Cara Daftar Gopay dan Upgrade GoPay Plus Terbaru

Adi Riyanto

Cara Daftar  dan Upgrade GoPay Plus – Berbagai metode pembayaran digital untuk belanja online atau transaksi non-tunai lainnya sudah banyak bertebaran di kalangan masyarakat. Dengan adanya dompet digital tersebut memudahkan bagi setiap orang untuk melakukan transaksi non-tunai dengan instan dan cepat, salah satunya yaitu untuk membayar tagihan listrik, beli pulsa, membeli barang online, mengirim saldo dan lain sebagainya.

Kalian bisa menikmati semua kenyamanan dari kemajuan teknologi di dompet digital atau e-wallet tersebut mulai dari aplikasi GoPay salah satunya. Dengan adanya berbagai cara pembayaran non-tunai, pengguna mempunyai kebebasan untuk memilih alat bayar yang sesuai dengan kebutuhan mereka, misalanya seperti dompet digital GoPay tersebut.

Namun tidak sedikit orang yang masih belum tahu apa itu gopay, dan bagaimana cara mendaftarnya. Nah, pada artikel kali ini, saya akan membagikan cara daftar akun gopay dengan mudah serta fitur-fitur apa saja didalamnya yang memudahkan bagi penggunanya.

Apa itu GoPay?

Dilansir dari laman resmi gupay.co.id, GoPay merupakan dompet digital (e-wallet) serba bisa. Mulai dari transaksi cepat untuk semua layanan Gojek dan ratusan rekan usaha, hingga mengirim atau menerima unag dengan mudah, semua bebas dilakukan bersama GoPay.

Ada berbagai manfaat yang bisa kalian dapatkan jika menggunakan dompet digital Gopay ini, adapun kegunaan dari GoPay sebagai uang elektronik bisa kalian simak dibawah ini:

  • Membayar layanan di Aplikasi Gojek
  • Melakukan pembayaran di toko atau restoran rekan usaha GoPay
  • Menggunakan layanan PayLater dari GoPay untuk pengguna terpilih
  • Melakukan transaksi keungan lainnya, seperti transfer saldo GoPay ke sesama pengguna GoPay dan ke bank bagi kalian yang sudha melakukan upgrade ke layanan GoPay Plus.

Setelah melihat beberapa manfaat yang bisa kalian gunakan, tentunya ingin dong mencoba dompet digital satu ini?, Bagi kalian yang belum memiliki akun Gopay, kalian bisa simak artikel lengkap cara daftar akun GoPay dan cara verifikasi GoPay Plus agar bisa digunakan secara nyaman tanpa ada kendala.

Cara Daftar Akun GoPay

Cara Daftar Akun GoPay

Sebelum melangkah cara mendaftar akun Gopay, pastikan terlebih dahulu kalian mempunyai HP Android atau iOS untuk bisa menginstal Aplikasinya. Serta siapkan nomor HP dan akun email yang aktif. Jika semua sudah siap, silahkan ikuti langkah-langkahnya seperti dibawah ini.

1. Instal Aplikasi Gojek di Play Store/Appstore

Pertama instal terlebih dahulu aplikasi GoJek di HP kalian, bisa kalian unduh secara gratis di Play Store atau Appstore.

2. Daftar Akun GoPay

Buka aplikasi Gojek yang sudah diinstal tadi, pada halaman pertama akan muncul seperti gambar dibawah ini. Kalian pilih “Belum ada akun? Daftar Duku”

cara daftar gopay terbaru

3. Masukkan Nomor HP

Langkah selanjutnya, isikan nomor HP yang ingin digunakan untuk akun GoPay. Usahakan nomor yang digunakan masih aktif. Lalu Klik Lanjutkan.

cara daftar gopay terbaru

4. Masukkan Kode OTP

Selanjutnya pihak Gojek akan mengirim kode OTP melalui sms ke nomor HP yang sudah kalian cantumkan sebelumnya. Jika sms kode otp sudah diterima, silahkan masukkan saja kode OTP tersebut.

cara daftar gopay terbaru

5. Masukan Nama Lengkap

Isikan nama kalian untuk akun GoPay pada kolom yang disediakan. Setelah itu klik Lanjutkan.

cara daftar gopay terbaru

6. Masukan Email Aktif

Selanjutnya isikan email yang akan digunakan untuk akun GoPay, pastikan email juga aktif. Setelah itu Klik Simpan. Dan kalian akan dibawa ke halaman utama GoPay.

cara daftar gopay terbaru

7. Verifikasi Email

Buka email yang sudah kalian cantumkan sebelumnya, lalu buka email yang dikirim pihak GoJek. Kemudian klik tombol Verifikasi Email Saya.

cara daftar gopay terbaru

8. Selesai.

Sampai disini kalian sudah memiliki akun GoPay dari layanan aplikasi GoJek.

Setelah memiliki akun GoPay, langkah selanjutnya untuk kenyamanan bertransaksi di GoPay yakni melalukan upgrade dari GoPay biasa ke GoPay Plus. Mengapa harus Upgrade GoPay Plus? Karena dengan memiliki akun gopay plus kalian bisa menikmati semua fitur tambahan dan juga fitur yang tidak ada di gopay biasa.

Pada akun GoPay biasa kalian tidak bisa melakukan transfer saldo ke sesama pengguna gopay, melakukan tarik tunai serta batas saldo gopay yang hanya Rp2 juta saja. Jika kalian melakukan verifikasi gopay plus, kalian bisa mendapatkan fitur upgrade dari akun tersebut.

Adapun cara untuk upgrade GoPay Plus dengan mudah bisa kalian simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Upgrade GoPay Plus dengan Benar

Sebelum verifikasi akun GoPay atau upgrade akun GoPay plus, pastikan terlebih dahulu kalian sudah memiliki akun gopay. Lalu, siapkan kartu identitas diri seperti KTP untuk melakukan verifikasi data diri guna mendapatkan akun GoPay plus.

Selain itu, bagi kalian bukan warga negara Indonesia, kalian tetap bisa melakukan upgrade akun GoPay kalian ke GoPay plus dengan syarat mempunyai Paspor.

Dan hal yang perlu kalian perhatikan juga bahwa untuk setiap satu KTP hanya berlaku untuk satu akun saja, begitupun juga nomor hp yang digunakan tidak dapat didaftarkan pada akun lain.

Untuk lebih jelasnya cara upgrade akun GoPay Plus, bisa kalian simak langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Buka aplikasi GoJek

Buka aplikasi Gojek, lalu pilih menu Eksplore/Lainnya.

cara upgrade gopay plus

2. Pilih menu Plus

Setelah itu akan ada banyak pilihan menu, kalian pilih menu Plus.

cara upgrade gopay plus

3. Pilih Upgrade GoPay Plus

cara upgrade gopay plus

4. Foto eKTP Asli

Siapkan KTP asli kalian untuk di foto secara langsung.

cara upgrade gopay plus

5. Ambil foto selfie

Setelah foto KTP, selanjutnya kalian foto selfie diri kalian.

cara upgrade gopay plus

6. Tunggu proses verifikasi selama 24 jam.

cara upgrade gopay plus

Setelah kalian berhasil melakukan upgrade akun Gopay plus, maka fitur-fitur akun GoPay plus bisa kalian nikmati dengan nyaman. Beberapa keuntungan seperti limit top up sampai Rp10 juta dan cara bayar pakai GoPay jadi lebih mudah ke seluruh merchant.

Selain mendapatkan limit top up sampai 10 juta, kalian juga akan mendapatkan fitur-fitur seperti proteksi ekstra untuk saldo GoPay, transfer Gopay ke rekening bank, benefit paylater dan promo eksklusif.

Baca juga: Cara Transfer GoPay ke GoPay lainnya

Keunggulan GoPay Plus

Keunggulan lainnya yang bisa kalian rasakan setelah upgrade GoPay Premium meliputi:

  • Jaminan Proteksi Ekstra untuk Saldo GoPay menjamin kehilangan saldo GoPay dan PayLater karena adanya aktivitas tidak wajar di luar kendali pengguna atau pemiliknya.
  • Jika kalian sudah menjadi pengguna GoPay Plus, transfer saldo GoPay ke sesama bisa memakaki nomor HP saja.
  • Dengan GoPay Plus, kalian jadi bisa Transfer Saldo GoPay ke Rekening Bank. Misalnya transfer saldo ke akun GoPay teman, atau ke rekening mitra usaha kalian.
  • Dengan menggunakan GoPay Plus, kalian bisa menikmati fitur PayLater. Merupakan fitur Transaksi sekarang dan bayar belakangan. Bahkan, kalian juga berhak menikmati fitur PayLater cicilan jika memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Dan tidak ketinggalan juga, kalian juga bisa mendapatkan berbagai Promo Eksklusif dari GoPay.

Jadi, dengan menjadi pengguna akun GoPay Plus, kalian bisa menikmati semua fitur bermanfaat yang tidak ada di Gopay biasa.

Fitur GoPay

Berikut ini penjelasan beberapa fitur yang ada di menu aplikasi GoPay yang dapat kalian gunakan setelah mendaftar akun GoPay dan upgrade ke GoPay Plus.

1. Bayar

Merupakan fitur yang digunakan untuk melakukan pembayaran antar sesama gojek atau rekening bank lain. Kalian juga bisa menggunakan sistem scan kode untuk melakukan pembayaran merchant. Apabila ada teman kalian yang melakukan pembayaran tetapi bukan merchant, kalian juga bisa menggunakan kode QR supaya pembayaran lebih mudah dan praktis.

2. Isi Saldo

Adalah fitur yang digunakan untuk isi saldo ataupun top up saldo gopay. Kalian bisa mengisi saldo gopay dari berbagai layanan yang disediakan.

3. Promo

Salah satu menu fitur yang menyediakan promo bagi penggunanya untuk mendapatkan harga potongan menarik untuk melalukan transaski di GoPay.

4. Minta

Adalah fitur GoPay yang memungkinkan pengguna untuk meminjam saldo ataupun meminta saldo dari teman, dan keluarga apabila sewaktu-waktu saldo yang kalian miliki tidak cukup.

5. Mission

Fitur Gojek yang memberikan beberapa misi kepada penggunanya. Sebagai contoh, jika pengguna ingin mendapatkan voucher menarik, ia harus menyelesaikan misi terlebih dahulu. Yang lebih menariknya lagi, ada voucher tertentu di GoPay yang bisa dicairkan, misalnya untuk potongan harga ataupun keuntungan yang lainnya.

6. Tarik

Fitur ini memudahkan bagi penggunanya jika ingin melakukan tarik tunai saldo di GoPay. Caranya dengan memasukkan nama pemilik rekening, nama bank, dan nomor rekening.

7. Riwayat

Semua jejak ataupun riwayat ransaksi akan disimpan di akun GoPay melalui fitur riwayat sehingga kalian bisa mengecek utnuk melihat kembali transaksi yang sudah dilakukan sebelumnya.

8. Pulsa

Gojek juga memudahkan bagi setiap penggunanya untuk melakukan pembelian pulsa menggunakan akun GoPay. Jadi, kalian tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk membeli pulsa di konter pulsa.

9. Tagihan

Gopay juga menyediakan fitur Tagihan yang dapat memudahkan penggunannya untuk membayar berbagai tagihan mulai dari tagihan listrik, tagihan internet, iuran BPJS, dan lainnya.

10. Paylater

Fitur ini merupakan fitur yang menguntungkan bagi pengguna, sebab bisa melakukan transaksi kapanpun. Pembayaran saldo bisa dilakukan di akhir bulan dan hanya sekali dalam satu bulan.

Nah, itu beberapa fitur yang bisa kalian nikamti di akun GoPay. Tentunya fitur diatas bisa kalian dapatkan dan gunakan setelah upgrade ke akun GoPay plus.

Perbedaan akun GoPay biasa dan GoPay Plus

Ada beragam perbedaan yang bisa dilihat dari akun gopay biasa dan akun gopay plus. Bagi kalian yang belum mengetahui perbedaanya, kalian bisa simak beberapa perbedaan gopay biasa dan gopay plus dibawah ini.

1. Batas Saldo

Batas saldo untuk akun GoPay biasa adalah Rp2.000.000, sedangkan untuk akun yang sudah upgrade ke gopay plus yaitu Rp40.000.000.

2. Transfer ke sesama pengguna

Dalam akun GoPay plus dapat melakukan pengiriman saldo ke sesama pengguna, sedangkan akun gopay biasa tidak bisa. Selain itu, kalian juga tidak bisa beli di merchant dengan bayar pakai gopay jika akun kalian belum di upgrade.

3. Tarik Tunai

Pada gopay biasa kalian tidak bisa melakukan pencairan saldo, sedangkan pada gopay plus bisa. Jadi jika kalian ingin mencairkan dana disarankan untuk melakukan upgrade terlebih dahulu.

Itulah perbedaan pada umumnya untuk akun GoPay biasa dan GoPay plus. Tentunya masih banyak kelebihan lain yang bisa kalian rasakan di akun GoPay Plus.

FAQ

GoPay untuk Apa?

GoPay bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di aplikasi Gojek, seperti Toko/Restoran rekan GoPay, transaksi keungan transfer saldo GoPay ke sesama pengguna dan ke bank bagi pengguna GoPay Plus.

Isi Saldo GoPay di mana?

Pengisian saldo GoPay bisa dilakukan melalui m-Banking dan internet banking BCA, BRI, BNI, Mandiri dan sebagainya. Selain itu, kalian juga bisa mengisi saldo melalui konter pulsa, kasir Alfamart/Indomaret dan driver Gojek. Baca selengkapnya di artikel Cara Isi Saldo GoPay di BCA, Alfamaret, Indomaret dan Lainnya.

Isi Saldo GoPay Minimal Berapa?

Minimal isi saldo GoPay yaitu Rp10.000 dengan biaya pertransaksi Rp2.000. Bagi pengguna baru terkadang bisa mendapatkan voucher dengan besaran tertentu.

Apakah daftar GoPay harus Pakai KTP?

Ya, hal tersebut digunakan untuk upgrade ke akun GoPay Plus. Dengan akun GoPay plus kalian bisa menikmati semua transaski di GoPay dengan nyaman tanpa adanya batasan. Maka dari itu, KTP perlu dibutuhkan untuk digunakan upgrade GoPay Plus.

Bagaimana cara upgrade GoPay plus tanpa KTP?

Mengutip dari laman resmi Gojek, untuk melakukan upgrade wajib menyertakan KTP dari masing-masing pembuat akun GoPay plus. Jadi, kalian tidak bisa upgrade gopay plus tanpa adanya KTP.

GoPay Plus maksimal berapa?

Rp20.000.000 untuk pengguna gopay biasa dan Rp40.000.000 untuk pengguna yang sudha upgrade ke GoPay Plus.

Apakah 1 KTP bisa untuk 2 akun GoPay?

Tidak, pihak Gojek hanya memperbolehkan satu ID atau KTP untuk satu akun Gojek atau GoPay saja. Jika kalian mendaftarkan KTP yang sudah didaftarkan GoPay sebelumnya, maka tidak akan bisa.

Kenapa saya tidak bisa upgrade GoPay Plus?

Jika upgrade akun GoPay Plus ditolak, kalian bsia mendapatkan notifikasi dna pesan pada inbox di aplikasi Gojek tentang alasan penolakan upgrade GoPay ke GoPay Plus. Berikut cara melihat alasan penolakan upgrade GoPay plus:

Pada menu utama GoPay, pilih menu Eksplore

Pilih “Plus” untuk mengakses halaman GoPay Plus dan melihat alasan penolakan (Klik “fitur lainnya” jika kalian tidak menemukannya).

Agar lebih jelas dan paham, berikut ini beberapa contoh mengapa upgrade GoPay ke GoPay Plus ditolak. Adapun penyebab yang paling sering yakni karena foto blur.

1. Foto ID Rusak

Kalian bisa menggunakan ID lainnya, seperti EKTP/Paspor apabila ID sebelumnya terdapat kerusakan (huruf/kalimat, foto dan tanda tnagan tidak terbaca dengan jelas).

2. Foto Wajah atau ID Blur/Buram

Kalian bisa mencoba upgrade GoPay Plus kembali dengan memastikan foto yang kalian unggah, baik foto selfie atau foto KTP terlihat jelas dan dapat terbaca.

3. Foto Wajah atau ID tidak masuk ke bingkai

Pastikan juga saat kalian mencoba upgrade GoPay Plus kembali, bagian informasi dari ID KTP tidak tertutup jari atau terpotong di luar bingkai kamera dan bagian kartu ID tidak menutupi bagian wajah ketika selfie.

4. Dokumen foto tidak sesuai ketentuan

Kalian dapat kembali mencoba upgrade gopay plus dengan memastikan dokumen foto kalian unggah sesuai dengan ketentuan GoPay, seperti:

  • ID yang diterima untu upgrade Gopay plus adalah dokumen asli dari eKTP/Paspor.
  • Foto selfie yang diunggah harus memegang ID dokumen asli.
  • Foto wajah pada dokumen ID harus berupa foto eKTP asli, bukan berupa pas foto tempelan

5. Data eKTP Tidak tedaftar di Dukcapil

Ada kemungkinan perbedaan data terjadi apabila data KTP pernah diubah seperti nama, alamat, status perkawinan, foto dan lain sebagainya. Selain karena lima alasan diatas, pengajuan akun Gopay plus kalian ditolak, ID pernah digunakan di akun Gojek lain.

Selain itu juga bisa karena beberapa hal dibawah ini:

  • Foto diambil tidak langsung dari kamera hp
  • Terdapa perbedaan di foto wajah dan/foto KTP
  • Pengguna dokumen ID untuk upgrade GoPay Plus telah melebihi batas
  • Terdapat bagian foto wajah atau foto id yang gelap
  • Terdapat bagian foto wajah atau foto ID yang terkena cayaha lampu/flash
  • Terdapat perbedaan antara jenis dokumen ID yang dipilih pada aplikasi dengan dokumen yang di unggah.
  • Dokumen ID yang digunakan untuk upgrade GoPay Plus sudah habis masa berlakunya.

Penutup

Kurang lebih begitulah langkah-langkah daftar GoPay dan cara Upgrade GoPay ke GoPay Plus dengan mudah dan cepat. Dengan begitu, kalian sudah memiliki dompet digital dari GoPay yang siap digunakan untuk transaksi non-tunai di HP kalian.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kalian yang sedang mencari tutorial daftar gopay terbaru dengan mudah. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman atau keluarga kalian jika bermanfaat. Dan nantikan informasi menarik lainnya di blog www.masadi.id ini. Terimakasih.

Also Read

Bagikan:

Tags