Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terbaik, Ini Dia 6 Kelebihan LinkAja Sebagai Mitra Kartu Prakerja

Kelebihan LinkAja


Belakangan banyak orang yang menanyakan kelebihan LinkAja untuk Program Kartu Prakerja. Kartu Pekerja sendiri merupakan program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan bagi pencari kerja, pekerja/buruh yang diberhentikan, dan/atau pekerja/buruh yang memerlukan peningkatan kompetensi.

Untuk melancarkan program ini, Pemerintah bekerja sama dengan sejumlah otoritas dan perusahaan penyedia layanan uang elektronik, seperti LinkAja,.

6 Kelebihan LinkAja sebagai Mitra Kartu Prakerja

LinkAja adalah partner resmi pembayaran insentif Kartu Prakerja. LinkAja sebagai mitra resmi pembayaran insentif Kartu Prakerja menawarkan beberapa keuntungan bagi individu yang memilih LinkAja untuk menerima dana dari program tersebut.

Berikut enam kelebihan LinkAja sebagai mitra pembayaran insentif kartu prakerja resmi yang harus Anda ketahui:

1. Pendaftaran yang Mudah

Kelebihan LinkAja yang pertama yaitu bisa digunakan kapan saja dan dari mana saja, pengguna Kartu Prakerja hanya membutuhkan smartphone dan koneksi internet.

Anda bisa mendaftar secara online, dan jika mengupgrade layanan menjadi Full Service, Anda akan mendapatkan reward Kartu Prakerja berupa saldo LinkAja yang bisa digunakan untuk berbagai hal.

Berikut prosedur yang harus dilakukan untuk upgrade akun LinkAja menjadi Full Service:

  • Pilih menu "Akun" di aplikasi LinkAja, lalu "Jenis Akun" dan "Tingkatkan Sekarang".
  • Ambil foto e-KTP, pastikan terlihat jelas dan penuhi ruang yang tersedia, kemudian  upload foto.
  • Klik "Foto Wajah" dan ikuti persyaratan verifikasi wajah, lalu klik "Gunakan Foto”.
  •  Klik "Data Pribadi", lalu masukkan informasi pribadi Anda dan klik "Simpan".
  •  Klik "Data Alamat", lalu masukkan data alamat seperti yang tertera di e-KTP dan klik "Simpan".
  • Pastikan semua kolom tercentang hijau sebelum mengirimkan dokumen dan menunggu prosedur verifikasi data selesai.
  • Tunggu pemberitahuan dengan status aplikasi Full Service terbaru.
  • Status prosedur pengecekan dapat dilihat pada menu "Akun" aplikasi LinkAja.
  • Setelah proses ini selesai, akun LinkAja akan ditingkatkan menjadi Full Service dan dapat langsung terhubung sebagai e-wallet untuk mendapatkan insentif Kartu Prakerja.

Seluruh prosedur peningkatan layanan ini dapat diselesaikan jika beberapa syarat terpenuhi, seperti validasi data diri dengan KTP yang benar, foto selfie dan KTP yang jelas (keterangan di dalamnya dapat terbaca dengan benar), dan data dikonfirmasi dengan benar oleh LinkAja.

2. Biaya Murah Kirim Uang ke Bank Himbara (BNI, BRI, BTN dan Mandiri)

Kelebihan LinkAja selanjutnya adalah pemilik kartu prakerja dapat mengirimkan uang atau transfer dana melalui LinkAja ke rekening Bank Himbara (BNI, BRI, BTN, dan Mandiri) dengan harga minimal Rp 1000 per transaksi.

Hal ini tentu cukup menguntungkan mengingat biaya admin bank untuk berbagai transaksi relatif tinggi sehingga sering kali mengurangi saldo di giro atau tabungan.

3. Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM Bank Himbara dan Modern Retail

Kelebihan LinkAja selanjutnya yaitu dapat melakukan tarik tunai dari ribuan ATM Bank Himbara (BNI, BRI, BTN, dan Mandiri) yang tersebar di seluruh Indonesia tanpa menggunakan kartu ATM. Anda dapat menarik dana dengan aman dan nyaman dengan menggunakan nomor token yang unik.

Selain itu, pengguna bisa tarik tunai menggunakan LinkAja dari sejumlah bisnis modern yang telah bermitra dengan LinkAja, antara lain Alfamart, Indomaret, dan Dan+Dan.

4. Tersedia LinkAja Syariah

Pemilik kartu prakerja yang menjalani kehidupan sesuai dengan nilai-nilai syariah Islam bisa mempertimbangkan LinkAja yang telah menyediakan Layanan Syariah LinkAja, yaitu layanan keuangan elektronik berbasis syariah yang disertifikasi oleh DSN Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Bank Indonesia.

5. Bayar Kebutuhan Penunjang Persiapan Kerja

Penerima Kartu Prakerja harus mengikuti pelatihan sampai dinyatakan lulus untuk mendapatkan sertifikat dan selanjutnya mendapatkan insentif. Penghargaan ini diberikan melalui rekening atau uang elektronik yang ditentukan dan ditautkan oleh Kartu Prakerja.

Dengan kelebihan LinkAja, Anda bisa membeli atau membayar berbagai kebutuhan persiapan kerja seperti seragam, sepatu, pulsa/data, dan lain sebagainya di LinkAja. Tidak hanya itu, LinkAja juga menerima pembayaran kebutuhan pokok seperti token listrik, BBM, dan masih banyak lagi.

6. Terhubung dengan Ratusan Ribu Merchant

LinkAja telah bermitra dengan lebih dari 300.000 merchant nasional, memungkinkan pemilik Kartu Prakerja untuk terhubung langsung dengan ratusan ribu merchant tersebut, sehingga bisa melakukan berbagai transaksi seperti membayar Grab atau Gojek, Taksi Bluebird, dan masih banyak lagi.

Cara Membuat Akun LinkAja

Setelah mengetahui kelebihan LinAja diatas, Anda harus mengetahui cara membuat akun LinkAja. Diantaranya adalah:

  • Download aplikasi LinkAja dari App Store atau Google Play Store.
  •  Buka aplikasi LinkAja dan klik tombol "Daftar".
  •  Masukkan nomor ponsel yang akan digunakan untuk mendaftarkan ponsel dan verifikasi nomor ponsel dengan memasukkan kode OTP yang diberikan kepada Anda melalui SMS dari LinkAja.
  • Buat kata sandi akun LinkAja dan berikan informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat email, tanggal lahir, dan jenis kelamin.
  •  Kemudian pengguna harus melengkapi dan mengubah data KTP atau SIM sebelum mengunggah foto atau scan dokumen KTP atau SIM.
  • Beri waktu 1-2 hari kerja untuk proses verifikasi data.
  • Setelah data terkonfirmasi dengan benar, LinkAja akan memberitahukan kepada pengguna melalui SMS dan email bahwa akun LinkAja telah berhasil didaftarkan.

Pengguna bisa membuat akun LinkAja dan menggunakannya untuk melakukan transaksi nontunai seperti membayar tagihan, membeli pulsa, membeli tiket pesawat atau kereta api, mentransfer uang ke rekening bank lain, dan masih banyak lagi.

Penutup

kelebihan LinkAja


Itu dia beberapa kelebihan LinkAja sebagai mitra resmi pembayaran insentif kartu prakerja. Seperti yang kita tahu, Program Kartu Prakerja sudah dimulai kembali pada tahun 2023 dengan kuota terbatas. Jadikan LinkAja sebagai mitra pembayaran insentif kartu prakerja eksklusif Anda!