15 Contoh Slip Gaji Karyawan dalam Berbagai Format

Adi Riyanto

Contoh Slip Gaji – Akhir bulan sebentar lagi, bagi kalian para karyawan sebuah perusahaan pasti telah menunggu momen-momen ini. Ya, momen dimana para karyawan menerima upah atau gaji karyawan setelah bekerja satu bulan. Ngomongin soal gaji, setiap perusahaan pasti memiliki format slip gajinya masing-masing, namun apakah kalian tahu seperti apa contoh slip gaji karyawan yang benar?

Slip gaji karyawan salah satu komponen yang penting dan tidak boleh luput dari perusahaan. Karyawan pasti membutuhkannya untuk berbagai keperluan sebagai salah satu syarat, serta hal yang paling penting adalah untuk melihat rincian dari uang yang diterima. Slip gaji ini juga sebagai sebuah bentuk transparansi sehingga karyawan dapat melihat berbagai komponen atau rincian gaji yang mereka terima.

Selain itu juga, di era jama modern serba teknologi ini sekarang slip gaji bisa dilakukan secara praktis secara onile. Meskipun begitu, namun kenyataanya sebagian dari masyarakat justru masih menyukai melalukan hal-hal secara manual.

Lalu, seperti apa contoh slip gaji karyawan swastta sederhana dalam word, exel, docx sampai online? Nah, untuk lebih jelasnya seperti apa slip gaji karyawan dan juga komponen-komponen pentingnya, yuk simak selengkapnya dibawah ini.

Apa itu Slip Gaji Karyawan?

Contoh Slip Gaji Karyawan

Slip Gaji adalah sebuah dokumen yang dikeluarkan setiap bulan oleh perusahaan kepada karyawannya. Slip gaji berisi rincian gaji atau upah karyawan beserta potongannya untuk periode tertentu. Dikarenakan slip gaji digunakan sebagai bukti bahwa perusahaan telah memenuhi hak karyawan, hal ini menyebabkan slip gaji menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam proses penggajian.

Perusahaan terkait secara hukum untuk mengeluarkan slip gaji secara berkala sebagai sebuah bukti pembayaran atau upah kepada karyawan dan pemotongan yang dilakukan. Regulasi tentang slip gaji tersebut telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang pengupahan. Didalam peraturan tersebut disebutkan bahwa: “Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah yang memuat rincian upah yang diterima oleh pekerja/buruh pada saat upah dibayarkan.”

Jadi dapat disimpulkan bahwa arti slip gaji karyawan sederhana ialah sebuah dokumen resmi yang memuat jumlah gaji dan jumlah potongan dari pendapatan karyawan tersebut secara sederhana dibuat dalam form atau format doc, docx, excel, word dan lain sebagainya.

Baca juga: Daftar Gaji Karyawan Indomaret Semua Jabatan

Komponen dalam Slip Gaji Karyawan

Dikarenakan slip gaji menjadi informasi lengkap atas hak karyawan yang diterima setiap bulan, atau periode tertentu, maka komponen yang ada dalam slip gaji juga harus mengacu pada aturan yang berlaku dalam pengupahan, yakni gaji pokok dan tunjangan. Seperti yang sudah dijelaskan dalam UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 berikut ini:

“Hak pekerja atau buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja atau buruh/buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang-undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja/buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan dan/atau jasa yang telah atau akan dilakukan.”

1. Gaji Pokok

Gaji pokok adalah jumlah gaji dasar yang telah disepakati antara perusahaan dengan karyawan. Besaran gaji pokok biasanya tergantung pada jenis pekerjaan atau jabatan karyawan. Menurut UU No 13 Tahun 2003, besaran gaji pokok minimum 75% dari jumlah gaji pokok dan tunjangan tetap.

2. Tunjangan

Tunjangan adalah pelengkap dari gaji pokok. Terdapat dua kelompok tunjangan,yakni tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap. Tunjangan Tepap adalah suatu pembayaran yang teratur diberikan secara tetap untuk pekerja dan keluarganya. Pembayaran tunjangan tetap bersamaan dengan pembayaran gaji pokok dan tidak dikaitkan dengan kehadiran.

Sedangkan untuk Tunjangan Tidak Tetap ialah suatu pembayaran yang diberikan secara tidak tetap dan tidak bersamaan dengan pembayaran gaji pokok.

3. Potongan

Potongan gaji berkaitan dengan kewajiban yang harus dibayar karyawan, seperti pajak penghasilan atau PPh 21, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

4. Upah Lembur

Upah lembur ialah kompensasi yang diberikan oleh perusahaan untuk karyawan yang waktu kerjanya melebihi 7 jam sehari dan 40 jam seminggu untuk 6 hari kerja, atau melebihi 8 jam sehari dan 40 jam seminggu untuk 5 hari kerja.

5. Bonus

Bonus merupakan pembayaran yang diterima pekerja dari hasil keuntungan perusahaan. Bonus juga diberikan sebagai sebuah bentuk apresiasi terhadap karyawan yang berhasil mencapai target perusahaan. Besaran pembagian bonus diatur berdasarkan kesepakatan.

Itu dia beberapa komponen yang ada di slip gaji karyawan yang perlu kalian pahami.

Format Slip Gaji Karyawan

Pada umumnya, format slip gaji sebuah perusahaan berbeda-beda tergantung dari kebutuhan perusahaan itu sendiri, namun biasanya slip gaji yang berisi detail informasi upah ini akan menggunakan format yang terdiri dari beberapa bagian seperti dibawah ini.

1. Nama Perusahaan Atau Logo

Umumnya adanya nama perusahaan dan logo bertujuan untuk menyatakan dan memastikan perusahaan yang mengeluarkan slip gaji tersebut baik secara online ataupun offline. Hal ini sangat penting sebagai sebuah identitas dan pertanggung jawaban apabila nanti diperlukan.

2. Pertanyataan Kerahasiaan Dokumen

Meskipun secara umum dan moral kerahasiaan informasi gaji seseorang memang suatu hal yang rahasia, jadi harus menyatakan kerahasiaan sebuah dokumen. Namun hal lain harus dinyatakan atau juga dituliskan dalam form slip payrol karyawan swasta dengan tujuan memberikan informasi dan meningkatkan level confidential dokumen tersebut.

3. Informasi Periode Pembayaran Gaji Karyawan

Informasi ini bertujuan untuk meminimalisir adanya kebingungan dan misinformation yang mungkin saja terjadi bila periode gaji tidak dituliskan secara lengkap dan jelas.

4. Besaran Pendapatan atau Gaji Karyawan

Besaran pendapatan atau gaji karyawan dan juga besaran potongan yang diambil dari pendapatan tersebut sehingga dapat menunjukkan pendapatan bersih karyawan selama 1 bulan. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya konflik karena karyawan merasa informasi yang diberikan perusahaan mengenai gaji kurang transparan.

5. Keterangan Rincian Gaji Karyawan

Keterangan lengkap mengenai pembayyaran gaji juga merupakan sebuah bagian penting dalam slip upah karyawan karena dapat memperlihatkan penghasilan karyawan dalam tahun berjalan sebelum dikurangi dan sesudah dikurangi oleh pajak.

Contoh Slip Gaji Karyawan dalam Berbagai Format

Setelah kalian memahami apa itu slip gaji, komponen dan juga format slip gaji karyawan, selanjutnya kalian bisa melihat seperti apa dan contoh-contoh slip gaji karyawan dalam berbagai format. Dibawah ini sudah saya rangkum dari berbagai sumber kumpulan contoh slip gaji karyawan dalam berbagai format seperti docx, excel, word dan lainnya.

1. Contoh Slip Gaji Karyawan Sederhana

Contoh Slip Gaji Karyawan Sederhana

Contoh Slip Gaji Karyawan Sederhana

Contoh Slip Gaji Karyawan Sederhana

2. Contoh Slip Gaji Karyawan dengan Microsoft Word

Contoh Slip Gaji Karyawan dengan Microsoft Word

3. Contoh Slip Gaji Karyawan dengan Microsoft Excel

Contoh Slip Gaji Karyawan dengan Microsoft Excel

4. Contoh Slip Gaji Karyawan BUMN

Contoh Slip Gaji Karyawan BUMN

Contoh Slip Gaji Karyawan BUMN

5. Contoh Slip Gaji Direktur

6. Contoh Slip Gaji PNS

Contoh Slip Gaji PNS

7. Contoh Slip Gaji Karyawan Toko

Contoh Slip Gaji PNS

Contoh Slip Gaji PNS

8. Contoh Slip Gaji Karyawan Hiotel

9. Contoh Slip Gaji Guru

Contoh Slip Gaji Guru

10. Contoh Slip Gaji Honorer

11. Contoh Slip Gaji Karyawan

Contoh Slip Gaji Karyawan

Nah itu dia beberapa contoh atau template slip gaji karyawan dari berbagai profesi dan format yang bisa kalian pahami.

Fungsi dan Manfaat Slip Gaji Karyawan

Yang terakhir, agar semakin paham tentang slip gaji perusahaan, kalian juga harus pahami apa manfaat dan fungsi dari slip gaji itu sendiri. Berikut beberapa manfaat dan fungsi dari penggunaan slip gaji:

Mengetahui Rincian Gaji Karyawan

Yang pertama sudah pasti slip gaji karyawan sebagai sebuah dokumen untuk melihat rincian dari gaji atau upah yang kita terima. Karyawan dapat mempelajari lebih detail mengenai komponen apa saja yang mereka terima yang dapat menjadi unsur penambahan atau pengurangan gaji mereka. Selain itu, hal ini juga bisa mengurangi adanya risiko kesalahan saat penghitungan gaji karyawan. Hal ini juga bentuk tanggung jawab perusahaan untuk mencipatakn transparansi terhadap karyawan mereka.

Untuk Mengajukan Kredit, KPR atau Semacamnya

Biasanya dokumen slip gaji atau slip upah pembayaran ini diperlukan sebagai salah satu syarat untuk pengajuan berbagai macam jenis kredit. Baik itu kredit KPR, pengajuan kredit atau kenis kredit lainnya yang membutuhkan data slip gaji karyawan. Hal ini biasanya digunakan untuk pertimbangan kemampuan pembayaran atau angsuran orang yang mengajukan kredit.

Untuk Negosiasi Gaji ketika Melamar di Perusahaan Baru

Contoh fungsi lain dari slip gaji yaitu sebagai syarat administari ketika melamar pekerjaan baru. Dara dari slip upah pembayaran ini akan digunakan sebagai acuan untuk negosiasi gaji. Biasanya perusahaan yang baru akan menanyakan beberapa besar gaji sebelumnya sebagai acuan pemberian gaji yang baru.

Nah itu dia tadi beberapa informasi dan pembahasan mengenai slip gaji karyawan dan juga contoh-contoh slip gaji karyawan dari berbagai format dan profesi. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa dijadikan referensi bagi kalian yang sedang mencari info tentang slip gaji karyawan terbaru.

Also Read

Bagikan:

Tags