9 Cara Transfer DANA ke Bank Lain Mudah dan Cepat

Adi Riyanto

Cara Transfer Dana ke Bank Lain – Kegiatan saling mengirim saldo atau uang kini sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang, tak terkecuali dengan saya sendiri. Media transfer nya pun semakin beragam, bisa melalui teller, mesin atm sampai mobile banking. Bahkan di era digital sekarang ini kita juga bisa mengirim saldo dari dompet digital dengan cara transfer DANA ke Bank. Kita tahu juga bahwa DANA adalah aplikasi dompet digital yang cukup populer di Indonesia.

Makanya, banyak orang yang mencari informasi cara kirim saldo DANA ke Rekening Bank dengan mudah dan praktis. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, dengan menggunakan dompet digital seperti DANA ini dapat menjadi alternatif untuk bisa menghemat biaya admin saat melakukan transfer saldo Dana ke bank. Bahkan juga bisa gratis biaya admin saat transfer DANA ke Rekening juga loh! Jika kalian penasaran, kalian bisa simak langsung untuk informasi cara transfer dana ke bank dibawah ini.

cara transfer dana ke bank lain

Apa itu DANA?

Sebelum kita lanjut kembahasan utamanya, bagi kalian yang belum tahu apa itu aplikasi DANA, aplikasi DANA  adalah aplikasi dompet digital yang banyak memiliki fitur menarik didalamnya. Sealin bisa kita gunakan untuk transfer saldo, di aplikasi ini juga bisa untuk membayar tagihan seperti tagihan listri, tagihan pulsa dan lain sebagainya.

Pada aplikasi DANA juga memiliki fitur Kirim Uang seperti yang saya sebutkan tadi untuk transfer saldo, dimana DANA memberikan gratis transfer saldo antar bank, dengan ketentuan yang belaku. Kalian bisa mendapatkan fasilitas gratis transfer antar bank sebanyak 10 kali dengan nominal transfer diatas Rp50.000. setelah itu kalian akan dikenakan biaya admin yang cukup murah yakni Rp2.500 per transaksi.

Syarat Transfer Saldo DANA ke Rekening Bank Lain

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu kalian penuhi sebelum melakukan transfer saldo pada aplikasi DANA ke Rekening Bank lain, adapun syarat dan ketentuannya sebagai berikut ini:

1. Akun DANA Premium

Hal yang paling wajib kalian penuhi adalah akun DANA kalian harus sudah di upgrade ke akun DANA Premium. Jika belum, maka kalian tidak bisa melakukan transfer antar bank.

Untuk cara upgrade akun DANA Premium bisa kalian simak dibawah ini:

  1. Buka aplikasi DANA
  2. Klik verifikasi akun anda
  3. Klik tombol Unlock Now
  4. Lalu uploud foto KTP dengan jelas,
  5. Verifikasi wajah dengan benar.
  6. Masukkan nomor kartu keluarga atau KK
  7. Klik Submit
  8. Proses verifikasi DANA Premium berlangsung.

Setelah akun dana kalian sudah disetujui menjadi akun DANA Premium, kini kalian sudah bisa melakukan transfer saldo DANA antar bank. Jika masih belum paham, kalian bisa simak langkah-langkah mudah Upgrade Akun DANA Premium disini.

2. Minimal Transfer

Hal yang perlu kalian ketahui selanjutnya sebelum transfer dana ke rekening bank ialah minimal transfer, Minimal transfer dari aplikasi DANA ke Rekening bank ialah Rp10.000, dan maksimal transfer Rp10.000.000.

3. Biaya admin Transfer DANA ke Rekening Bank

Untuk biaya admin transfer DANA antar bank ialah Rp2.500 per transaksi, namun jika kalian melakukan transfer diatas Rp50.000, kalian akan mendapatkan gratis biaya admin untuk 10 kali pertama setiap bulannya. Setelah kuouta gratis biaya admin habis, kalian akan dikenakan biaya Rp2.500 per transaksi.

Cara Transfer DANA ke Rekening Bank BRI, BCA, Mandiri, BNI dan Lainnya

Nah, setelah kalian sudah tahu apa saja syarat ketentuan untuk bisa melakukan transfer uang dari aplikasi DANA ke Rekening bank, kini saatnya untuk kalian melihat cara transfer dana ke bank dibawah ini.

1. Buka Aplikasi DANA

Langkah pertama buka terlebih dahulu aplikasi DANA di hp kalian, jangan lupa untuk login juga.

2. Pilih Kirim

Lalu pada halaman utama DANA kalian pilih menu Kirim.

cara transfer dana ke bank lain

3. Pilih Kirim Ke Rekening Bank

Setelah itu pilih menu Kirim ke Rekening Bank.

kirim saldo dana ke bank lain

4. Tambah Rekening Bank Baru

Jika kalian belum menyimpan daftar rekening tujuan, kalian pilih saja Tambah Rekening Bank Baru.

kirim saldo dana ke bank lain

5. Pilih Bank Tujuan

Setelah itu kalian masukkan nama Bank tujuan yang ingin di kirim saldo DANA. Misalnya seperti bank Mandiri, BRI, BCA, atau bank lainnya yang ada di daftar tersebut. Disini saya akan mengirim saldo dana ke rekening BRI, jadi pilih bank BRI.

cara kirim uang dari dana ke bank lain

6. Masukkan Nomor Rekening Bank Tujuan

Jika sudah memilih nama Bank tujuan, setelah itu masukkan nomor Rekening yang dituju. Lalu klik Lanjut.

cara kirim uang dari dana ke bank lain

7. Masukkan Nominal Transfer

Langkah berikutnya masukkan jumlah transfer saldo DANA yang ingin dikirim. Minimal Transfer Rp10.000.

cara kirim uang dari dana ke bank lain

8. Konfirmasi

Pada halaman konfirmasi, cek kembali apakah bank tujuan sudah benar atau belum. Jika dirasa sudah benar, silahkan pilih Bayar.

cara kirim uang dari dana ke bank lain

9. Masukkan PIN DANA

Langkah terakhir masukkan 6 digit PIN DANA kalian untuk menyelesaikan proses transaksinya.

kirim uang dari dana ke bank lain

10. Selesai.

Sekarang kalian sudah berhasil melakukan transfer saldo DANA ke Rekening bank dengan mudah dan cepat. Saldo yang ada di aplikasi DANA akan terpotong langsung dan masuk ke rekening bank tujuan pada saat itu juga.

kirim saldo dari e-wallet dana ke bank

Nah, gimana? mudah banget bukan cara kirim saldo dana ke rekening bank lain? dengan cara diatas, kalian tidak perlu bingung-bingung lagi untuk mengirim uang dari dompet digital dana ke rekening bank.

Biaya Transfer DANA ke Bank

Berbicara soal biaya transfer dana ke rekening bank mungkin menjadi pertanyaan yang cukup banyak ditanyakan. Untuk biaya transfer antar bank pada umumnya yakni Rp6.500 per transaksi. Namun, pada aplikasi dompet digital DANA, kalian bisa menikmati biaya admin yang cukup ringan di 2023 yakni Rp2.500 per transaksi.

Bahkan kalian juga bisa mendapatkan gratis biaya admin untuk transfer antar bank loh! Namun dengan ketentuan yang berlaku, misalnya kalian akan mendapatkan 10 kali gratis biaya admin untuk transfer dengan nominal diatas Rp50.000 per transaksi. Kuota gratis biaya admin 10 kali ini bisa kalian dapatkan setiap bulannya. Nah, jika kuota habis maka akan dikenakan biaya admin sebebar Rp2.500 per transaksi.

Cara Transfer DANA Virtual Account BCA, BRI, Mandiri dan Bank Lainnya

Selain kalian bisa mengirim saldo dana ke rekening bank lain dengan metode nomor rekening, kalian juga bisa transfer DANA menggunkana kode virtual account bank BCA, Mandiri, BRI atau bank lainnya.

Buat kalian yang masih belum tahu apa itu kode Virtual Account Bank? Kode virtual account bank adalah metode pembayaran digital melalui akun virtual yang dibuat khusus untuk masing-masing pelanggan.

Metode kirim saldo dana dengan kode virtual account pada umumnya sama saja. Kita hanya perlu mendapatkan kode virtual account bank yang dituju untuk mengirim saldonya. Berikut ini cara transfer DANA ke Virtual Account bank lain yang bisa kalian simak dibawah ini:

  1. Langkah pertama buka aplikasi DANA di hp kalian
  2. Masuk ke menu Kirim dan pilih Kirim ke Rekening Bank
  3. Pilih Tambah Rekening Bank Baru untuk melanjutkan.
  4. Pilih nama bank yang dituju, setelah itu masukkan nomor virtual account bank.
  5. Masukkan jumlah saldo yang ingin kalian kirim.
  6. Setelah itu, konfirmasi transaksi.
  7. Dan langkah terakhir masukkan pin dana kalian untuk menyelesaikan transaksinya.

Kurang lebih seperti itulah, cara transfer dana ke virtual akun bank yang bisa kalian coba.

Solusi Jika Salah Transfer Saldo DANA

Apabila kalian telah melakukan salah transfer dari akun DANA ke nomor rekening bank lain, kalian bisa langsung saja untuk cek status transaksi. Jika status gagal, maka kalian tidak perlu khawatir karena jumlah saldo di akun DANA kalian tidka akan terpotong. Jika status transfer berhasil namun salah memasukkan nomor rekening itu akan berbeda cerita.

Jika status transfer berhasil ke nomor rekening yang salah tadi, maka itu tanggung jawab kalian sehingga tidak bisa dibatalkan atau dikembalikan. Hal tersebut sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang dibuat oleh pihak DANA.

Apabila kalian ingin mencoba menghubungi pihak penerima transfer untuk meminta pengembalian uang maka bisa mengirim keluhan melalui email help@dana.id atau menghubungi Customer Care DANA untuk mendapatkan bantuan selanjutnya.

Pada kasus ini pihak DANA hanya berperan sebagai mediator untuk menghubungkan kalian dengan penerima uang. Maka dari itu, sebelum melakukan transaksi selalu pastikan terlebih dahulu apakah nomor rekening bank yang dituju sudah benar atau belum. Sebab DANA Indonesia tidak menjamin jumlah saldo yang kembali.

Alasan DANA Tidak Bisa Dikembalikan

Untuk proses transfer DANA atau kirim saldo DANA yang sudah berstatus sukses maka tidak bisa dikembalikan atau di refund. Hal ini sudah menjadi tanggung jawab penuh bagi para pengguna. Berikut beberapa alasannya yang bisa kalian ketahui:

1. Terdapat Verifikasi Transaksi Akun

Pada saat melalukan transaksi kirim saldo DANA ke akun pemilik rekening bank lain, sudah dilengkapi dengan beberapa metode verifikasi akun, yang diantaranya ialah:

  • PIN (Personal Identification Number)

Pada saat melakukan transaksi untuk langkah terkahir ialah memasukkan PIN DANA. PIN DANA ini terdiri dari 6 digit angka unik yang muncul di halaman terakhir ketika melakuakna transaksi transfer saldo dana. Pada umumnya, pemilik akun DANA memiliki PIN masing-masing untuk keamanan akun.

  • OTP (One TimePassword)

Bukan hanya PIN saja, setiap akun dompet digital pasti memiliki kode OTP untuk keamanan juga. DANA juga memberikan kode OTP yang muncul jika pengguna melakukan transfer ke rekening bank. Kode OTP DANA biasanya terdiri dari 4 digit angka unik yang dikirim melalui SMS pada nomor HP pengguna yang terdaftar sebagai akun DANA.

2. Nama Pemilik Rekening Bank

Nama pemilik rekening bank akan muncul ketika memasukkan nomor HP saat melakukan transfer DANA. Karena itu, pengguna seharusnya melakukan pengecekan atas nama pemilik rekening sebelum melakukan transfer saldo dana.

3. Konfirmasi Transfer

Sebelum melakukan transfer saldo, kalian juga wajib mengonfirmasi di halaman detail transaksi yang muncul. Detail transaksi ini berisi:

  • Nama pemilik nomor rekening atau pengguna DANA.
  • Nomor rekening atau akun DANA.
  • Jumlah saldo yang akan ditransfer.

Itulah 3 alasan jika kenapa saldo dana kalian tidak bisa dikembalikan. Jadi, sebelum menyelesaikan transaksi, alangkah baiknya untuk selalu cek dengan teliti seperti nama dan nomor rekening tujua, agar salah kirim saldo dana tidak terjadi pada kalian.

FAQ

Sebelum menutup artikel ini, dibawah ini juga akan saya bagikan beberapa pertanyaa umum tentang cara transfer dana ke rekening bank.

Transfer dari DANA ke Bank kena biaya berapa?

Besaran biaya admin DANA saat melakukan transfer ke rekening bank ialah Rp2.500 per transaksi. Namun, bagi kalian yang melakukan transfer saldo dana diatas nominal Rp50.000, akan mendapatkan gratis biaya admin untuk 10 kali transfer dalam satu bulan. Jika kuota tersebut habis, akan dikenakan biaya Rp2.500 per transaksi.

Berapa minimal transfer saldo DANA ke Bank?

Minimal transfer dari akun dana ke rekening bank ialah Rp10.000.

Berapa maksimal transfer DANA ke Rekening Bank?

Untuk maskimal pengiriman saldo DANA ke bank ialah Rp10.000.000.

Apa bedanya Virtual Account dengan Transfer?

Virtual account berbeda dari transfer bank karena pembayaran yang dibuat untuk virtual account lebih cepat, lebihmudah diakses dan diidentifikasi. Konsumen hanya perlu menyediakan bukti ransfer setelah melakukan transfer bank karena bank menyediakan informasi yang terbatas mengenai sumber dana.

Penutup

Mengirim saldo ke rekening bank lain cukup mudah, kalian tidak perlu bingung-bingung jika ingin transfer dana ke rekening bank. Karena di daftar rekening tujuan sudah tersedia nama-nama bank yang ingin dituju seperti transfer dana ke bank bca, bri, mandiri atau bank lainnya. Setelah itu barulah kirim jumlah saldo yang kalian inginkan.

Demikianlah artikel tentang cara kirim dana ke rekening bank yang bisa saya bagikan untuk kalian kali ini. Semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat dan bisa membantu kalian jika ingin melakukan kirim uang dari dana ke bank.

Also Read

Bagikan:

Tags