12 Rekomendasi Set Top Box TV Digital Terbaik Oleh Kominfo

Adi Riyanto

Rekomendasi Set Top Box – Menonton TV sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, dengan menonton TV kita bisa mendapatkan informasi dari media-media berita yang menyiarkannya. Atau juga bisa menjadi tempat mencari hiburan dikala sedang penak, lelah dengan aktivitas sehar-hari, pulang kerja dan istirahat dirumah. Dengan ditemani cemilan dan berkumpul bersama keluarga dirumah, nonton tv akan semakin menyenangkan. Namun sayangnya, tayangan Televisi di Indonesia seringkali kurang bagus atau biasa dikenal dengan berbintik atau bersemut yang menjadikan gambar yang ditampilkan kurang jelas.

Rekomendasi Set Top Box TV Digital

Biasanya hal TV berbintik atau bersemut ini dialami di wilayah-wilayah tertentu di Indonesia, seperti plosok desa misalnya. Tentunya hal seperti itu bikin kesel, dimana ketika ingin menonton acara favorit kita menjadi kurang bagus dan kurang memuaskan.

Meskipun begitu, bagi kalian yang mengalami TV berbintik atau bersemut, sekarang tidak perlu khawatir lagi. Karena saat ini Pemerintah Indonesia sedang melakukan migrasi ke sistem digital. Dengan jaringan Televisi Digital inilah kita dapat menonton tv tanpa adanya bersemut pada layar TV kalian. Jaringan digital akan menghasilkan tayangan pada televisi kalian menjadi lebih jernih dan beresolusi tinngi. Dan pastinya kalian akan betah berlama-lama didepan tv untuk menonton berbagai acara favorit kalian.

Sayangnya, tidak semua TV sudah mendukung jaringan digital, apalagi TV bukan keluaran terbaru. Nah, jika TV kalian yang gunakan belum mendukung jaringan digital, kalian tidak perlu membeli TV baru. Kalian bisa menggunakan perangkat set top box pada TV kalian untuk menangkap sinyal digital. Dengan begitu kalian tidak perlu mengganti TV yang lama untuk mendapatkan siaran Digital. Bagi kalian yang belum tahu Apa itu Set Top Box? Simak penjelasannya dibawah ini sampai akhir.

Apa itu Set Top Box di TV?

apa itu set top box?

Set-top box atau STB sering disebut juga dengan sebutan receiver, dekoder, converter atau pengubah sinyal. Fungsinya untuk menangkap sinyal siaran TV digital yang akan disalurkan ke TV yang kita gunakan. Perangkat Set Top Box ini dipasang pada TV yang belum mendukung standar siaran digital, baik itu TV tabung ataupun layar datar.

Set Top Box ini diperlukan agar TV analog yang kita gunakan dapat menerima siaran TV digital, pasalnya TV tabung sudah pasti tergolong dalam TV analog yang tidak bisa menerima siaran digital, sedangkan untuk TV layar datar belum semuanya dapat menerima sinyal digital.

Untuk penggunaanya, STB ini tetap membutuhkan yang namanya antena, seperti pada TV analog. Satu antena ini bisa digunakan untuk banyak TV dengan cara memasang perangkat booster dan splitter. Antena UHF atau VHF lama milik kalian masih bisa digunakan bersama set top box ini, namun satu set-top box hanya bisa digunakan untuk satu TV saja.

Jika memabandingkan siaran TV analog, siaran TV digital lebih stabil sehingga menghasilkan gambar yang lebih jernih dan tidak berbayang bahkan berbintik. Untuk saluran channel TV siaran digital juga lebih banyak dibandingkan dengan analog. Selain itu, menggunakan set top box juga tidak perlu jaringan internet atau biaya langganan lain. Kalian hanya perlu beli perangkat set top box saja lalu dipasang pada tv kalian.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa itu set top box? dengan menambahkan set-top box pada TV kalian akan lebih bisa menikmati siaran digital tanpa perlu membeli TV baru ataupun antena baru. Jadi lebih mengehemat pengeluaran bukan?

Sekarang tinggal kalian untuk menentukan perangkat set top box seperti apa yang ingin dibeli. Untuk mempermudah kalian agar tidak bingung, dibawah ini sudah kami rangkum kumpulan rekomendasi set top box TV Digital Kominfo yang bisa kalian pilih dan disesuaikan dengan budget kebutuhan kalian.

11 Rekomendasi Set Top Box TV Digital oleh Kominfo

Sudah banyak sekali produk set top box dari merek ternama yang ada dipasaran. Produk-produk set top box TV digital tersebut memiliki kualitas yang cukup baik namun juga memiliki harga yang terjangkau di kantong. Misalnya sepeti rekomendasi set top box TV digital dari Kominfo dibawah ini yang bisa jadi pilihan kalian.

1. GOLDSAT Revo DVB T2

GOLDSAT Revo DVB T2

Yang pertama ada Set Top Box yang cukup laris dan banyak dicari di Online Shop yakni dari STB Goldsat Revo DVB T2. Set top box ini memiliki kualitas gambar Full HD 1080p dan juga bisa memutar format video seperti Avi dan Mkv. Selain itu, set top box ini juga mendukung untuk menyajikan tontonan online seperti dari Youtube.

Di STB ini terdapat port USB yang bisa dipasangkan untuk Wifi dongle. Untuk penggunaanya hanya membutuhkan antena TV UHF. Fitur lain yang ada di set top box Goldsat Revo DVB T2 ini dapat membuka file forma JPEG, BMP, dan musik mp3. STB ini juga didukung dengan koneksi eksternal memori dari portable hard drive atau HDD. Sudah tidak diragukan lagi dengan kualitas dari perangkat ini dan juga sudah tersertifikasi dari Kominfo.

2. Matrix Apple DVB-T2

Matrix Apple DVB-T2

Yang kedua ada set top box dari merek matrik yaitu Matrix Apple DVB-T2, merek ini sudah cukup populer sebagai penyedia receiver parabola. Untuk memenuhi akan permintaan pasar tentang perangkat set top box TV Digital, kini Matrix mengeluarkan Matrix Apple DVB T2 yang memiliki harga terjangkau, harganyapun hanya berkisaran 200 ribuan yang bisa kalian dapatkan di toko online atau offline di daerah kalian.

Meskipun harga terbilang cukup murah, set top box keluaran dari Matrix ini mendapatkan banyak review positif mengenai produk set top box TV digital terbaik ini, hal ini karena menggunakan antena UHF yang digadang-gadang bisa menangkap sinyal digital dengan lebih baik daripada produk lain. Karena hal itulah membuat set top box Matrix ini dapat menghasilkan gamabr yang lebih jernih dan bagus. Selain itu, set top box Matrix Apple DVB T2 ini juga sudah dilengkapi dengan 2 output HDMI dan juga RCA, serta terbebas dari biaya bulanan.

3. Tanaka DVB-T2

Tanaka DVB-T2

Set top box terbaik selanjutnya yang tidak kalah populer dari merek Matrix yaitu Tanaka DVB-T2. Produk set top box ini belum lama hadir yang telah mengantongi sertifikasi KOMINFO untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan siaran TV Digital.

Sama hal nya dengan produk set top box lainnya, STB Tanaka DVB T2 ini menggunakan antena UHF, yang dilengkapi dengan alarm peringatan akan bencana atau early warning system, dan kompatibel juga dengan penggunaan WiFi. Untuk konektornya sendiri, set top box TV digital terbaik ini sudah dilengkapi dengan port USB, HDMI, Jack Aerial Antena sampai RCA.

4. Polytron DVB-T2 PDV 600T2

Selanjutnya ada set top box yang datang dari produsen barnag elektronik yang tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita, yakni Polytron. Polytron pun tidak mau ketinggalan untuk dengan merek lain, dimana merek ini juga memproduksi perangkat set top box untuk siaran tv digital. Salah satu produk terbarunya yang bisa menjadi alternatif bagi kalian yang sedang mencari rekomendasi set top box TV digital Kominfo dengan kualitas terbaik yakni Polytron DVB-T2 PDV 600T2 sebagai perangkat penerima sinyal TV digital masa kini yang tentunya sudah tidak diragukan lagi.

Terdapat beberapa fitur dalam perangkat set top box Polytron ini, diantaranya seperti fitur Sistem Peringatan Dini (EWS), produk set top box TV digital kominfo ini dapat menjadi pengingat apabila terjadi bencana. Selain itu, merek set top box Polytron ini juga mempunyai fitur EPG atau Panduan Jadwal Program Siaran, yang dapat memutar scara Full HD 1080p, fitur perekam acara favorit atau PVR, sampai fitur time shift yang bisa memungkinkan pengguna menggeser waktu siaran.

5. Luby DVB T2-01

Selanjutnya ada merk Luby yang masuk dalam jajaran merk set top box yang cukup populer. Salah satu produk set top box Luby ialah Luby DVB T2-01. Set Top Box ini harganya cukup murah, hanya sekitar 150 ribuan saja. Namun, untuk produk ini memiliki sensitivitas yang baik terhadap sinyal yang dikirim dari antena. Selain itu, kalian tidak hanya menonton tv saja, kalian juga bisa menjadikan perangkat set top box Luby ini sebagai smart TV. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan menghubungkan dongle WiFi lalu kalian bisa menonton berbagai video dari Youtube.

Ada juga berbagai fitur menarik yang ada di perangkat ini, salah satunya seperti EWS, melalukan pause pada siaran TV manapun, merekam dna menyimpan siaran pada flash disk atau hard drive, dan masih banyak lagi fitur lainnya. Dengan harga murah tersebut kalian bisa menikmati fitur canggih yang dimiliki set top box Luby ini.

6. Advance STB DVB-T2

Set Top Box TV Digital terbaik selanjutnya ada Advance STB DVB-T2, STB ini memiliki resolusi 1920×1080 dengan output yang jernih dan juga dapat menambah pengalaman menonton TV di rumah bersama keluarga semakin nyaman. Kalian juga bisa menggunakan antena UHF atau Digital outdoor untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih jernih.

STB ini juga menjadi salah satu set top box terbaik yang memiliki port USB, HDMI, AV dan WiFi (untuk versi wifi). Lalu didalam box nya juga terdapat 1 unit STB 1080p DVB-T2, 1 unit remote control, 1 unit AV cable dan 1 unite buku panduan. Harganya pun cukup bersaing dengan merek-merek STB populer lainnya, anda bisa cek langsung pada tombol diatas.

7. Evinix H1 DVB T2 Cast

Set top box murah lainnya yang bisa kalian lirik juga ada dari merk Evinix, hanya dengan kurang dari 200 ribu, kalian sudah bisa memasang perangkat set top box ini di TV analog kalian. Meskipun terbilang murah, Evinix H1 DVB T2 Cast ini dapat memberikan fitur canggih yang bisa kalian rasakan setelah memasangnya di TV kalian.

Set top box ini sudah mendukung fungsi MeeCast, melalui fitur ini kalian bisa berbagi konten dalam hp atau ponsel kalian untuk bisa ditampilkan di layar televisi, misalnya seperti video, musik, gambar, dan lain sebagainya. Produk ini juga dilengkapi dengan dual UI serta adaptor yang berfungsi untuk menerima siaran digital DVB T2 melalui antena UHF biasa maupun antena UHF digital. Ada beberapa varian yang bisa kalian jumpai untuk produkni, salah satunya bahkan bisa kalian gunakan untuk menonton youtube melalui TV.

8. Akari Set Top Box ADS-525

Selain produsen elektronik seperti polytron, ada juga produsen elektronik lain yang mengadirkan perangkat set top box tv digital, Akari salah satunya. Merek produk elektronik ini juga termasuk merk yang cukup populer di Indonesia. Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi bagaimana kualitas dari merk ini yang mana sudah puluhan tahun berpengalaman dengan kualitas produknya di Indonesia.

Salah satu set top box yang cukup populer dari akari yaitu Akari Set Top Box ADS-525. Set top box yang memiliki harga murah ini hanya dibanderol dengan harga 200 ribuan saja. Perangkat ini memiliki fitur peringatan dini bencana alam serta dukungan fungsi EGP atau Electronic Program Guide selama 7 hari. Fitur unggul lainnya yang ada di set top box Akari ini yaitu adanya OSD Bahasa Indonesia dan Inggris, indikator level sinyal dan tingkat kualitas, memiliki penyimpanan program tinggi sampai 999 program serta dapat merekam dan memutar kembali acara TV maupun radion.

9. Skybox Set Top Box DVB-T2

Merek set top box populer lainnya adalah Skybox. Ada banyak model set top box yang dikeluarkan oleh merek ini. Satu di antaranya adalah Skybox Set Top Box DVB T2 yang sudah mendukung siaran dengan kualitas Full HD yang tajam dan jernih. Kompatibilitas perangkat set top box ini cukup luas, bisa dipakai pada TV merek apa pun dan jenis apa pun – LCD, LED, Plasma, bahkan TV tabung sekalipun. Terdapat juga slot USB agar Anda dapat merekam dan menyimpan siaran TV pada USB flash disk atau HDD external.

Slot USB ini juga bisa dimanfaatkan untuk memutar media dengan berbagai format seperti mp4, mov, mkv, div, mpg, dan masih banyak lagi. Yang membuatnya unik, terdapat layar LED pada unit yang cukup jelas – juga dilengkapi dengan performa profesor yang lebih canggih.

10. Venus Brio DVB-T2

Ada lagi satu merek set top box yang menawarkan produk yang dapat kalian gunakan untuk menonton siaran televisi tanpa noise dan bayangan pada gambar. Merek tersebut Venus dengan produknya Venus Brio DVB-T2. Venus Brio DVB-T2 adalah dekoder untuk menampilkan siaran digital dengan ketajaman baik. Juga, fungsinya untuk memenuhi kebutuhan multimedia Anda dengan berbagai resolusi film yang bisa diputar pada TV jenis apapun.

Fitur EWS (Early Warning System) yang diusung pada unit ini telah bekerja sama dengan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) sehingga bisa dipastikan data yang diterima sangat akurat.

Tak cukup di situ, unit set top box ini juga memiliki ketahanan sinyal yang baik meski dipasang pada mobil dengan laju yang cepat. Anda dijamin bisa menonton siaran digital dengan kualitas yang stabil meski di dalam kendaraan.

11. Set Top Box Visat U1

Set top box merek Visat juga cukup populer. Salah satunya adalah Receiver TV Set Top Box Visat U1 yang bisa Anda dapatkan di bawah 200 ribuan. Fitur yang ditawarkan oleh set top box ini tidak kalah dengan produk sejenis di kelas harga yang sama. Receiver TV Set Top Box Visat U1 mendukung fungsi PVR sehingga Anda bisa merekam siaran televisi ke flashdisk / hardisk portabel. Ia juga memiliki fitur pemutar multimedia yang mendukung beragam format, seperti Mp3, Mp4, Jpeg, Mkv, dan lain sebagainya.

Lalu, Receiver TV Set Top Box Visat U1 juga mendukung itur EPG (Electronic Program Guide) sampai 7 hari, memiliki kapasitas penyimpanan hingga 1000 kanal TV dan program radio, mendukung fungsi editing channel (favorit, memindahkan, mengunci, dll), dan lain sebagainya.

12. Evercross STB Pro

Salasatu pilihan STB yang bisa jadi pilihan yaitu Evercross STB Pro. Salahsatu set top box tv digital terbaik ini merupakan penerima siaran Televisi digital yang memiliki fitur resolusi full HD sehingga membuat Anda yang menonton TV menjadi semakin nyaman karena kualitas gambarnya menjadi sangat bagus.

Selain itu, STB ini juga dapat merekam ketika siaran sedang dilakukan. Beberapa port yang tersedia pada STB ini yaitu port HDMI, USB, dan WiFi dongle. Didalam kardus-ny berisi 1 unit STB, 1 unit kabel power, 1 unik remote dan 1 unit kabel RCA.

13. Xtreamer BIEN 3

Tidak kalah menarik dari produk lainnya, hadir set top box TV digital Xtreamer BIEN 3, yang dapat Anda gunakan pada TV digital kesayangan. set top box TV digital ini akan dapat mewujudkan keinginan Anda untuk menonton segala macam siaran dari berbagai saluran TV, mulai dari lokal hingga internasional.

Hadir dengan display yang Full HD, set top box TV digital Xtreamer BIEN 3 ini memungkinkan Anda untuk dapat memutar media dengan resolusi mencapai 1080p. Selain itu, set top box TV digital terbaik ini juga telah dilengkapi dengan fitur parental lock yang memungkinkan Anda untuk mengatur saluran yang tidak layak bagi anak, fitur early warning system sebagai pemberi peringatan akan bencana, serta time shifting yang bisa Anda gunakan sebagai tombol pause dan rewind, agar Anda dapat menonton kembali tayangan favorit meskipun tayangan tersebut sudah terlewatkan.

Nah itu dia deretan rekomendasi set top box tv digital terbaik yang bisa jadi pilihan kalian semua. Dengan menggunakan set top box, menonton tv akan lebih nyaman dengan kualitas gambar yang jelas.

Tips Memilih Set Top Box TV Digital Yang Baik

Sebelum kalian membeli set top box, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal tentang STB yang baik yang bisa menangkap siaran digital di Indonesia. Simak selengkapnya dibawah ini:

1. Produk harus mendukung siaran digital di Indonesia

Set top box memang sudah dilengkapi dengan fitur pencarian saluran digital, akan tetapi fitur ini tidak serta merta menjamin bahwa STB tersebut mendukung siaran digital di wilayah Indonesia. Siaran digital di Indonesia sendiri menggunakan standar Digital Video Broadcasting-Terrestrial Second Generation atau DVB-T2.

Selain memastikan set top box sudah DVB-T2, kalian juga harus memperhatikan seperti:

  • Keterangan DVB-T2 baiasanya sudah ada pada kemasan atau di box Set Top Box.
  • Kominfo melalaui kampanye MODI juga memberikan keterangan khusus pada STB jika di kemasan STB tertulis “Siap Digital” atau gambar MODI, dengan begitu dapat dipastikan STB tersebut sudah mendukung siaran digital di Indonesia.
  • Selanjutnya kalian juga perlu mengecek sinyal di wilayah kalian untuk menikmati siaran TV digital. Jadi pastikan wilayah kalian sudah terjangkau oleh siaran digital agar saluran TV digital tampil di layar TV dengan cakupan siaran Digital yang kuat akan menampilkan jumlah saluran yang lebih banyak.
  • Bisa menggunakan antena UHF atau VHF di dalam atau diluar rumah untuk menangkap sinyal. Pengecekan siaran digital dapat dilakukan dengan mengisntal aplikasi Sinyal TV Digital di Google Play Store atau App Store.

2. Periksa spesifikasi Set Top Box sesuai kebutuhan

Produk STB yang dijual di pasaran biasanya terdiri dari perangkat set top box, remote dan kabel. Agar kalian tidak bingung untuk memilih STB yang baik, berikut beberapa point untuk pemilihan set top box yang bagus:

  • Biasanya, STB dilengkapi dengan port USB untuk menghubungkan flashdisk atau hard disk, memori eksternal tersebut digunakan sebagai media penyimpanan saat meerekam TV atau mebuka file dan juga upgrade software.
  • Agar kalian dapat menimati fitur perekam siaran TV, pastikan juga adanya keterangan Personal Video Recoder atau PVR pada STB yang kalian beli.
  • Apabila set top box yang kalian beli mendukung Internet Protocol Television atau IPTV, Set Top box juga bisa menangkap siaran TV online dan streaming Youtube melalu layar Televis kalian. Siaran tersebut bisa kalian dapatkan dengan menambah perangkat USB Wi-Fi dongle sebagai sumber internet. USB Wi-Fi dongle dijual secara terpisah dan memerlukan adanya paket internet agar bisa kalian gunakan.

Di setiap Set Top Box TV Digital memiliki berbagai sepesifikasi yang berbeda dari merek satu dengan merek yang lainnya, baik dalam segi fitur, dan juga kelebihannya. Jika kalian hanya ingin mendapatkan siaran digital di Indonesia, maka kalian hanya perlu membeli STB standar saja. Namum jika ingin menonton siaran digital sekaligus TV online, maka pastikan membeli Set Top Box yang sudah mendukung IPTV, selain itu kalian juga perlu membeli perangkat tambahan dan paket internet untuk bisa menonton TV online.

3. Pilih Merek STB Rekomendasi Kominfo

Pemerintah Indonesia melalui Kominfo memberikan sertifikasi pada perangkat STB yang mendukung siaran Digital. Sertifikasi tersebut sebagai jaminan bahwa STB bisa digunakan dan semua fitur siaran digital dapat berfungsi dengan optimal.

Adapun beberapa merek STB yang sudah di umumkan Kominfo yang diberi sertikasi Kominfo diantaranya seperti merek, Polytron, Ichiko, Akari, Venus, Tanaka, Matrix, Evercoss, Nexmedia,Evinix, Advan dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya STB yang menggunakan standar DVB-T2 tanpa sertifikasi dari Kominfo tetap bisa menerima siaran digital, namun untuk memastikan STB bisa menerima siaran digital di Indonesia, lebih baik untuk pertimbangakan dan memilih STB yang sudah bersertifikasi Kominfo. Untuk mengecek merek STB yang sudah tersertifikasi Kominfo, kalian bisa membuka laman resmi Siaran Digital Indonesia.

Baca juga: Harga CCTV yang Bisa di Pantau Lewat HP

Manfaat Menggunakan Set Top Box TV Digital

Setelah kalian mengetahui beberapa pilihan set top box terbaik yang bisa kalian beli, kalian juga perlu mengetahui apa sih manfaat dan kegunaan set top box TV Digital ini. Karena dengan membeli perangkat STB ini kalian bisa mendapatkan banyak sekali manfaat dari penggunaan STB TV Digital. Lalu, apa saja manfaat tersebut? Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan:

1. Harga Lebih murah dari pada harus membeli TV Digital

Salah satu manfaat pertama atau keunggulan dari STB TV digital ini yaitu harganya yang lebih terjangkau daripada kalian harus membeli TV baru yang sudah mendukung siaran Digital. Pada saat ini sudah banyak sekali TV yang bisa menangkap siaran digital tanpa harus dilengkapi STB. Akan tetapi, bagi kalian yang masih memiliki TV dirumah baik itu TV analog atau TV datar, kalian bisa menggunakan STB ini untuk mendapatkan siaran digital di rumah kalian. Jadi kalian tidak perlu mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk membeli TV baru.

2. Tidak membutuhkan antena parabola khusus

Dengan menggunakan STB ini kalian tidak perlu mengganti antena dengan parabola khusus, kalian bisa memanfaatkan antena TV UHF atau VHF dengan hasil gambar yang jauh lebih jernih dibandingkan dengan TV analog atua bisa juga menggunakan TV Digital abgi indoor ataupun outdoor.

3. Saluran channel TV lebih banyak

Kelebihan atau manfaat selanjutnya dari menggunakan Set Top Box TV Digital ialah memiliki banyak saluran atau channel TV yang lebih beragam. Jika sebelumnya TV analog menggunakan antena hanya bisa menangkap channel TV lokal saja dengan gambar yang kurang bagus atau jernih, lain halnya jika menggunakan digital TV atau perangkat STB yang dapat menghasilkan berbagai channel dengan tampilan jernih.

4. Bisa membuka format Video

Bagi kalian yang ingin memutar video dari hp atau flashdisk untuk di tonton di TV sangat bisa sekali. Karena ini juga salah satu kelebihan penggunaan set top box yang dapat membaca format video. Kalian hanya perlu mencolokan USB yang berisi video yang ingin di tonton pada set top box TV digital terbaik. Setelah itu kalian dapat memutar video tersebut untuk dapat menontonya di layar televisi kalian.

5. Tanpa perlu berlangganan

Sebagian dari kalian pasti sudah mengenal dengan istilah TV kabel atau parabola yang membuat siaran jauh lebih jernih dan channel lebih banyak. Akan tetapi, kedua hal tersebut memerlukan baiaya berlangganan setiap bulannya, yang memungkinkan pemilik harus membayar tagihan di setiap bulan.

Nah, untuk penggunaan set top box TV sendiri kalian bisa mendapatkannya secara gratis tanpa harus berlangganan. Yang perlu kalian lakukan hanya cukup membeli STB TV digital terbaik sekali saja dan siap untuk digunakan tanpa harus keluar biaya bulanan.

Itu dia manfaat atau keunggulan menggunakan set top box TV digital, jadi kalian tidak perlu ragu lagi bukan? Tanpa harus membeli TV baru kalian bisa mendapatkan siaran digital baik di TV analog ataupun TV datar dan terlebih lagi semua tanpa biaya bulanan.

Pertanyaan Umum Seputar Set Top Box TV Digital

Dibawah ini juga ada beberapa usalan mengenai pertanyaan umum seputar Set Top Box TV Digital atau STB yang mungkin dapat membantu kalian semua.

1. Apa merk set top box yang paling bagus?

Ada banyak sekali produsen baik dari produsen elektronik yang sudah menghadirkan perangkat Set Top Box TV Digital. Beberapa merk yang paling populer dan bagus diantaranya seperti dari merk Advance, Matrix, Polytron, Visat, Tanaka, Akari dan masih banyak lagi lainnya. Adapun seperti yang sudah kami rekomendasi set top box TV Digital terbaik diatas tadi.

2. Apakah set top box bisa menonton channel luar negeri?

Selain dapat menyiarkan siaran TV Digital, STB juga bisa menonton ratusan channel TV lokal dan luar negeri asalkan Set Top Box yang kalian gunakan sudah mendukung fitur Internet Protocol Television atau IPTV.

3. Apakah set top box bisa nonton Youtube?

Ya bisa, yang penting perangkat set top box yang kalian miliki sudah mendukung IPTV atau Internet Protocol Television seperti yang sudah kami jabarkan sebelumnya. Dan ini tentu kalian membutuhkan jaringan internet seperti Wifi.

4. Apakah set top box bisa untuk TV tabung?

Jawaban tentu saja bisa, pertanyaan ini mungkin yang sering kalian pertanyakan persoalan TV Digital. Bagi kalian yang memiliki TV tabung tetap bisa menikmati siaran TV Digital dengan bantuan perangkat Set Top Box atau STB.

5. Set top box menggunakan antena apa?

Penggunaan set top box masih memerlukan yang namanya antena, karena antena berfungi untuk menangkap sinya. Masyarakat dapat menggunakan antena rumah biasa atau antena UHF dan Set Top Box untuk menonton siaran TV digital.

6. Berapa harga set top box TV Digital?

Daftar harga set top box TV Digital cukup beragam tergantung kalian membeli dari merek apa, harganya pun dikisaran 200 ribu sampai 400 ribuan. Kalian bisa cek info harga pada tombol yang sudah kami siapkan diatas tadi.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai rekomendasi set top box TV Digital terbaik oleh Kominfo yang bisa kalian dapatkan. Dengan menggunakan set top box tentu akan membuat nonton tv kita menjadi nyaman dan lebih jernih untuk tampilannya, selain itu pilihan channel atau saluran TV juga cukup banyak. Kalian pun tidak perlu khawatir dengan masalah biaya bulanan, karena penggunaan STB ini tidak membutuhkan biaya bulanan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dijadikan referensi bagi kalian yang sedang mencari perangkat set top box terbaik dari kominfo.

Also Read

Bagikan:

Tags