7 Cara Mematikan HP Otomatis Tanpa Tombol Power

Adi Riyanto

Cara Mematikan HP Otomatis – Tahu kah kalian, bahwa ternyata HP Android yang kita miliki memiliki fitur yang sangat keren dan juga berguna banget. Fitur tersebut adalah fitur terjadwal untuk mematikan dan menghidupkan ulang hp secara otomatis tanpa kita sentuh. Selain itu, ada juga aplikasi keren yang bisa kalian gunakan untuk mematikan hp otomatis. Nah, kira-kira bagaimana tuh? Simak selengkapnya pada artikel cara mematikan hp otomatis tanpa tombol power di bawah ini.

Kita tahu, secara umum jika kita ingin mematikan hp samsung yang kita miliki biasanya menggunakan tombol power. Para ahli juga menyarankan, jika kita mematikan hp dapat membantu menghemat baterai, mengatasi HP eror dan juga memperpanjang masa pakai baterai. Manfaat lain mematikan hp dapat membantu bagi kalian yang ingin fokus dalam kegiatan seperti sedang rapat, belajar atau yang lainnya yang bisa diganggu.

Hal ini terkadang notifikasi hp yang kita nyalakan membuat kita tidak fokus. Maka dari itu, Cara mematikan hp otomatis dan fitur mengaktifkan kembali menggunakan pengaturan di HP bisa kalian gunakan. Pengguna bisa menjadwalkan waktu untuk mematikan HP secara terjadwal.

Cara Mematikan HP Otomatis tanpa Tombol Power

Cara Mematikan HP otomatis

Pengguna juga bisa menginstal aplikasi untuk mematikan hp, aplikasi ini membantu mematikan hp kalian apabila tombol power tidak bisa digunakan. Nah, berikut ini rekomendasi aplikasi mematikan hp otomatis yang dapat kalian gunakan dengan mudah dan praktis.

1. Melalui Menu Pengaturan Bawaan HP

Pada ponsel yang kita punyai, terutama pada sistem operasi Android, telah menyediakan fitur Power on Off. Fitur tersebut memastikan pengguna untuk dapat menghidupkan atau pun mematikan HP secara otomatis. Kalian dapat memberi jadwal untuk mematikan HP secara otomatsi misalnya di jam atau hari tertentu yang kalian inginkan.

Berikut ini tutorial mematikan HP otomatis tanpa instal aplikasi lain:

  • Pertama buka menu Pengaturan di HP, Lalu cari fitur Automatic on/off
  • Klik menu tersebut untuk mengaktifkan fitur on off pada baterai
  • Pengguna bisa mengetikkan Automatic on off di pengaturan, jika tidak menemukan fitur Additional Settings.
  • Setelah itu, tentukan jadwal untuk mematikan atau menyalakan HP secara otomatis misalnya waktu dan hari sesuai yang kalian butuhkan.
  • Beri centang untuk menyimpan fitur. Selesai.

2. Mematikan HP Otomatis di HP Xiaomi

Bagi kalian pengguna Xiaomi, pasti akan sedikit bingung untuk mencari menu Mematikan HP otomatis dan Menyalakan Otomatis, karena setiap hp pasti berbeda-beda pengaturannya. Berikut cara menjadwalkan hp mati otomatis dan menyala otomatis di HP Xiaomi.

  • Pertama buka Pengaturan Aplikasi
  • Lalu ketik di pencarian “Jadwal Daya Hidup/Mati”, dengan cara ini akan lebih cepat.
Cara Mematikan HP otomatis
  • Lalu klik menu tersebut, dan pilih jadwal mematikan dan menyalakan otomatis di HP xiaomi.
  • Kalian bisa melakukan setting Jam dan Hari pada menu tersebut.
  • Jika dirasa sudah cukup, klik centang pada bagian atas dan save. Selesai.

3. Setel Auto Power On/Off di HP Android Nougat

Pada HP Android Nougat yang merupakan android keluaran tahun 2016 juga mempunyai fitur mamtikan hp secara otomatis. Namun, untuk menggunakannya sedikit berbeda jika dibandingkan dengan sistem operasi Android pada HP keluaran jaman sekarang.

Adapun cara untuk mematikan hp otomatis di Android Nogat yaitu pertama-tama pergi ke pengaturan HP kalian, lalu memilih menu opsi Advanced, klik Scheduled Power On/Off dan aktifkan tombol Power On dan Power Off, lalu tentukan waktu atau jadwal untuk HP mati dan menyala secara otomatis.

4. Aplikasi Shutdown (No Root)

Bagi hp kalian yang tidak memiliki fitur bawaan mematikan hp otomatis, tenang saja! Karena kalian masih bisa menggunakan fitur tersebut dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Dengan kata lain kalian perlu menginstal aplikasi tambahan dari Play Store.

Aplikasi pihak ketiga yang pertama yang dapat kalian gunakan untuk mematikan dan menyalakan hp secara otomatis yakni ada aplikasi Shutdown (No Root). Sesuai namanya, aplikasi ini bisa kalian gunakan di hp kalian tanpa harus melalui proses root. Berikut cara mematikan hp di aplikasi Shutdown:

  • Pertama Instal aplikasi Shutdown No Root di Playstore.
  • Setelah itu buka aplikasinya, secara otomatis aplikasi mengarah ke fitur daya mati, mulai lagi, dan mode darutat.
  • Kalian pilih daya mati untuk mematikan HP.
  • Jika tombol power rusak pilih opsi Mulai lagi untuk mematikan dan menghidupkan hp lagi.

5. Aplikasi Power Schedule

Aplikasi mematikan hp otomatis selanjutnya ada aplikasi Power Schedule. Untuk penggunaannya cukup mudah, kalian bisa ikuti langkah-langkanya dibawah ini.

  • Instal Aplikasi Power Schedule di Play Store.
  • Lalu buka aplikasi dan berikan sejumlah akses yang diperlukan aplikasi tersebut.
  • Pilih Add Event, kemudian masukkan detail event atau peristiwa seperti kapan waktu kalian ingin menyalakan dan mematikan HP.
  • Aplikasi ini juga mengizinkan penggunanya untuk menerapkan pengaturan tersebut setiap hari atau di hari-hari tertenut saja, sesuai dengan kebutuhan kalian.
  • Lalu klik DONE bila semua pengaturan telah selesai.

6. Aplikasi Automateit

Merupakan aplikasi yang seurpa yang bisa kalian gunakan untuk shutdown hp kalian secara otomatis. Adapun cara penggunannya sebagai berikut ini.

  • Instal Aplikasi Automateit, lalu buka aplikasinya.
  • Pilih opsi Add Rule, setelah itu klik Time Trigger dari bagian atau menu Common.
  • Pilih waktu yang dinginkan untuk mematikan HP secara otomatis dan frekuensi pengulangan yang dibutuhkan.
  • Pilih Next.
  • Ketika memasuki layar action, Pilihan Shutdown Devoice Action dari menu System untuk masuk ke layar atau bagian Rule.
  • Pilih nama yang sesuai untuk rule tersebut. Kalian juga bisa menggunakan nama otomatis yang diberikan oleh Aplikasi Automateit.
  • Klik tombol Save. Selesai, aplikasi akan berkerja sesuai dengan jadwal yang ditentukan kita sebelumnya.

7. Aplikasi AutoOff

Yang terakhir ada aplikasi AutoOff, merupakan aplikasi shutdown timer atau pengaturan waktu mati untuk hp Android yang dibuat oleh Jonathan Sautter menurut WeTheGeek, Pengguna dapat mengatur timer untuk mematikan HP dalam hitungan menit hingga dimatikan atau bisa juga menjadwalkan waktu atau jam yang tepat untuk mematikan HP.

Selain itu, aplikasi ini juga mengizinkan pemiliknya untuk mematikan hp dengan cara menggoyang-goyangkan HP. Wah keren juga ya!,

Baca juga: Cara Mengatasi Charger HP lama Mengisi Daya

Nah, itulah cara-cara untuk mematikan atau menyalakan HP secara otomatis di Android dengan mudah. Ke enam cara tersebut dapat kalian gunakan juga apabila tombol power pada HP rusak total dan menyulitkan pengguna untuk mematikan, atau menyalakan dan merestar HP secara manual.

Manfaat Mematikan HP Android

Ada beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan jika mematikan HP android yang kalian miliki, manfaat tersebut yaitu:

  1. Manfaat mematikan hp yang pertama yakni dapat memperpanjang masa penggunaan baterai, dengan kata lain baterai hp yang kalian gunakan akan awet dan tahan lama.
  2. Selain itu, apabila kalian sedang fokus bekerja atau belajar, mematikan hp bisa menghindarkan kalian dari kurang fokus akibat bunyi notifikasi di hp.
  3. Dengan beberapa aplikasi auto shutdown diatas, kalian juga bisa menggunakannya apabila tombol power yang kalian gunakan rusak dan bisa dipencet sama sekali.

Demikianlah informasi cara mematikan hp secara otomatis di hp samsung dan menyalakan hp secara otomatis yang bisa saya share kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian semua.

Also Read

Bagikan:

Tags