3 Cara Mudah Mengunci Layar Komputer atau Laptop di Windows 10

Adi Riyanto

masadi.id – Mengunci sebuah laptop ataupun komputer saat sedang tidak digunakan adalah hal yang perlu dilakukan. Terlebih lagi jika kalian sebagai seorang karyawan kantor yang kerja dengan menggunakan laptop atau komputer dimana laptop itu berisi informasi penting tentang pekerjaan. Data atau informasi tersebut tentunya harus digaja dari orang lain yang tidak berkepentingan. Sangat beresiko apabila kalian meninggalkan komputer atau laptop dalam keadaan aktif di ruang kerja yang ramai. Ada kemungkinan data yang ada di laptop atau komputer dapat hilang.

Cara Mengunci Layar Laptop

Maka dari itu, disarankan untuk mengunci laptop jika ingin meninggalkan laptop tersebut di tempat kerjaan. Perusahaan Microsoft Windows sudah melengkapi fitur pengamanan untuk mengunci layar komputer kalian agar lebih aman. Bila kalian ingin meninggalkan komputer atau laptop untuk sementara waktu namun tidak ingin mematikan komputer karena akan digunakan lagi, maka kalian dapat mengunci layar komputer atau laptop agar orang lain yang ada disekitar tempat kerja kalian tidak bisa mengakses ke komputer tersebut.

Terkadang ada orang yang iseng ingin menakses dan menggunakan komputer kalian yang sudah terkunci, namun perlu mengetahui password Administrator untuk mengakses prangkat tersebut. Cara ini dapat mengamankan data atau informasi penting yang tersimpan di dalam komputer kalian. Di komputer atau Laptop yang menggunakan OS Windows 10 ada beberapa cara mengunci layar komputer di Windows. Kalian bisa menggunakan cara ini agar laptop atau komputer kalian lebih aman.

Baca juga : Cara menambah Password di Laptop Windows 10

Cara Mengunci Layar Laptop atau Komputer agar lebih Aman

1. Menggunakan tombol Windows + L di keyboard

cara lock layar laptop

Cara pertama yaitu dengan menekan kombinasi tombol Windows + L yang ada di keyboard laptop atau komputer kalian. Cara ini merupakan cara paling mudah dan gampang. Metode penguncian layar ini bisa kalian gunakan pada Operating System Windows Vista dan versi Windows di atasnya lagi.

2. Menggunakan Tombol Start

Cara Mengunci Layar Laptop

Cara ini bisa kalian lakukan dengan klik tombol Start yang ada di sudut kiri bawah layar laptop kalian, kemudia klik kanan mouse tepat di gambar icon akun pengguna lalu pilih Lock untuk mengunci layar laptop kalian.

3. Menggunakan Tombol Ctrl + Alt + Delete pada Keyboard

Cara Mengunci Layar Laptop

Cara yang ketiga kalian juga bisa menggunakan kombinasi tombol keyboard lagi yaitu dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Delete secara bersama-sama pada laptop kalian. Selanjutnya nanti kalian pilih saja menu lock untuk mengunci laptop kalian.

Ketiga cara diatas adalah cara yang paling mudah untuk mengunci layar laptop kalian. Dengan demikian laptop atau komputer kalian akan aman dari orang-orang yang iseng atau yang tidak bertanggung jawab di tempat kerjaan kalian.

Also Read

Bagikan:

Tags