2 Cara Transfer DANA ke DANA Bagi Pemula Terbaru 2023

Adi Riyanto

Cara Transfer DANA ke DANA – Siapa sih yang gak kenal dengan aplikasi ewallet DANA? Aplikasi ewallet populer ini sudah banyak penggunanya terutama di Indonesia. Aplikasi DANA merupakan sebuah paltform dompet digital yang didesain untuk menjadikan setiap transaksi dapat dilakukan secara non-tunai, dimanapun dan kapanpun pada gengaman kalian.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapat dengan menggunakan dompet digital dari dana, misalnya seperti promo bayar tagihan atau gratis biaya admin untuk transfer antar rekening ataupun transfer sesama DANA, dengan catatan akun Dana kalian sudah menjadi akun Premium.

cara transfer dana ke dana

Adapun keuntungan yang bisa kalian dapatkan jika sudah menjadi akun premium yakni bisa transfer saldo DANA antar pengguna DANA, ataupun ke rekening bank lain seperti yang saya sebutkan tadi. Nah, bagi kalian masih baru menggunakan aplikasi DANA pastinya akan terasa bingung apabila ingin transfer saldo Dana ke sesama pengguna Dana. Tidak perlu khawatir, karena disini akan saya bagikan bagaimana cara transfer sesama pengguna DANA dengan mudah.

Cara Transfer DANA ke DANA terbaru

Pada dasarnya cara transfer saldo ke sesama pengguna DANA tidak jauh berbeda dengan Cara Transfer Saldo DANA ke OVO atau Transfer DANA ke ShopeePay seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Terlebih lagi jika transfer sesama DANA akan mendapatkan biaya admin gratis, tidak seperti ke ewallet lain yang terkena biaya admin Rp999 dari Dana per transaksi. Maka dari itu, bagi sobat dompetdigtial.info yang ingin melakukan transfer ke sesama pengguna DANA, bisa langsung ikuti caranya dibawah ini.

1. Buka Aplikasi DANA

Langkah pertama buka terlebih dahulu aplikasi DANA di hp kalian, dan jangan lupa untuk login terlebih dahulu.

2. Pilih menu Kirim

Selanjutnya, pada halaman utama DANA, kalian pilih menu Kirim.

cara transfer dana ke dana

3. Pilih Kirim ke Teman

Lalu, pada menu kirim cepat kalian pilih lagi menu Kirim ke Teman.

cara transfer dana ke dana

4. Masukkan Nomor HP DANA

Setelah itu masukkan nomor hp dana milik teman mu atau orang yang ingin kalian transfer saldo dana nya. Kalian bisa juga memilih dari daftar kontak nomor hp yang sudah di simpan. Lalu langsung saja klik, nomor hp yang keluar dari hasil pencarian.

cara transfer saldo sesama dana

5. Masukkan Jumlah Transfer

Masukkan jumlah transfer yang ingin kalian kirim ke teman kalian. Minimal transfer Rp10.000.

cara transfer saldo sesama dana

6. Masukkan PIN DANA

Langkah terakhir, masukkan PIN akun DANA kalian 6 digit untuk menyelesaikan proses transaksinya.

Tunggu beberapa saat dan saldo DANA kalian akan terpotong serta saldo tersebut akan langsung masuk ke nomor rekening DANA tujuan pada saat itu juga.

Nah, kurang lebih seperti itulah cara transfer antar pengguna aplikasi dana, gampang banget bukan? Jangan lupa, pada saat memasukkan nomor rekening atau nomor HP DANA agar lebih teliti agar tidak terjadi salah kirim. Salah satu angka saja, bisa-bisa uang yang kalian kirim akan hilang karena masuk ke rekening DANA yang tidak kalian kenal.

Cara Transfer Sesama DANA Menggunakan QRIS

Selain kalian bisa transfer sesama pengguna aplikasi DANA melalui nomor HP DANA, kalian juga bisa menggunakan metode scan QR atau kode QRIS yang ada pada aplikasi DANA. Cara ini tergolong lebih simpel karena kita hanya perlu meminta kode QR Dana dari teman kalian untuk langsung di scan dan kirim saldo.

Nah, bagi kalian yang penasaran bagaimana cara transfer DANA menggunakan QRIS bisa langsung simak selengkapnya dibawah ini.

1. Buka Aplikasi DANA

Seperti biasa, langkah pertama buka terlebih dahulu aplikasi DANA pada handphone kalian.

2. Pilih Tombol Pay

Langkah kedua kalian pilih tombol Pay yang ada di bagian bawah dengan bentuk bulan biru.

cara transfer saldo sesama dana

3. Scan Kode QRIS

Lalu scan kode QRIS Pembayaran dari temanmu, hadapkan kamera ke kode QR milik temanmu. Dan proses scan akan dimulai. Atau juga bisa melalui screenshot QR yang dikirim oleh teman di galeri, cara ini bisa kalian lakukan jika tidak sedang bersama. Caranya pilih tombol galeri pada bagian atas, lalu cari screenshot QR yang dikirim temanmu.

cara transfer saldo sesama dana pakai qris

4. Konfirmasi

Lalu akan muncul detail pembayaran, jika sudah benar pilih konfirmasi pembayaran.

cara transfer saldo sesama dana pakai qris

5. Masukkan PIN DANA

Langkah terakhir tinggal masukkan 6 digit pin Dana kalian untuk menyelesaikan proses transfer.

Jika berhasil, saldo DANA kalian akan terpotong dan akan berpindah ke nomor rekening DANA yang dituju pada saat itu juga.

Syarat Transfer Sesama DANA

Agar proses transaksi kirim saldo sesama pengguna DANA dapat berjalan lancar, ada beberapa syarat yang harus kalian perhatikan. Adapun syarat transfer antar DANA yakni:

  1. Akun dana harus sudah terupgrade menjadi akun Premium. Jika belum silahkan Upgrade DANA kalian terlebih dahulu.
  2. Minimal transfer Rp10.000.

Apabila kalian sudah memenuhi syarat tersebut, transfer saldo Dana bisa kalian lakukan dengan lancar tanpa kendala.

FAQ

Berapa biaya transfer sesama DANA?

Biaya transfer saldo sesama pengguna DANA yakni Rp1.

Minimal transfer sesama DANA berapa?

Minimal transfer untuk sesama pengguna DANA yakni Rp10.000.

Apa bisa transfer sesama DANA tanpa Upgrade?

Bisa, kalian bisa transfer saldo DANA dengan pengguna DANA lain menggunakan metode scan QR seperti yang saya jelaskan caranya diatas.

Berapa lama Saldo DANA terkirim?

Saldo akan masuk ke rekening DANA tujuan pada saat transaksi selesai, jika memang tidak ada kendala dari sistem.

Penutup

Mengirim saldo DANA antar sesama penggunanya memang sangat mudah dan gampang, namun akan terasa sulit bagi para pengguna baru. Maka dari itu, artikel ini dibuat agar bisa memudahkan bagi kalian yang ingin tahu bagaimana cara transfer dana ke dana dengan mudah dan praktis.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu bagi kita semua. Jangan lupa untuk share dan ikuti terus update informasi mengenai dompet digital masa kini di blog ini. Terimakasih.

Also Read

Bagikan:

Tags