5 Cara Mudah mengembalikan File yang terhapus di Laptop atau Komputer

Adi Riyanto

masadi.id – Membersihkan atau mengahapus file yang ada di laptop itu dapat membantu meningkatkan performanya saat dijalankan. Mengingat file-file yang menumpuk bisa mempengaruhi kinerja laptop atau komputer pada saat digunakan dalam berbagai hal. Namun, kalian juga harus berhati-hati ketika membersihkan atau menghapus file-file yang ada di laptop, apalagi laptop tersebut merupakan laptop penting yang digunakan untuk urusan pekerjaan.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Lalu, bagaimana jika ada sebuah file yang terlanjur terhapus akibat tidak sengaja karena kecerobohan kita? Tenang saja, kalian tidak usah panik dan khawatir, karena ternyata ada beberapa cara untuk mengembalikan file yang terhapus di Laptop atau Komputer dengan mudah yang bisa kalian coba.

Nah dibawah ini beberapa cara yang bisa kalian coba untuk mengembalikan data atau file yang sudah terlanjur terhapus dari Laptop atau PC kalian.

Beberapa Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

1. Menggunakan Recycle Bin

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop
Jika data yang ada dilaptop kalian karena tidak sengaja menekan tombol delete, maka baiknya kalian periksa terlebih dahulu recycle bin-mu di laptop. Cara ini merupakan cara sederhana yang biasa digunakan jika ada file yang tidak sengaja terhapus. Secara umum data yang terhapus akan berada di folder Recycle bin dan masih bisa kalian selamatkan.

Untuk caranya sangat mudah sekali, kalian cukup buka folder recycle bin yang ada di laptop atau komputer kalian, lalu cari file yang ingin dikembalikan. Setelah ketemu filenya klik kanan dan klik restore. Selesai

Perlu diingat bahwa data yang ada di recycle bin punya batas waktu sebelum benar-benar terhapus secara permanen. Batas waktu tersebut yaitu 30 hari dimulai dari pertama kali terhapus dan masuk kedalam file recycle bin. Jika pada saat kalian akan mengembalikan file yang ada di recycle bin yang sudah lebih dari 30 hari, ada kemungkinan susah untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut.

2. Melalui Restore Previous Version

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop
Selain menggunakan Recycle bin kalian juga bisa menggunakan cara kedua ini. Cara mengembalikan data yang terhapus pada laptop kedua yaitu menggnakan  Restore Previous Version. Di mana cara ini adalah cara alternatif saat file yang kalian inginkan sudah benar-benar terhapus dari recycle bin. Adapun cara untuk mengembalikan file dengan restore previous version yaitu sebagai berikut ini:

  • Pertama masuk ke menu Start pada laptop atau PC kalian
  • Klik kanan pada folder yang menyimpan data terhapus tersebut.
  • Pilih restore previous versions dan akan masuk kebeberapa pilihan versi
  • Kemudian pilih versi berisi file-file yang ingin dikembalikan dan klik OK.
  • Setelah itu masuk ke dalam folder untuk menemukan file yang dikembalikan tersebut.

3. Menggunakan Command Prompt

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop
Cara ketiga yaitu menggunakan Command Prompt. Pada dasarnya banyak fitur yang bisa dapat diakses melalui program command prompt, seperti mengecek kondisi internet hingga mengembalikan data yang hilang sekalipun. Adapun cara untuk menggunakan command prompt agar bisa mengembalikan data yang terhapus pada laptop kalian adalah sebagai berikut:

Pertama masuk kebagian kolom search di laptop kalian, setelah itu ketik cmd yang akan membawamu ke pilihan command prompt dan klik kanan pada opsi tersebut untuk memilih run as administrator.

Lalu, ketikan [chdsk x:  /f] (tanpa bracket/tanda kotak) dengan huruf x diganti dengan nama drive pada folder yang ingin dikembalikan. Misakan file tersebut berada di drive D, maka kalian bisa mengetik chdsk D:  /f.

Setelah tiu ketik [ATRIB -H -R -S /S /D X:*.*] (tanpa tanda bracket/tanda kotak) dengan mengganti x sebagai drive tempat kamu menyimpan data yang terhapus.

Setelah melakukan proses tersebut, jangan melakukan hal-hal yang berkaitan dengan menyimpan atau menghapus data. Tunggu beberapa saat. Ditakutkan bila melakukan hal-hal tersebut data kalian malah bisa tertimpa.

4. Menggunakan File History

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop
Jika laptop atau komputer kalian menggunakan sistem operasi Windows 10, kalian bisa mencoba dengan file history. Cara ini hanya bisa digunakan oleh laptop dengan sistem operasi Windows 10. Dimana fitur ini memungkinkan kalian untuk melihat file-file terlebih dahulu, lalu mengembalikannya jika diinginkan.

Hanya saja kalian harus melakukan back up file terlebih dahulu sebelumnya. Adapun cara untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop dengan file history sebagai berikut :

  • Pertama masuk ke menu settings, pilih opsi update & security dan klik backup untuk kemudian pilih add a drive.
  • Setelah klik add a drive, maka akan muncul daftar partisi hard drive eksternal yang digunakan dalam menyimpan backup.
  • Klik partisi atau drive yang bisa dipilih. Jika tidak ada drive untuk dipilih kalian dapat menggunakan hard disk eksternal.
  • Pastikan terlebih dahulu kalian pernah melakukan back up file sehingga file yang terhapus bisa dikembalikan.

5. Menggunakan Recuva

Recuva merupakan software file recovery yang bisa kalian gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus. Jika kalian tidak ingin repot dalam mengembalikan data kalian yang terhapus, coba gunakan Recuva. Cukup dengan menginstall recuva, lalu mengikuti arahan cara mengembalikan data seperti memilih lokasi penyimpanan file yang terhapus, maka kamu akan bisa mendapatkan kembali data tersebut.

Nah itulah dia cara mengembalikan file yang terhapus di laptop atau PC. Semoga cara diatas dapat mengembalikan data yang ada di laptop kalian kembali.

Also Read

Bagikan:

Tags