7 Rekomendasi Laptop dan Tablet 2 in 1 Terbaik dan Tips Memilihnya sebelum Dibeli

Adi Riyanto

masadi.id – Ada berbagai jenis dan tipe laptop dipasaran untuk saat ini. Salah satunya laptop 2 in 1, laptop ini biasanya memiliki dua fungsi dalam penggunaannya. Laptop dan Tablet atau laptop 2 in 1 ini sendiri memiliki fungsi dimana kebutuhan akan mengetik bisa kalian lakukan dengan laptop ini dan juga menggunakan layar laptop layaknya penggunaan tablet.

Rekomendasi Laptop 2 in 1

Dikarenakan laptop dengan tipe 2 in 1 ini memiliki fungsi sebagai tablet, sudah dipastikan laptop tersebut masuk ke kategori sebagai laptop touchscreen atau layar sentuh. Hal yang perlu kalian ingat adalah, jika laptop 2 in 1 sudah pasti mengadopsi layar touchscreen maka untuk laptop touchscreen belum tentu semuanya adalah laptop bertipe 2 in 1.

Hal ini bisa dikarenakan adanya laptop yang tidak bisa dijadikan sebagai tablet tetapi layarnya mendukung teknologi touchscreen atau layar sentuh. Laptop dengan 2 in 1 sendiri cukup banyak di pasaran dengan berbagai varian harga.

Meskipun harga dipasaran lebih tinggi, laptop 2 in 1 ini tetap populer karena menawarkan fleksibilitas. Dari penggunaanya ynag ringan sampai pekerjaan yang berat sekalipun, laptop 2 in 1 cukup mumpuni. Tentu saja harus melihat perbedaan spesifikasi seperti prosesor, tipe mobilitas, RAM dan media penyimpanan berpengaruh terhadap level performa.

Bila kebutuhan kalian terhadap latop dan tablet ini tergolong mobile, kalian bisa memakai laptop 2 in 1 yang dapat bekerja sebagai laptop sekaligus tablet. Pabrikan terkenal semacam produsen Lenovo, ASUS, Dell dan Microsoft mengeluarkan laptop 2 in 1terbaik. Guna membantu kalian untuk menemukan produk yang tepat, sederet tips memilih beserta rekomednasi produk yang akan kami rangkum disini bisa kalian baca.

Tips Memilih Laptop dan Tablet 2 in 1

Laptop dan tablet merupakan perangkat yang mengombinasikan manfaat atau kegunaan laptop dan tablet dalam satu device, bisa disebut juga dengan Hybrid. Dari pergabungan ini, terbentuklah sebuah PC yang ringan dan bisa kalian bawa kemanapun, namun tetap mampu menyelesaikan berbagai kebutuhan kalian, seperti dari mengolah dokumen, multimedia, hingga aktivitas hiburan seperti mendengarkan musik atau video streaming.

Meskipun peminatnya belum begitu sebanyak laptop konvensional pada umumnya, kegunaan laptop tipe hybrid ini terus mengalami peningkatan karena penawaran fleksibilitas dan efisiensi. Laptop dan tablet pada umumnya memiliki harga yang cukup tinggi. Oleh karean itu, kalian perlu memerhatikan beberapa hal sebelum kalian membei laptop dan tablet 2 in 1 kalian.

1. Memilih Laptop dan Tablet berdasarkan Mobilitasnya

Kalian bisa memilih laptop 2 in 1 dengan melihat bentuk dari engsel penghubung layar dengan bagian keyboardnya. Tipe Hybrid dapat dilepas pasang sesuai dengan kebutuhan yang kalian inginkan. Sedangkan untuk tipe convertible kalian bisa mengubah laptop menjadi tablet atau sebaliknya dengan cara menekuknya.

a. Tipe Hybrid Ketahanan Baterai Lebih Lama untuk Aktivitas yang ringan

Laptop dan tablet bertipe hybrid memiliki kemampuan detachable, yaitu kalian bisa melepas dan memasang kembali bagian layar dari keyboard untuk mendapatkan fungsi sebagai tablet. Karena dapat dilepas, maka kalian bisa membawa perangkat dengan bobot yang lebih ringan. Penggunaan daya pada kedua perangat tersebut dibebankan pada baterai yang berbeda sehingga baterai lebih tahan lama.

Tipe Hybrid lebih mobil-friendly bagi penggunanya, karena hal ini mnejadikan prosesor yang digunakan lebih ringan diperuntukan untuk kativitas yang ringan serta menunjang efisiensi daya. Tugas yang bisa dilakukan dengan baik seperti membuka dokumen, berinternet, atau bersosial media. Tipe ini kurang sesuai untuk beban kerja besar seperti video editing atau bermain game berat.

b. Tipe Convertible Lebih Tipis dengan Rancangan Hardware Berkualitas Powerful

Tipe Convertible mempunyai bentuk layar yang menancap pemranen pada keyboard laptop itu sendiri. Untuk mengubanya menjadi tablet, kalian hanya perlu menekuk layar lebih dari 180 derajat kebelakang hingga menyentuh dengan keyboard. Selain menjadi perangkat tablet, kalian bisa mengubahnya menjadi tent mode yang lebih nyaman untuk kebutuhan akan hiburan. Jika kalian suka memakai taouchpad, keyboard jenis ini cocok sekali untuk kalian.

Pada latop 2 in 1 jenis ini, hardwarenya memiliki tenaga yang lebih powerful untuk mengakomodasi kebutuhan kerja berat seperti desain grafis sampai video editing. Secara umum, laptop ini menggunaka chipset yang lebih tangaks daripada prosesor laptop 2 in 1 hybrid. Namun kalian perlu memerhatikan bahwa bagian bobot yang relatif lebih berat dibandingkan dengan laptop 2 in 1 tipe hybrid.

2. Memilih Prosesor atau CPU berdasarkan Performa dan Tingkat Penggunaan

Kalian juga perlu untuk menyesuaikan performa prosesor dengan kebutuhan yang kalian inginkan. Jika kalian lebih sering melakukan tugas-tugas berat. Kalian wajib memilih prosesor yang lebih tinggi dan powerful agar pekkerjaan dapat selesai secara optimal. Sebaliknya apabila kalian membutuhkan laptop yang seputar hanya buka tutup dokumen, device dengan prosesor sederhana sudah dapat melakukannya dengan baik. Memilih prosesor dengan tenaga yang powerful dan berkualitas tentunya akan memiliki harga yang lebih mahal.

a. Intel Core M – Menyeimbangkan Kecepatan dan Daya Tahan Baterai

Selain pada laptop yang bertipekan 2 in 1, prosesor ini juga digunakan pada beberapa jenis laptop dan ultrabook. Pada awal peresmiannya pada tahun 2014, penggunaan prosesor ini didominasi oleh perangkat ultra-mobile seperti laptop. Prosesor ini merupaka yang pertama mengadopsi arsitektur Broadwell 14nm.

Prosesor ini lebih cocok untuk menghandle pekerjaan ringan seperti untuk browsing dan game ringan hingga sedang. Tidak disarankan untuk kegiatan berat yang membutuhkan aspek tinggi karena pasti akan mengurangi kenyamanan kalian.

b. Intel Core I – Unggul dalam Keperluan Bisnis dan Gaming

Apabila kalian memerlukan perangkat yang bisa dibawa ngebut dan lancar, prosesor Intel Core I Series adalah pilihan yang ideal. CPU Intel Core I Series ini juga disebut dengan CPU kelas bisnis. Oleh karena itu, harga laptop yang ditenagai oleh prosesor ini biasanya memiliki harga yang tinggi.

Series Core I telah di upgrade hingga beberapa versi. Untuk versi terbaru tentu saja berperforma lebih cepat dan kualitas yang lebih mumpuni. Hal demikian membuat harganya juga akan lebih tinggi sesuai -peningkatan dari serinya. Sejauh ini Intel Core I telah meluncurkan i3, i5, i7 dan disusul dengan seri terbarunya i9.

3. Pemilihan berdasarkan Kualitas Visual dari Resoilusi Layarnya

Selama mengoperasikan sebuah perangkat, kalian akan terus menatap bagian layar sehingga resolusi dari layar laptop akan sangat memengaruhi kenyamanan kalian dalam menggunakan Laptop 2 in 1. Akan lebih baik apabila kalian memilih layar laptop dengan resolusi minimal sudah Full HD atau FHD 1920 x 1080 agar gambar yang ditampilkan lebih tajam.

Layar dengan resolusi tinggi akan menghasilkan ketajaman warna yang jernih pada gambar yang lebih baik. Tetapi kalian juga akan mengompensasi kelebihan tersebut dengan ketahan baterainya. Semakin tinggi resolusi dari layar laptop tersebut, maka konsumsi daya baterai pun semakin besar.

4. Memilih berdasarkan Ukuran Laptop

Ketika kalian sudah memutuskan untuk membeli laptop dan tablet 2 in 1, tujuan utama kalian adalah mendapatkan perangkat ynag bisa dinjining dengan mudah dan ringan. Jika kalian lebih sering mebawanya sehari-hari dan tidak bermasalah dengan ukuran layar yang kecil, laptop berukuran sekitar 8 inci akan lebih ringan dan hemat tempat saat dibawa.

Apabila kalian ingin laptop 2 in 1 yang berukuran sedang, pilih yang berdiameter 10 inci. Ukuran 12 inci atau lebih cocok untuk kalian yang lebih mengutamakan performa. Meskipun bentuknya yang terlihat besar, beberapa merek produsen laptop menyediakan bentuk yang tetap slim dan ringan untuk dibawa bepergian.

5. Periksa Jenis Media Penyimpanan dan Kapasitas Memorinya

Ada banyak sekali jenis media penyimpanan yang ada pada laptop 2 in 1 seperti eMMC, SSHD, SSD, HDD dan lain-lain. Nantinya media penyimpanan ini akan menjadi tempat kalian menyimpan seluruh file yang ada di dalam perangkat tersebut. Penting untuk memerhatikan kapasitas dari memori yang sekiranya apakah mencukupi kebutuhan kalian atau tidak.

Jenis penyimpanan SSD bisa dipilih jika kalian mengutamakan performa yang tinggi untuk kecepatan dalam pengoperasi membaca data yang paling cepat dianatara jenis memori lainnya.

Tipe eMMC memiliki kualitas agak di bawah penyimpanan lain tetapi mampu juga menyajikan data dengan sederhana sehingga perangkat akan terasa lebih ringan.

Namun apabila budget yang kalian miliki minim, HDD bisa menjadi alternatif yang bisa kalian pilih karena harga yang terbilang terjangkau. Di sisi lain, kalian bisa memilih SSHD untuk performa dan harga yang seimbang. Namun belakangan ini penyimpanan file berbasis online menggunakan cloud marak digunakan sehingga kalian tidak perlu terlalu cemas untuk memilih laptop 2 in 1 dengan internal storage yag kecil.

6. Memilih Perangkat dengan RAM yang tinggi

RAM sangat berperan besar untuk cepat atau lambatnya sebuah device untuk melakukan aktivitas processing dan multitasking. Seperti kecepatan loading membuka atau menutup sebuah aplikasi serta kemampuannya mengingat aplikasi yang berjalan pada di background. Apabila kalian lebih sering menggunakan perangkat 2 in 1 sebagai tablet, RAM sebesar 2 GB sudah bisa mencukupi kebutuhan kalian.

Untuk kebutuhan yang lebih tinggi, kalian membutuhkan setidaknya memori RAM 4 GB agar perangakt lebih nyaman saat digunakan. Sebagai informasi tambahan bawah laptop 2 in 1 tidak dibekali dengan dedicated slot untuk memori card sehingga akan lebih baik memilih kapasitas memori yang lebih besar sekaligus dari awal, meskipun kebutuhan kalian tidak begitu tinggi nantinya.

10 Rekomendasi Laptop dan Tablet 2 in 1 terbaik

Setelah kalian mengetahui hal apa saja sebelum membeli laptop dan tablet nantinya, sekarang kami akan rekomendasikan pilihan laptop 2 in 1 terbaik untuk kalian. Namun, kalian juga harus memerhatikan beberapa hal yang sudah kami sampaikan diatas sebelumnya.

1. Axio MyBook Go

Salah satu produsen lokal Axio yang mempunyai produk laptop tablet 2 in 1 yang keren. Yaitu Axioo MyBook Go laptop yang dimaksud tersebut. Laptop ini dibilang keren karena menggunakan mekanisme lipat untuk berubah ke mode tablet, namun untuk mengubanya dalam mode tablet, pengguna tinggal melepas layar dari keyboardnya saja.

Keyboard yang dapat disatukan dengan pogo pin (magnetik) itu memang bisa dibongkar pasang lagi. Jika keyboard sudah dilepas dari layarnya, bobot dari laptop ini bisa menjadi sangat ringan sekitar 640 gram. Hal ini membuat laptop ini nyaman saat kalian menentengnya dalam mode tablet.

Hal yang menarik lainnya dari laptop ini ialah, hadir dengan sandaran (built in klickstand). Sandaran ini membuat layar bisa beridir untuk mendapatkan sudut padanga yang nyaman, saat laptop digunakan untuk menonton film. Laptop dan Tablet 2 in 1 dengan kedua kamera ini dapat kalian dapatkan dengan harga kisaran 3 jutaan.

  • Layar: IPS LCD 10,1 inci, HD (1280 x 800)
  • Processor: Intel Celeron N3350, dualcore 2 thread, up to 2,4 GHz
  • Graphic Card: Intel HD
  • RAM: 4 GB LPDDR 4
  • Storage: 64 GB eMMC
  • Optical Drive: –
  • Konektivitas: WiFi, Bluetooth
  • Port: Pogo pin keyboard (deachable), 1x Micro HDMI output port, 1x DC-in, 1 x USB C, 1x USB 3.0 (Type A), 1x 3.5 mm combo jack audio, 1x microSD slot (up to 128 GB)
  • Baterai: Li-Ion, 3000 mAh
  • Harga: Rp 3 juta

2. Acer TravelMate Spin B311R N4020

Acer TravelMate Spin B311R N4020 ini juga termasuk dalam laptop yang cocok untuk pendidikan. Laptop hadir dengan kombinasi ketahanan, daya baterai yag tahan lama dan juga dilengkapi dengan tools edukasi yang membuat ideal untuk ruang kelas dan metode pengajaran moderen seperti sekarang ini.

Acer TravelMate Spin B311R N4020 hadir dengan prosesor Intel yang menggabungkan konsumsi daya rendah dan kinerja yang tinggi untuk solusi berbasis kelas yang handal. Daya tahan dari baterainya sendiri diklaim hingga 12 jam dalam pemakaian wajar, cocokuntuk dijadikan teman belajar atau mengajar sehari-hari.

Laptop ini dibuat cukup tangguh, karena telah melewati uji ketahanan standar militer, Beberapa fitur unggulan dari laptop Acer TravelMate Spin B311R N4020 ini yaitu dukungan stylus dan layar dengan proteksi Gorilla Glass Antimikroba. Harga dari laptop ini mulai dari Rp 5,3 jutaan.

  • Layar: Touch screen, 11.6-inch, LCD, HD (1366 x 768) 16:9, IPS-level Panel
  • Processor: Intel® Celeron® dual-core processor N4020
  • Graphic Card: Intel UHD Graphics 600
  • RAM: 4 GB DDR4
  • Storage: 256 GB SSD
  • Konektivitas: 802.11ac/a/b/g/n wireless LAN +Bluetooth 5.0
  • Port: USB, HDMI, MicroSD
  • Baterai: Terintegrasi
  • Harga: Rp 5.3 juta

3. AVITA Magus 2 in 1

Merek laptop Avita memang belum lama terjun di dunia komputer. Mereka baru masuk ke indonesia pada tahun 2019 lalu. Meski begitu, merek ini mampu menggoda konsumen dimana merek tersebut dapat menghadirkan perangkat dengan harga yang relatif lebih murah. Pada segmen laptop 2 in 1, ada satu produk mereka yang mencuri perhatian.

Produk tersebut adalah Avita Maguss dengan varian prosesor Intel Celeron N4020. Laptop ini memakai mekanisme detachable, artinya keyboardnya bisa dilepas dan pasang lagi. Mekanisme tersebut tentu saja dapat menurunkan bobot si laptop ketika dipakai dalam mode tablet. Dari yang semulanya 1.41 kg menjadi 1.07 kg saja.

Fleksibilitas yang dimiliki oleh laptop ini membuatnya cocok dipakai sebagai kawan belajar bagi para siswa dan siswi sekolah. Perangkat ini juga cukup mumpuni yang didukung aktivitas bisnis UKM. Kalian bisa membawa pulang laptop ini dengan harga kisaran 4 jutaan.

  • Layar: IPS LCD 11,6 inci, (1920X1200)
  • Processor: Intel Celeron N4020, dualcore 2 thread, up to 2,8 GHz
  • Graphic Card: Intel UHD 600
  • RAM: 4 GB DDR4
  • Storage: 64 GB eMMC
  • Optical Drive: –
  • Konektivitas: WiFi 4 (802.11ac/a/b/g/n), Bluetooth 4.1
  • Port: USB 3.0 x1, Mini-HDMI x1, microSD card Slot x1, 3.5 mm audio jack x1
  • Baterai: Li-Ion, up to 8 Hours
  • Harga: Rp 4 juta

4. Lenovo Slim D330 Flex

Merupakan laptop yang sangat cocok dengan seorang pembisnis dengan mobilitas yang tinggi dalam memerlukan laptop yang fleksibel dengan daya tahan baterai yang diatas rata-rata. Hal tersebut yang mampu menghadirkan pengalaman pakai yang menyenangkan ketimbang spesifikasi yang tinggi. Lenovo Ideapad D330 merupakan salah satu perangkat yang merepresentasikan flesksibilitas dan daya tahan baterari yang tinggi.

Laptop tipe ini bisa kalian pakai dalam mode tablet karena mengusung konsep 2 in 1. Tetapi, bukan itu saja faktor yang membuatnya terlihat flesibel. Sebab, laptop ini bisa ditekuk, bisa pula dicopot keyboardnya ketika dipakai dalam mode tablet. Untuk masalah daya tahan baterainya laptop ini diklaim dapat bertahan cukup lama hingga 13 jam.

Beberapa lain yang membuat laptop ini istimewa adalah layar yang tajam dengan resolusi Full HD, didukung Lenovo Active Pen Stylus, slot Mirco SD yang juga bisa dipakai sebagai tempat tampung kartu nanoSIM serta memori RAM sebesar 8 GB. Harga untuk laptop ini kisaaran 4 jutaan.

  • Layar: 10.1”, Full HD (1920 x 1200), touchscreen
  • Processor: Intel Celeron N4020, dualcore 2 thread, up to 2,8 GHz
  • Graphic Card: Intel UHD
  • RAM: 8 GB DDR4
  • Storage: 128 GB eMMC
  • Optical Drive: –
  • Konektivitas: WiFi AC (5 GHz), Bluetooth 4.0
  • Port: 1x USB Type C 3.1, 1x audio jack combo, 1x microSD (atau nanoSIM, 2x USB 2.0 (pada docking), 1x DC in
  • Baterai: Li-Ion hingga 13 jam
  • Harga: Rp 4 juta

5. Acer Spin 1 SP111 N4020

Laptop besutan acer ini juga dapat jadi pilihan bagus untuk kalian yang mencari laptop 2 in 1. Sebagaimana mestinya, laptop ini juga bisa digunakan pada mode reguler dan juga dalam mode tenda. Mode reguler bisa digunakan kalian untuk berkerja seperti biasa, dan untuk mode tenda bisa digunakan untuk menonton film ataupun membaca buku elektronik.

Dengan bobot yang ringa, laptop ini sudah dibekali dengan layar sentuh yang dapat membuat penggunanya berkreasi lebih mudah.

Untuk performa, Laptop Acer Spin 1 SP111 N4020 bisa diandalkan untuk menunjang produktivitas ringan sehari-hari saja. Dengan harga mulai dari Rp 4.7 jutaan kalian bisa mendapatkan laptop ini yang telah hadir dengan Windows 10 Home 64bit + Microsoft Office 365 1 tahun.

  • Layar: 11.6″ HD (1366 x 768) touchscreen
  • Processor: Intel Celeron N4020
  • Graphic Card: Intel HD Graphics 600
  • RAM: 4 GB DDR4
  • Storage: 192 GB SSD (64 +128)
  • Konektivitas: Realtek RTL8821CE 802.11b/g/n/ac (1×1) + BT 4.2 Combo
  • Port: 1 x HDMI port, 1 x USB-A 2.0 port, 1 x USB-A 3.0 port, 1 x MicroSD card reader
  • Baterai: 3-cell, 41 Wh Li-ion
  • Harga: Rp 4,7 juta

6. Asus BR1100FKA

Salah satu laptop 2 in 1 yang cocok untuk siswa pelajar di segala usia. Laptop ini memiliki desain yang tangguh dan inovatif yang dibuat untuk tahan lama karena sudah melalui uji ketahanan standar militer. Jadi laptop ini bisa diandalkan soal ketahannanya.

Laptop ini mempunyai layar sentuh serbaguna dan memiliki stylus bawaan yang tentunya akan sangat membantu kalian dalam hal mengetik dan menggambar diatas layar. Selain itu, laptop ini juga dikemas dengan bumper karet yang serba guna, pada bagian keyboard terdapat keyboard yang tahan terhadap tumpahan air, dan engsel yang ultratough.

Laptop ini memiliki fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh beberapa pesaing lainnya. Yaitu terdapatnya fitur teknologi peredam bising bertenaga AI untuk pembelajaran dan konterensi jarak jauh berkualitas tunggi. Dengan harga yanng ditawarkan mulai dari 5.3 jutaan kalian bisa membeli laptop ini utuk dimiliki.

  • Layar: Touch screen, 11.6-inch, LCD, HD (1366 x 768) 16:9, IPS-level Panel
  • Processor: Intel® Celeron® N4500 Processor 1.1 GHz (4M Cache, up to 2.8 GHz, 2 cores)
  • Graphic Card: Intel UHD Graphics
  • RAM: 4 GB DDR4
  • Storage: 128 GB eMMC
  • Konektivitas: Wi-Fi 6(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
  • Port: 1x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support power delivery, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x RJ45 Gigabit Ethernet, 1x DC-in
  • Baterai: 42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
  • Harga: Rp 5,3 juta

7. Asus VivoBook Flip TP401MA

Merupakan seri laptop 2 in 1 milik Asus ini tidak kalah keren dengan laptop dan tablet lainnya. Salah satunya yaitu Asus VivoBook Flip TP401MA yang bisa kalian miliki. Laptop ini memiliki bodi aluminium yang terlihat ringkas tetapi memiliki layar yang cukup besaar sekitar 14 inci.

Kunci keberhasilan mereka ada pada keputusan memangkas bingkai layar menjadi 8 mm saja, keistimewaan dari layar dengan teknologi NanoEdge ini tidak berhenti hanya disitu saja. Sebab, layar laptop ini mendukung sentuhan hingga 10 jari manusia. Serta terdapat ASUS Pen dalam paket penjualannya.

Asus VivoBook Flip TP401MA memiliki engsel yang dilengkapi dengan roda gigi baja yang telah lolos uji buka tutup 20 ribu kali. Sebagai jamina Asus memberi garansi laptop ini selama 2 tahun pada laptop yag berbobot 1.5 kg ini. Laptop ini bisa kalian beli dengan harga 7 jutaan saja.

  • Layar: 14.0-inch, HD (1366 x 768) 16:9 aspect ratio, 200nits, NTSC: 45%, LED Backlit, Glossy display, Screen-to-body ratio: 74%, Touch screen, With stylus support
  • Processor: Intel Celeron N4020, dualcore 2 thread, up to 2,8 GHz
  • Graphic Card: Intel UHD 600
  • RAM: 4 GB DDR3
  • Storage: 256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
  • Optical Drive: –
  • Konektivitas: Wi-Fi 5( 802.11ac)+Bluetooth 4.2 (Dual band) 2*2
  • Port: 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 1x micro HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x DC-in, 2 in1 card reader SD/MMC
  • Baterai: 39WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
  • Harga: Rp 7 juta

Nah itulah beberapa rekomendasi laptop 2 in 1 atau laptop yang dapat digunakan sebagai tablet juga. Kalian bisa memikirkan atau memilih mana laptop 2 in 1 cocok untuk kalian nantinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan memberi referensi baru sebelum membeli laptop 2 in 1. Artikel ini diambil dari berbagai sumber yang terpercaya.

Also Read

Bagikan:

Tags