni:

  • Bunga yang dibebankan dari 2,5% – 5%
  • Denda harian (telat bayar) dikenakan biaya Rp2.000/hari sampai dilunasi.

Jika dicontohkan, saat kalian menggunakan Gopaylater denan limit Rp200.000, biaya yang dibebankan hanya sebesar Rp10.000/bulan atau 5% dari limit saldo.

Limit GoPay Paylater

Bagi yang belum tahu apa itu limit di paylater, Limit Paylater sendiri adalah batasan maksimum dari penggunaan paylater yang dapat kalian gunakan secara maksimal (sampai habis) dalam transaksi setiap bulannya. Pada akun GoPaylater yang kalian miliki akan tersedia nominal saldo limit.

Pada saat melakukan transaksi dengan paylater, saldo dari paylater tersebut akan berkurang dan akan masuk ke dalam jumlah nominal tagihan yang harus kalian bayar lunas di akhir bulan. Jika batas limit sudah tercapai, kalian sudah tidak bisa lagi melakukan transaksi sampai akhir bulan dibayar lunas.

Lalu, bagimana cara menaikkan limit gopaylater? Mengutip dari berbagai sumber, untuk sekarang gopaylater belum bisa menaikkan limit paylater. Meskipun begitu, kalian tidak perlu khawatir karena pihak Gopay akan memberikan kesempatan bagi pengguna setianya untuk mendapatkan tambahan limit transaksi.

Caranya yaitu dengan melakukan lebih banyak lagi transaksi serta membayar tagihan secara tepat waktu.

Cara Mencairkan GoPay Paylater

Salah satu pertanya yang mungkin membuat penasaran pengguna gopaylater yakni apakah paylater gopay bisa dicairkan? Untuk jawabanya sendiri tidak bisa, sebab sistem gopaylater sendiri telah terproteksi dengan baik oleh sistem keamanan gojek.

Namun, kalian bisa melakukan beberapa tahapan cara untuk mencairkan gopay paylater seperti dibawah ini:

  1. Pertama pastikan sisa limit di akun paylater kalian masih tersedia
  2. Sisa limit tersebut bisa kalian gunakan untuk membayar layanan Golnvestasi.
  3. Setelah itu kalian bisa melakukan proses pembelian emas.
  4. Setelah pembelian emas berhasil, kalian bisa menjual kembali emas tersebut di Golnevstasi.
  5. Hasil penjualan emas tersebut akan dikirim melalui akun Gopay.
  6. Kirimkan jumlah nominal uang dari akun Gopaymu ke rekening bank.
  7. Perlu kalian perhatikan juga, bahwa cara ini dilakukan secara opsional. Kalian juga perlu memperhatikan limit yang tersedia serta jumlah tagihannya dengan seksama.

Jadi, pada intinya Gopay Paylater tidak bisa dicairkan secara langsung ke rekening bank.

Keuntungan Menggunakan GoPay Paylater

Sebagai salah satu metode pembayaran paylater dari Gojek, ada beberapa keuntungan yang bisa kalian nikmati dari fitur ini. Berikut beberapa keuntungan saat menggunakan Gopaylater:

1. Siapa saja bisa menggunakannya

Hanya membutuhkan KTP saja sebagai syarat, kalian bisa menikmati fitur Paylater pada aplikasi Gojek.

2. Banyak Promo Menarik

Biasanya aplikator dan merchant akan bekerjasama untuk menyediakan promo-promo menarik bagi para penggunanya, seperti cashback atau diskon.

3. Pendaftaran Simpel

Dengan memanfaatkan fasilitas digital, proses pendaftaran dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

4. Tenor yang Flesiibel

Tenor pembayaran cicilan dari paylater relatif lebih flesibel yakni 1 hingga 2 bulan.

Kekurangan Menggunakan GoPay Paylater

Selain keuntungan yang bisa kalian dapatkan dari Gopaylater, ada hal yang perlu kalian perhatikan juga. Yakni kekurangan menggunakan Gopaylater dari aplikasi gojek. Adapun kekurangan tersebut bisa kalian lihat dibawah ini:

1. Hanya untuk Pengguna Terpilih

Pada saat ini fitur GoPayLater hanya bisa dinikmati bagi beberapa pengguna terpilih. Untuk itu, ada beberapa akun yang layanan Gopaylater tidak muncul. Namun, kalian tidak perlu khawatir karena ada cara untuk menagtasinya yakni menghubungi layanan customer service Gojek.

2. Rata-rata Limit sebesar Rp500.000

Limit yang disediakan oleh Gojek untuk Gopaylater rata-rata hanya berkisar Rp500.000. Nominal tersebut terbilang sangat kecil dibandingkan dengan layanan paylater lainnya. Namun, tidak menutup kemungkinan limit saldo bisa meningkat di kemudian hari.

3. Denda Harian Cukup Tinggi

Untuk denda harian jika kalian telat bayar yakni sekitar Rp2.000/hari. Nominal tersebut akan selalu dibebankan sampai kalian melunasi tagihannya.

4. Tidak Bisa Dicicil

Fitur paylater dari gopay sedikit berbeda dengan layanan paylater lainnya. Opsi pelunasan yang tersedia hanya bisa dilakukan secara penuh. Tidak ada sistem cicilan per bulan.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai cara daftar akun GoPay Paylater yang bisa saya bagikan untuk kalian semua. Semoga denagn adanya artikel ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang sedang mencari informasi seputar gopaylater.

Also Read

Bagikan:

Tags