12 Ciri Pinjaman Proses Cepat, Aman dan Terbaik!

Adi Riyanto

Belakangan banyak orang yang menanyakan ciri pinjaman proses cepat dan terbaik. Apalagi kini perusahaan pinjaman multifungsi beroperasi sepenuhnya secara online.

Tentu saja, ini akan menguntungkan ketika Anda membutuhkan suntikan dana karena berbagai alasan. Terlepas dari hal itu, Anda harus pintar-pintar dalam memilih lembaga yang tepat dan diawasi OJK.

Karena ini menyangkut uang, perusahaan pinjaman masih diatur oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan Indonesia.

OJK memiliki ketentuan tersendiri untuk menghindari kredit macet dan kesulitan lain dalam prosedur kredit. Hal ini juga dapat digunakan sebagai pedoman saat memilih paket pinjaman keuangan.

Pinjaman Proses Cepat

Ciri-ciri Pinjaman Proses Cepat Terbaik

Sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya verifikasi daftar lembaga keuangan yang terdaftar ke OJK.

Perusahaan yang telah terdaftar telah menunjukkan kepatuhan terhadap persyaratan dan peraturan pemerintah yang mengatur layanan kredit online. Berikut ini adalah beberapa ciri pinjaman proses cepat yang paling efektif untuk dipertimbangkan.

1. Legal

Perusahaan pinjaman cepat yang ternama tentu akan memiliki legalitas dalam bentuk badan usaha. Tujuannya adalah untuk melindungi konsumen yang mencari pinjaman.

Legalitas suatu perusahaan merupakan nilai kredibilitas yang berbeda dan terkait dengan kesehatan keuangannya. Jika diibaratkan, bagaimana perusahaan yang bermasalah secara finansial dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan?

2. Bunga

Pinjaman proses cepat rata-rata menggunakan sistem bunga harian. Akibatnya, perusahaan berlisensi OJK tidak boleh mengenakan bunga nominal lebih dari 1% per hari.

Pembatasan ini, menurut OJK, merupakan langkah untuk memperkecil kemungkinan terjadinya kredit macet dalam jangka waktu yang ditentukan.

3. Layanan Customer Care

Syarat lain yang harus dipenuhi oleh perusahaan pinjaman terpercaya adalah adanya customer support atau yang disebut call center. OJK mensyaratkan lembaga pinjaman untuk memiliki divisi dalam mengelola masalah nasabah. Jadi, pilih perusahaan fintech dengan nomor telepon yang fixed ya!

4. Transparansi

Semua transaksi antara lembaga keuangan dan konsumennya harus sejelas mungkin. Unsur transparansi dalam hal ini adalah nasabah atau calon nasabah harus mengetahui tingkat suku bunga, jatuh tempo, perhitungan penalti dan sanksi, dan topik sensitif lainnya sejak awal.

Menurut OJK, tujuan keterbukaan adalah agar klien dapat mengelola uangnya setelah menerima pinjaman proses cepat. Selain itu, OJK selalu berharap agar nasabah bank online tidak terlilit utang karena tidak memahami ketentuan pinjam meminjam tersebut.

5. Status Aplikasi

Salah satu komponen layanan pinjaman adalah kecepatan penyelesaian semua proses. Dari pengajuan hingga verifikasi hingga pembayaran pendanaan. Semua prosedur ini dapat diselesaikan dalam satu hari.

Akibatnya, lembaga pemberi pinjaman terpercaya harus menyediakan forum di mana pelanggan dapat melacak status aplikasi mereka. Dimana prosedurnya, apakah permohonan disetujui atau ditolak? Kenyamanan ini merupakan salah satu aspek dari transparansi poin sebelumnya.

6. Sikap Perusahaan Terhadap Nasabah

Perusahaan pemberi pinjaman proses cepat pasti akan memiliki standar layanan yang tinggi. Hal itu dilakukan karena berada di bawah pengawasan OJK. Saat berinteraksi dengan pelanggan, perusahaan harus menghindari sikap memaksa. Bahkan saat mereka membuat penawaran, pelanggan tetap yang memberikan keputusan.

Selain itu, perusahaan terpercaya tidak akan membebankan biaya apa pun selain biaya potongan. Biaya itu pun akan ditarik ketika dana sudah siap dicairkan. Jika Anda terpaksa membayar biaya tambahan di muka, segera beritahukan kepada OJK atau YLKI yang bertanggung jawab atas para pelanggan.

7. Memiliki Alamat Kantor yang Jelas

Satu hal yang harus Anda pastikan adalah pinjaman online terpercaya memiliki alamat kantor yang jelas. Perusahaan terbaik biasanya membeberkan alamat lengkapnya di website resmi atau media sosial resminya.

Hal ini dilakukan untuk meyakinkan pelanggan bahwa organisasi tersebut dapat dipercaya dan sah. Selanjutnya, jika muncul masalah, Anda bisa langsung mendatangi alamat kantor yang disediakan oleh perusahaan pinjaman dengan mudah.

8. Jaringan Kantor Cabang Luas

Ciri-ciri pinjaman terbaik untuk selanjutnya adalah harus memiliki kantor cabang di berbagai lokasi. Jadi, mengajukan pinjaman, melakukan pembayaran, dan mencari solusi jika ada masalah akan jauh lebih mudah, tanpa perlu pergi ke kantor cabang yang jauh.

9. Syarat Pengajuan Pinjaman Mudah

Saat mengajukan pinjaman proses cepat, setiap debitur mengharapkan prosedur sederhana yang mudah dipenuhi dan mempercepat prosedur pencairan pinjaman.

Karenanya, pilih perusahaan yang menawarkan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Dengan produk KTA, Anda tidak perlu menjaminkan aset apapun untuk memperoleh dana pinjaman.

10. Tidak Ada Batasan Penggunaan Dana Pinjaman

Selain tidak memiliki agunan atau jaminan, sebaiknya pilih perusahaan yang menawarkan produk pinjaman umum. Alhasil, tidak ada kendala bagaimana dana pinjaman bisa digunakan. Anda bisa menggunakannya untuk memulai bisnis, membayar sekolah, perawatan kesehatan,hingga merenovasi rumah.

11. Suku Bunga Tetap

Debitur tentu saja harus mengevaluasi besarnya bunga. Namun, awasi sistem pemberlakuan bunga. Pilih sistem flat rate atau fixed interest yang akan berlaku hingga masa cicilan selesai. Dengan begitu, bunga tidak akan naik.

12.  Terdaftar di OJK

Ciri pinjaman proses cepat selanjutnya, perusahaan  yang Anda pilih harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan memiliki izin serta legalitas perusahaan.

Dengan demikian, semua transaksi aman, dan debitur memiliki hak dan perlindungan hukum berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Perlu diketahui bahwa saat ini terdapat dua jenis perusahaan yang bekerja di era perkembangan perbankan yang semakin maju. Khususnya bank tradisional yang melayani baik secara online maupun offline, serta bank digital yang melayani seluruh sistem melalui internet.

Penutup

Nah, itu dia ciri-ciri perusahaan pinjaman proses cepat dan kredibilitas tinggi. Dengan begitu, Anda bisa mencari lembaga keuangan yang siap membantu jika memang membutuhkan dana secara cepat dan mudah.

Also Read

Bagikan:

Tags