8 Ide Usaha Setelah Pensiun, Tetap Produktif dan Menghasilkan!

Adi Riyanto

Belakangan banyak orang yang menanyakan ide usaha setelah pensiun agar tetap produktif dan menghasilkan. Namun ada juga beberapa orang yang menggunakan masa pensiun mereka untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Terlepas dari hal itu, tetap produktif setelah pensiun adalah pilihan yang sangat umum. Masalah keuangan, keinginan untuk terus produktif, atau kesepian adalah alasan umum mengapa orang yang sudah pensiun ingin kembali bekerja.

Ada banyak keuntungan untuk memulai bisnis setelah pensiun. Dengan menciptakan lapangan kerja tersebut, Anda bisa membuat diri sendiri tetap produktif, menghasilkan uang, dan membantu mengurangi angka pengangguran.

Ide usaha setelah pensiun

8 Ide Usaha Setelah Pensiun

Jika Anda memutuskan untuk memulai bisnis setelah pensiun, berikut adalah beberapa referensi agar tetap produktif dan dapat menjalani kehidupan yang lebih baik. Diantaranya adalah:

1. Usaha Fotokopi

Ide usaha setelah pensiun pertama yang bisa Anda mulai adalah membangun usaha fotocopy. Meski teknologi sudah maju, bisnis fotokopi tetap menjadi prospek bisnis yang menggiurkan. Anda dapat mempekerjakan orang atau menjalankan bisnis fotokopi tersebut sendiri.

Anak sekolah, pelajar, dan karyawan kantor semuanya tertarik dengan perusahaan fotokopi. Pilih tempat yang memiliki sekolah, kampus, atau kantor. Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini berkisar Rp 40.000.000,- sudah termasuk peralatan fotokopi yang dijual Rp 16 juta per unit.

2. Bisnis Franchise

Bentuk usaha kedua yang bisa Anda dirikan setelah pensiun adalah bisnis franchise atau waralaba. Anda bisa memilih bisnis waralaba kuliner, laundry, pasar kecil, atau lainnya. Waralaba minimarket dan kuliner merupakan jenis usaha waralaba yang paling banyak didirikan oleh para pensiunan.

Anda bisa memilih merek waralaba yang tidak terlalu besar untuk jenis waralaba minimarket. Sebaiknya cari waralaba yang dilengkapi dengan produk grosir, rak penyimpanan, freezer, sistem manajemen inventaris, dan sebagainya dengan modal kurang lebih Rp 25 juta.

Sedangkan untuk bisnis waralaba makanan dan minuman, Anda bisa memilih makanan dan minuman yang populer seperti telur gulung, tahu kriuk, minuman boba, dan lain-lain. Anda bisa memulai bisnis waralaba ini dengan modal kecil yaitu sekitar Rp 8 juta.

3. Warung Sembako

Membuka toko sembako atau kelontong juga merupakan ide usaha setelah pensiun. Usaha toko sembako juga dapat dijalankan dari rumah, sehingga Anda tetap dapat beraktivitas sehari-hari sembari mengelola toko tersebut.

Di kios sembako, Anda bisa menjual kebutuhan sehari-hari yang diinginkan pembeli seperti beras, minyak goreng, telur, makanan ringan, bahan makanan, dan lainnya. Bisnis ini tidak membutuhkan investasi yang besar.

Anda bisa menjalankan warung sembako sederhana dengan modal Rp 5 juta. Tentu dengan perencanaan yang matang, warung sembako dengan modal 5 juta sangat mungkin terwujud untuk menemani masa pensiun dengan produktif.

4. Bisnis Kos atau Kontrakan

Menjalankan usaha kos atau persewaan mungkin sangat menguntungkan, terutama bagi para pensiunan. Apalagi jika kos dan kontrakan Anda berada di kawasan padat penduduk dengan mahasiswa dan karyawan perkantoran.

Ide usaha setelah pensiun ini merupakan salah satu badan usaha yang menghasilkan pendapatan pasif. Karena Anda akan mendapatkan keuntungan dari aset tidak bergerak juga tidak memerlukan mobilitas yang signifikan.

Menjalankan bisnis kos-kosan atau kontrakan memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Mengingat harga jual properti yang semakin tinggi dari tahun ke tahun. Karenanya, Anda dapat melengkapi kebutuhan ini dengan dana dari tabungan atau rekening pensiun.

Baca juga: 7 Pinjaman Modal Kecil Untuk Usaha

5. Bisnis Online

Jika Anda tidak mau repot membuka usaha baru namun masih ingin mengelola bisnis setelah pensiun, memulai usahaonline adalah pilihan yang bagus. Jika Anda suka memasak, tidak ada salahnya untuk memulai bisnis katering sehat atau toko kue online.

Kabar baiknya, industri pastry akan dibanjiri pesanan, terutama menjelang hari raya besar seperti Idul Fitri dan Natal.

6. Usaha Rental Kendaraan

Ide usaha setelah pensiun berikutnya adalah memulai perusahaan persewaan kendaraan atau sepeda motor. Untuk memulai bisnis ini, Anda tidak memerlukan kendaraan fisik dalam jumlah yang banyak.

Karena Anda dapat berfungsi sebagai perantara bagi pemilik mobil dan menentukan apakah kendaraannya dapat disewakan atau tidak. Jika berada di lokasi wisata, seperti Bali atau Jakarta, bisnis rental seperti ini pasti akan mendapatkan lebih banyak konsumen.

Namun tidak perlu khawatir, Anda dapat meningkatkan aktivitas periklanan agar bisnis rental kendaraan tersebut menarik banyak konsumen.

7. Usaha Café

Anda dapat menikmati waktu luang pensiun sambil mengelola bisnis kafe. Ide usaha setelah pensiun ini pastinya menjadi alternatif yang menarik. Anda bisa memilih apakah ingin mendirikan kafe kecil atau besar.

Lalu akan menyasar pelajar atau masyarakat umum sebagai target pasar Anda. Ini akan menentukan di mana kafe tersebut berada

Membuka kafe sederhana pastinya sah-sah saja, dan kafe tersebut tidak selalu sepi pelanggan. Ini ditentukan oleh rencana bisnis kafe yang mencakup menu, harga makanan dan minuman, lokasi, serta dekorasi kafe tersebut.

8. Usaha Laundry

Ide usaha setelah pensiun selanjutnya adalah usaha laundry, baik laundry pakaian maupun sepatu. Karena jasa cuci skala kecil tidak mempekerjakan banyak orang, ini adalah bisnis yang ideal untuk Anda jalankan setelah pensiun.

Anda juga bisa mengaturnya sendiri, mulai dari mencuci pakaian kotor di mesin cuci dan menyetrika sampai mengatur keuangannya. Layanan laundry juga cocok untuk lokasi yang padat dengan mahasiswa dan pekerja kantoran. Modal awal usaha laundry ini adalah Rp 9 juta, sudah termasuk mesin cuci dan pewangi laundry.

Penutup

Nah, itulah beberapa ide usaha setelah pensiun agar tetap produktif dan menghasilkan. Terlepas dari hal itu, pilihlah usaha yang membuatmu nyaman dan sesuai dengan minat. Selamat mencoba!

Also Read

Bagikan:

Tags