Anti Boros, Ini Dia 9 Aplikasi Perencanaan Keuangan Masa Kini

Adi Riyanto

Aplikasi Perencanaan Keuangan – Belakangan banyak orang yang menanyakan rekomendasi aplikasi perencanaan keuangan masa kini. Tidak bisa dipungkiri, cukup sulit mengelola keuangan hanya dengan mengandalkan catatan atau ingatan saja.

Sebuah aplikasi terkadang diperlukan untuk memfasilitasi latihan dan melihat hasil dengan cepat. Pilihan lain adalah dengan menggunakan software perencanaan keuangan. Program ini dapat diinstal pada smartphone pribadi, memungkinkan kita untuk membawanya kemanapun kita pergi.

Aplikasi Perencanaan Keuangan Masa Kini

9 Rekomendasi Aplikasi Perencanaan Keuangan Terbaik

Berikut ini adalah 5 aplikasi perencana keuangan teratas yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Money Lover

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi perencanaan keuangan, Anda bisa melakukannya dengan Money Lover.

Praktis dan mudah digunakan, tentunya akan memudahkan kita dalam memantau keuangan di setiap bulannya. Ada pembagian antara pendapatan dan pengeluaran, yang menjaga keuangan tetap terkendali selama sebulan penuh.

Semua pengeluaran bulanan akan dicatat dalam aplikasi sehingga Anda dapat membandingkannya untuk menentukan situasi keuangan yang sebenarnya. Lebih dari 4,1 juta pengguna telah menggunakan program ini. Pengguna bisa mengunduhnya langsung dari App Store dan Play Store.

2. Money Manager

Money Manager dan aplikasi perencanaan keuangan lainnya yang tidak boleh diabaikan. Program ini hadir dengan logo yang menarik, yaitu celengan, seolah selalu mengingatkan kita untuk mengelola keuangan.

Sejak diperkenalkan pada tahun 2013, lebih dari 1,7 juta orang telah menggunakan aplikasi ini. Data pendapatan dan pengeluaran akan disajikan dalam bentuk grafik sehingga memudahkan kita untuk menentukan persentasenya.

3. Spendee Budget & Money Tracker

Aplikasi dengan logo diagram ini sama bagusnya dengan yang lain. Selain untuk menyimpan dan mengontrol pendapatan dan pengeluaran, aplikasi perencanaan keuangan ini dapat ditautkan ke setiap rekening bank. Dari segi keamanan sudah terjamin keamanannya karena pengembang aplikasi sudah memasang sistem keamanan yang mumpuni.

Kita bisa menggunakan aplikasi untuk menghitung anggaran pengeluaran selama satu bulan. Jadi, uang dikelola dengan sangat baik. Lebih dari 1,7 juta orang di seluruh dunia telah mengunduh aplikasi ini.

4. Bluecoins

Aplikasi perencanaan keuangan Bluecoins telah menarik perhatian lebih dari 500 ribu pengguna Android sejak dirilis pada tahun 2016. Hal ini dapat dimaklumi mengingat aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk mengelola dana mereka berdasarkan kebutuhan yang spesifik. Bisa karena alasan pribadi, bisnis, atau keluarga.

Perlu juga dicatat bahwa riwayat keuangan dapat disimpan dalam format PDF. Kita dapat melihat dan mengunduhnya sebagai pengingat bulanan mengenai situasi keuangan yang ada. Adanya aplikasi ini tentunya dapat meningkatkan kontrol keuangan bukan?

5. Monefy

Monefy adalah aplikasi perencanaan keuangan berikutnya, yang memiliki logo dompet dengan latar belakang hijau. Pengguna aplikasi akan dimanjakan dengan kemampuan kustomisasi yang memungkinkan kita menyesuaikan kebutuhan kapanpun kita mau.

Fungsi ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mencatat dan mengatur pengeluaran pada saat yang sama, bahkan ketika dibagi menjadi beberapa kelompok. Dan kita bisa melihat persentase masuk dan keluarnya uang secara gamblang dan detail setiap bulannya.

6. DompetKu

DompetKu bisa menjadi aplikasi perencanaan keuangan yang ideal. Ini karena salah satu keunggulan program ini adalah adanya fungsi multiple account yang memungkinkan pengguna mengelola keuangan dari berbagai sumber pendapatan, seperti bank dan e-wallet, tanpa harus menggunakan dua aplikasi pada perangkat yang sama.

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah tidak mengandung iklan apapun. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya dengan lebih leluasa dan tidak mudah teralihkan saat mencatat transaksi terbaru.

Jangan khawatir mengenai kehilangan data karena semua data yang direkam dapat disimpan di Google Drive, membuatnya lebih aman dan mudah digunakan di berbagai perangkat.

7. Sribuu: Budget & Money Management

Sribuu adalah alat pemantau pengeluaran yang bisa  digunakan untuk memantau pemasukan dan pengeluaran Anda. Selain laporan keuangan bulanan, pengguna juga bisa menerima hasil analisis dari laporan keuangan sebelumnya.

Tentunya, dapat menangani kas di bulan berikutnya sehingga lebih efisien dan lebih baik lagi. Jika Anda suka berbelanja online atau memiliki lebih dari satu rekening bank, Anda dapat menautkan aplikasi ini ke rekening bank atau dompet digital yang ada.

Anda tidak perlu mengkhawatirkan keamanan karena aplikasi yang satu ini menjamin keamanan data para penggunanya. Salah satunya adalah dukungan fitur passcode yang memastikan tidak ada orang lain yang dapat menggunakan aplikasi ini tanpa seizin penggunanya.

Di sisi lain, Sribuu dapat memberikan kemudahan dalam pengelolaan keuangan melalui fungsi konseling dalam aplikasi dengan penasihat keuangan.

8. Catatan Keuangan Harian

Sementara sebagian besar aplikasi perencanaan keuangan menawarkan berbagai fungsi menarik dan gaya visual yang unik, Catatan Keuangan Harian memiliki desain dasar dengan fitur yang sama pentingnya.

Aplikasi ini sangat ideal untuk Anda yang menginginkan tampilan sederhana dan bersih. Laporan bulanan aplikasi ini cukup diunduh dalam format file pdf, txt, dan xls.

9. Spendee: Budget and Expense

Aplikasi Spendee memudahkan untuk melacak pengeluaraan penggunanya. Dalam aplikasi ini, Anda akan diajak menyaksikan langsung bagaimana kebiasaan belanja Anda.

Untuk mengurangi transaksi keuangan yang tidak tercatat, aplikasi ini dapat digabungkan dengan bank atau dompet digital. Spendee juga dapat menyertakan berbagai mata uang, memungkinkan pengguna untuk mencatat berbagai pengeluaran selama bepergian ke luar negeri.

Aplikasi Perencanaan Keuangan Masa Kini

Penutup

Semoga dengan tersedianya aplikasi perencanaankeuangan seperti yang telah disebutkan di atas, dapat memotivasi kita untuk mengelola dana dengan lebih baik. Dan jangan lupa gunakan secara maksimal agar keuangan kita membaik dari tahun ke tahun.

Also Read

Bagikan:

Tags