Cara Daftar DANA dan Upgrade DANA Premium 2023

Adi Riyanto

Cara Daftar DANA – Di jaman serba internet seperti sekarang ini, Dompet digital semakin populer dan menjadi pilihan utama dalam bertransaksi non-tunai melalui Smartphone. Salah satu dompet digital yang cukup populer dan banyak digunakan orang di Indonesia adalah DANA. Dengan menggunakan aplikasi DANA, kalian bisa melakukan berbagai macam transaksi seperti bayar tagihan listrik, beli pulsa, transfer saldo bahkan sampai menabung.

Selain itu, penggunaan dompet digital DANA ini juga terbilang lebih efisien dan cepat dibandingkan dengan transaksi konvensional. Banyak fitur-fitur menarik yang diberikan oleh dana kepada penggunanya. Namun, sebelum kita menikmati semua fitur yang tersedia, pertama-tama kalian perlu memiliki akun DANA terlebih dahulu.

Akan tetapi, bagi pengguna baru DANA pastinya masih bingung bagaimana cara daftar DANA yang benar sampai siap digunakan. Nah, bagi kalian yang ingin membuat akun dana tapi masih bingung, jangan khawatir! karena pada artikel ini akan saya bagikan cara membuat akun dompet digital DANA dengan mudah dan cepat, sehingga kalian bisa segera memulai menggunakan dompet digital Dana untuk bertransaksi dengan lebih efisien dan nyaman.

cara daftar dana

Apa itu DANA?

Sebelum kita ke langkah-langkah membuat akun Dana, ada baiknya kalian mengenal terlebih dahulu apa itu Dana? DANA adalah platform dompet digital yang dirancang untuk melakukan semua transaksi non-tunai baik online ataupun offline. Menggunakan aplikasi ini tentunya lebih nyaman, cepat dan aman untuk digunakan. Ada banyak fitur menarik yang bisa kalian dapatkan dari menggunakan ewallet DANA, salah satunya kemudahan untuk membayar tagihan, transfer saldo ataupun menabung. Bahkan juga bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha bagi para pelaku UMKM melalui fitur DANA bisnis.

Apakah Dana aman? Tentu saja dompet digital Dana sudah pasti aman, karena Dana sendiri di awasi langsung oleh BI atau Bank Indonesia. Jadi, bagi kalian pengguna baru aplikasi Dana, jangan khawatir untuk menggunakan aplikasi dompet digital Dana ini.

Perlu kalian ketahui juga, Akun DANA kini terbagi menjadi beberapa jenis, ada akun DANA Basic, DANA Premium dan DANA Bisnis. Cara membuat akun DANA basic, permium ataupun bisnis tidak jauh berbeda. Hanya saja, bagi yang ingin membuat akun Dana Premium kalian harus menyertakan KTP sebagai syaratnya, untuk basic sendiri tanpa KTP dan sedangkan untuk Dana bisnis kalian pelru lapak usaha. Untuk lebih jelasnya, bisa kalian simak selengkapnya dibawah ini.

Cara Daftar DANA

Nah, setelah kalian sudah tahu apa itu dana, kini saatnya bagi kalian yang ingin menggunakan aplikasi dana dan ingin membuat akun dana bisa langsung mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Buka Aplikasi DANA

Pertama-tama buka terlebih dahulu aplikasi DANA yang sudah di install di hp kalian. Kalian bisa unduh terlebih dahulu aplikasi DANA di Playstore apabila belum menginstallnya.

cara daftar dana

2. Masukkan Nomor HP Aktif

Selanjutnya siapkan nomor HP aktif untuk digunakan sebagai rekening DANA.

cara daftar dana

3. Masukkan Kode OTP

Setelah itu masukkan kode OTP yang di kirim melalui SMS atau WhatsApp.

cara buat akun dana

4. Buat PIN DANA

Setelah itu buat PIN DANA terdiri dari 6 digit angka. Gunakan kombinasi angka yang mudah diingat ya gaes. Jika sudah ulangi lagi PIN untuk konfirmasi.

cara buat akun dana

5. Aktifkan DANA Viz

Selanjutnya aktivkan DANA Viz, kalian akan diminta untuk verifikasi wajah pada pembuatan akun DANA ini. Atau kalian juga bisa melewatinya terlebih dahulu dengan klik tombol “Lain kali aja”.

cara buat akun dana

6. Selesai.

Langkah terakhir tinggal ikuti langkah selanjutnya sampai proses pendaftaran selesai.

cara buat akun dana

Nah, gimana? mudah banget bukan cara buat akun DANA? dengan begini kalian sudah bisa cara daftar DANA tanpa KTP. Emang dana bisa pake KTP bang? iya dong pake KTP, karena bagi kalian yang ingin menikmati fitur lengkap di dana seperti transfer antar rekening, kalian membutuhkan data KTP untuk upgrade Premium DANA. Dengan begitu kalian bisa menikmati semua fitur menarik di ewallet DANA tanpa adanya kendala.

Lalu bagaiman cara upgrade Dana ke premium? untuk caranya bisa kalian lanjut baca langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Upgrade DANA Premium

Seperti yang sudah saya katakan tadi, agar bisa transfer dana ke rekening bank atau sesama ewallet lain, kalian perlu melakukan upgrade DANA ke akun premium. Nah, disini kalian membutuhkan yang namanya kartu identitas KTP. KTP ini digunakan untuk upgrade akun dana kalian menjadi akun premium yang siap digunakan bertransaksi ke siapa saja.

Berikut ini langkah-langkah cara uprgade Dana premium dengan mudah:

1. Buka Aplikasi DANA

cara upgrade dana premium

2. Masuk ke menu Profil

Lalu masuk ke menu profil dengan cara menekan ikon “Saya” pada pojok kanan bawah.

cara upgrade dana premium

3. Verifikasi Akun Anda

Pilih Verifikasi Akun Anda pada halaman profil DANA kalian.

cara upgrade dana premium

4. Daftar Sekarang

Setelah itu kalian akan diarahkan ke halaman yang berisi kelebihan-kelebihan menggunakan DANA Premium. Pada bagian ini, langsung saja pilih “Daftar Sekarang”.

cara upgrade dana premium

5. Ambil Foto e-KTP

Siapkan KTP milik kalian untuk melakukan proses verifikasi. Arahkan kamera ke bagian KTP dengan jelas dan pastikan seluruh KTP masuk bingkai yang disediakan. Dan pastikan juga semua informasi yang ada di KTP dapat terbaca dengan jelas. Jika sudah, pilih “Lanjut”.

cara upgrade dana premium

6. Verifikasi Wajah

Langkah selanjutnya, ambil swafoto dan pastikan wajah kalian masuk ke bingkai oval pada layar hp. Agar proses verifikasi wajah saat pembuatan akun dana disetujui, pastikan mengambil foto di tempat yang memiliki pencahayaannya cukup.

7.  Masukkan Data KTP

Setelah itu masukkan NIK dan nama sesuai dengan KTP milik kalian. Cek kembali data diri kalian, dan pastikan sudah benar sesuai KTP milik kalian. Jika sudah benar, klik tombol “Kirim” untuk upgrade akun Dana Premium.

8. Selesai.

Sekarang kalian tinggal tunggu proses uploud sekaligus verifikasi dari tim DANA selsai.

Setelah berhasil melalukan verifikasi akun menjadi akun Dana Premium, kini kalian sudah bebas bertransaksi tanpa kendala antar rekening bank lain ataupun ke transfer sesama dana.

Cara Daftar DANA Bisnis

Bagi kalian pelaku usaha UMKM, kalian juga bisa memanfaatkan fitur DANA Bisnis pada aplikasi ewallet ini. Adapun cara daftar akun Dana bisnis bisa kalian simak dibawah ini.

cara daftar dana bisnis

  • Pertama masuk ke aplikasi DANA lalu masuk ke menu profil pada bagian menu “saya” dibawah pojok kanan.
  • Pada halaman profil Dana, pilih Daftar DANA Bisni Sekarang.
  • Lalu lengkapi profil bisnis seperti biodata toko, diantaranya nama toko, jenis toko, alamat dan informasi lain yang menyangkut toko atau usaha kalian.
  • Setelah itu isi alamat toko dengan lengkap.
  • Pada halaman panduan foto bisnis, klik uploud lalu pilih foto yang akan didaftarkan. Akan lebih bagus lagi jika produk usaha yang difoto ikut terlihat dalam hasil foto agar tidak terlihat fake. Selanjutnya klik Lanjutkan.
  • Lalu akan muncul pemberitahuan penambahan akun bank, silahkan klik OK lalu saya mengerti.
  • Langkah terakhir konfirmasi pendaftaran dan tunggu proses verifikasi. Lama proses verifikasi DANA Bisnis memakan waktu 2 hari kerja.

Sekarang kalian sudah bisa mendaftarkan akun DANA menjadi akun DANA Bisnis untuk menunjang UMKM atau usaha yang kalian kelola.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi DANA

Berikut ini keuntungan yang bisa kalian dapatkan ketika menggunakan dompet digital DANA yang dilansir dari laman dana.id sebagai berikut ini:

  • Dengan DANA kalian tidak perlu membawa uang tunai
  • Gratis biaya tarik saldo untuk 10 kali pertama. Jika kuota habis akan dikenakan biaya admin Rp4.500 per transaksi.
  • Dapat melakukan top-up saldo DANA dengan minimum top up Rp10.000.
  • Dapat melakukan pembayaran transaksi, seperti: Tagihan listrik, Tagihan Air, Tagihan Internet, Iuran BPJS, Pembelian Pulsa, Belanja onoien di Aplikasi Bukalapak dan Lazada.

Selain itu, bagi kalian pengguna akun DANA Bisnis juga akan mendapatkan keunggulan tambahan bagi kalian yang menggunakannya.

Kelebihan fitur Akun DANA Bisnis

1. Pembayaran Via Link

Salah satu fitur unggulan DANA bisnis ialah pembayaran via link sehingga memudahkan pihak penjual ataupun pembeli ketika melakukan transaksi di aplikasi DANA. Di sini, penjual hanya perlu mengirim link pembayaran, dan selanjutnya pembeli akan membayar via link tersebut.

2. Katalog Produk

Kelebihan selanjutnya yang bisa kalian nikmati dari Dana bisnis yakni katalog produk. Fitur katalog produk ini disematkan di bagian link pembayaran dan penjual bisa mengirimnya berkali-kali. Fitur ini berguna untuk pemasaran dan membuat pembeli jadi lebih praktis saat berbelanja.

3. Tarik Saldo DANA Bisnis

Pada fitur tarik saldo DANA Bisnis dibuat lebih simpel, namun untuk proses transaksi yang tidak memakai aplikasi DANA, biasanya membutuhkan waktu 2 hari.

4. Bayar via Virtual Account

Fitur ini sangat berguna bagi pembeli yang belum memiliki akun DANA, pembeli bisa membayar produk yang telah dibeli melalui virtual account.

5. Sales Dasboard

Pada fitur ini kalian bisa melihat daftar catatan pemasukan dan juga pengeluaran secara rapih sesuai periode transaksi. Dengan begitu kalian dapat dengan mudah untuk mengamati statistik bisnis yang sedang kalian jalankan.

Setelah kalian bisa membuat akun DANA baik itu Dana basic, premium ataupun bisnis, kini kalian sudah dapat untuk menikmati fitur transaksi non-tunai dari ewallet DANA dengan mudah dan aman.

FAQ

Apakah DANA itu aman?

DANA dalah dompet digital Indonesia resmi yang aman dan dapat digunakan untuk transaksi keungan dan pembayaran yang dapat diakses melalui HP kapan saja dan dimana saja. Selain itu, DANA juga diawasi langsung oleh BI atau Bank Indonesia yang sudah pastikan terjamin aman.

Aplikasi DANA untuk apa?

Aplikasi DANA merupakan dompet digital yang digunakna untuk berbagai transaksi keuangan, seperti transfer unag, beli makanan, isi pulsa, dan bayar tagihan.

Apakah buat akun DANA harus pakai KTP?

Kalian tetap bisa membuat akun dana tanpa KTP, namun jika ingin menikmati fitur yang ada di DANA seperti transfer antar bank. Maka kalian perlu upgrade akun DANA ke akun Premium dengan syarat memiliki KTP.

Apakah 1 KTP bisa buat 2 akun DANA?

Tidak bisa, sesuai dengan ketentuan dari pihak DANA, satu KTP hanya untuk 1 akun DANA saja. Begitu juga dengan nomor HP, satu nomor HP untuk satu akun DANA.

Kenapa Upgrade DANA Premium saya gagal?

Beberapa hal yang harus diperhatikan agar proses upgrade DANA Premium berhasil:

  • Pastikan e-KTP yang kalian gunakna untuk daftar akun premium dana belum pernah digunakan sama sekali untuk membuat akun DANA. Dengan kata lain satu KTP hanya berlaku untuk satu akun.
  • Saat swafoto KTP, tempatkan dengan pencahayaan yang cukup, selain itu semua informasi di KTP milik kalian harus terbaca dengan jelas di kamera. Jangan sampai ada bagian yang buram atau tidak terfoto.
  • Pastikan juga jaringan internet kalian stabil agar proses uploud berjalan dengan lancar.

Apakah uang yang ada di DANA bisa dicairkan?

Pada aplikasi DANA, kalian bisa mendapatkan fitur penarikan gratis atau tanpa biaya admin. Namun jiak fitur tersebut sudah habis kuotanya maka biaya admin akan dikenakan sebanyak Rp4.500 sekali transaksi. Minimal penarikan ang bisa dilakukan di dompet digital DANA adalah Rp10.000.

Apakah akun DANA harus punya rekening?

Sebagai dompet digital, DANA memberikan fitur-fitur yang memudahkan sebagai bentuk layanan terbaik kepada penggunanya. DANA juga bisa digunakan untuk bertransaksi seperti mengirim uang dan menerima uang bahkan tanpa butuh rekening.

Bagaimana cara top up saldo DANA?

Top up saldo dana bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya top dana lewat ovo atau juga dari rekening bank lain.

Penutup

Jadi ada beberapa cara daftar akun DANA yang bisa kalian lakukan, jika kalian daftar akun DANA Basic maka kalian tidak perlu membutuhkan KTP, namun jika ingin menikmati fitur premium di aplikasi DANA, maka kalian perlu melakukan upgrade pada akun DANA kalian ke DANA Premium dengan syarat KTP. Sedangkan untuk DANA Bisnis kalian membutuhkan lapak atau usaha yang sedang kalian jalankan.

Dengan menggunakan aplikasi DANA kalian bisa menikmati transaksi dengan nyaman praktis dan aman.

Demikianlah penjelasannya cara membuat akun DANA yang bisa saya bagikan kali ini. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah saya bagikan diatas, kalian dapat segera memiliki akun DANA dan menikmati berbagai kemudahan transaksi digital dengan cepat dan aman. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kalian semua. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa simak terus update artikel lainnya tentang dompet digital masa kini di blog ini.

Also Read

Bagikan:

Tags