Build Xiao Genshin Impact, Artefak dan Senjata Terbaik

Adi Riyanto

Xiao Genshin Impact – Siapa sih yang tidak mengenal sosok Yaksha pelindung region Liyue satu ini? Ya sebut saja Xiao, Xiao merupakan salah satu karakter playable yang bisa kalian dapatkan melalui event banner wish pada game Genshin Impact.

Meskipun Xiao dapat dikatakan karakter alama atau karakter tertua di Genshin Impact, baik secara perilisannya maupun lorenya, nyatanya Xiao masih menjadi karakter populer di Genshin Impact yang banyak diminati. Xiao pertama kali hadir di Genshin Impact pada versi 1.3 pada tahun 2021 lalu.

Xiao memiliki gaya bertarung yang agresif, gesit dan niamis yang membuat dirinya menjadi karakter main DPS untuk element yang dibawakannya. Sehingga dengan gaya bertarungnya yang sangat unik itulah dapat menarik perhatian para pemain Genshin Impact untuk mendapatkannya di waktu banner wish nya datang.

Nah, bagi kalian yang sudah mendapatkan karakter ini, mungkin perlu melakukan build karakter yang benar, agar damage yang dihasilkan bagus. Terlebih karena karakter ini terbilan karakter lama, jadi perlu diperhatikan juga untuk masalah build terbaru Xiao Genshin Impact.

Build Xiao Genshin Impact

Build Xiao Genshin Impact

Xiao adalah salah satu karakter Genshin Impact dengan element Anemo bintang 5 dengan polearm sebagai senjatanya. Ia merupakan karakter main DPS Anemo, atau bisa dibilang lebih tepatnya sustained main DPS. Istilah tersebut digunakan untuk menyebut cara bermain sebuah karakter, yang membutuhkan waktu yang lama di arena pertempuran. Karakter lain yang tergolong sustained main DPS seperti Eula, Arataki Itto dan lain sebagainya.

Selain itu, Xiao juga merupakan karakter hypercarry, yang berarti ia memerlukan investasi yang lebih untuk menunjang damage yang dihasilkan xiao. Sebagai karakter hypercarry, untungnya Xiao tidak membutuhkan karakter yang spesifik di dalam partynya.

Xiao merupakan karakter dengan damage tertinggi yang dihasilkan dari Plunge Attack. Di dalam Genshin Impact, Plunge Attack mempunyai penghitungan damage yang sedikit unik, yakni tergantung dari tingginya karakter tersebut melakukan serangan mid-air, atau saat melompat tinggi. Hal ini tertera pada talenta masing-masing pada karakter, dengan istilah low/high Plunge. Plunge Attack juga akan memberikan tambahan serangan, apabila sebuah serangan Plunge Attack tepat mengenai kepala musuh.

Meskipun sebagai main DPS Anemo hypercarry yang memiliki damage tinggi, ternyata Xiao juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya ialah energy cost yang tinggi. Maka dari itu, dia membutuhkan satu karakter Anemo battery untuk menyelesaikan masalah tersebut, agar Elemental Burst miliknya cepat terisi. Karena kita sudah tauh, bahwa damage dari serangan Plunge Attack Xiao harus mengaktifkan elemental Burst nya.

Hal yang perlu kalian perhatikan juga saat memainkan Xiao sebagai main DPS kalian yakni pada saat Elemental Burst Xiao aktif, ia akan kehilangan HP setiap detiknya. Akan tetapi, pengurangan dari HP dari elemental Burst nya tidak sampai membunuh Xiao. Maka dari itu, agar tidak lupa membawa healer dalam satu party untuk Xiao.

Selain itu, Xiao juga membutuhkan Shield atau karakter yang bisa memberikannya sebuah perisai. Plunge Attack Xiao cukup rentan terhadap serangan dari musuh pada saat ia melompat. Tapi, kondisi tersebut hanya terjadi pada melawan musuh tertentu, sehingga shielder buka merupkan hal yang wajib pada tim Xiao.

Prioritas talenta: Normal Attack > Eelemental Burst > Elemental Skill

Senjata Terbaik Xiao Genshin Impact

senjata terbaik xiao genshin impact

  1. Primordial Jade Winged-Spear – Saat mengenai musuh, meningkatkan 3,2% ATK selama 6 detik. Maks. 7 lapis. Dapat terpicu setiap 0,3 detik. Saat tumpukan penuh, meningkatkan 12% DMG.
  2. Staff of Homa – Meningkatkan 20% Max HP, dan memberikan Bonus ATK sebesar 0,8% dari Max HP pengguna. Saat HP pengguna kurang dari 50%, maka pengguna akan mendapatkan Bonus ATK tambahan sebesar 1% dari Max HP.
  3. Calamity Queller – Mendapatkan 12% Elemental DMG Bonus untuk semua elemen. Setelah melancarkan Elemental Skill, akan mendapatkan efek Consummation yang berlangsung selama 20 detik. Efek ini akan meningkatkan 3,2% ATK setiap detik dan dapat ditumpuk hingga 6 kali. Saat Karakter yang mengenakan Senjata ini berada dalam party tapi tidak di medan pertempuran, maka peningkatan ATK Consummation akan menjadi dua kali lipat.
  4. Skyward Spine – Meningkatkan 8% CRIT Rate dan 12% Normal ATK SPD. Selain itu, saat mengenai musuh, Normal dan Charged Attack memiliki 50% persentase untuk memicu pisau hampa yang mengakibatkan DMG di area kecil sebesar 40% ATK. Efek ini dapat terpicu setiap 2 detik.
  5. Vortex Vanquisher – Meningkatkan kekuatan perisai sebesar 20%. Serangan yang mengenai musuh meningkatkan ATK sebesar 4% selama 8 detik. Maksimal 5 lapis. Dapat terpicu setiap 0,3 detik. Saat dilindungi oleh perisai, efek ATK ini meningkat sebesar 100%
  6. Deathmatch – Meningkatkan 16% ATK dan DEF ketika terdapat 2 musuh atau lebih di sekitar Karakter; Jika jumlah musuh di sekitar Karakter kurang dari 2, meningkatkan 24% ATK.

Senjata F2P Terbaik Xiao Genshin Impact

senjata terbaik xiao genshin impact

  1. Blackcliff Pole – Setelah mengalahkan musuh, meningkatkan 12% ATK selama 30 detik. Maksimum 3 lapis, dan durasi setiap lapis tidak terpengaruh satu sama lain.
  2. Lithic Spear – Untuk setiap karakter dalam party yang berasal dari Liyue, karakter yang menggunakan senjata ini mendapatkan peningkatan 7% ATK dan 3% CRIT Rate. Efek ini dapat ditumpuk hingga 4 lapi
  3. Favonius Lance – Serangan CRIT memiliki 60% persentase untuk memunculkan sejumlah kecil Elemental Particle yang bisa memulihkan energy karakter sebanyak 6 pt. Dapat terpicu setiap 12 detik.
  4. White Tassel – Meningkatkan DMG Normal Attack sebesar 24%.

Artefak Terbaik Xiao Genshin Impact

artefak terbaik xiao genshin impact

4 Set Vermillion Hereafter

  • 2-Piece: ATK +18%.
  • 4-Piece: Setelah melancarkan Elemental Burst, Karakter tersebut akan mendapatkan efek Nascent Light yang akan meningkatkan 8% ATK-nya selama 16 detik. Saat HP Karakter tersebut berkurang, akan meningkatkan lagi 10% ATK-nya. Peningkatan yang bisa didapat dengan cara ini maksimum 4 kali. Efek dapat terpicu setiap 0,8 detik. Nascent Light akan hilang saat Karakter meninggalkan medan pertempuran. Jika Elemental Burst dilancarkan lagi saat durasi efeknya masih ada, maka efek Nascent Light awal akan hilang.

2 Set Viridescent Venerer & 2 Set Gladiator’s Finale

  • 2-Piece: Anemo DMG Bonus +15%.
  • 2-Piece: ATK +18%.

Komposisi Tim Terbaik Xiao Genshin Impact

Dibawah ini juga saya bagikan komposisi tim Xiao yang bisa kalian gunakan di Genshin Impact.

party terbaik xiao genshin impact

Tim Anemo dan Geo, tim ini cukup populer di kalangan main DPS Xiao, pasalnya Xiao akan dimanjakan dengan komposisi tim seperti ini, mulai dari Elemental Resonance, healing, shielding, dan juga tambahan damage off field dari Albedo. Namun tim ini memiliki kelemahan, yaitu membutuhkan karakter bintang 5 yang banyak, dan dua diantaranya adalah karakter limited.

party terbaik xiao genshin impact

Tim Anemo dan Pyro, tim ini cukup ramah F2P banget, karena tiga diantaranya merupakan karakter bintang 4 yang mungkin sudah banyak didapatkan oleh para pemain Genshin Impact. Tim ini mengambil Xiao sebagai main DPS nya, Sucrose sebagai energy battery untuk Xiao, Bennet sebagai healing dan buffer dan Xiangling sebagai sub DPS serta Pyro Resonance untuk menambah ATK tambahan.

Demikianlah informasi mengenai build karakter Xiao Genshin Impact, semoga bisa membantu dan bisa dijadikan referensi bagi kalian yang sedang mencari build terbaik Xiao Genshin Impact. Jangan lupa untuk share juga keteman-teman kalian semua. Terimakasih.

Also Read

Bagikan:

Tags