11 Tips Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Sebagian dengan Mudah

Adi Riyanto

masadi.id – Keyboard adalah salah satu komponen yang ada pada laptop yang memiliki fungsing paling penting dan juga yang cukup rawan akan mengalami kerusakan. Contohnya saja seperti tombol yang salah memasukkan karakter, tidak berfungsi sebagian, hingga tidak berfungsi keseluruhan dari keyboard tersebut.

Untuk mengatasi keyboard yang rusak sebagian atau tidak berfungsi semua, kalian tidak perlu khawatir dan jangan buru-buru untuk membeli keyboard baru seperti keyboard USB atau bahkan membawanya ke tukang service laptop. Kalian bisa mencoba untuk memperbaiki sendiri terlebih dahulu ketimbang mengeluarkan uang untuk mengganti atau memperbaiki di tempat service laptop. Adakalanya keyboard yang rusak atau tidak berfungsi sebagain bisa diakibatkan oleh hal yang sepele yang mungkin bisa kalian perbaiki sendiri dirumah.

Tips mengatasi Keyboard rusak
keyboard laptop

Biasanya untuk membetulkan keyboard yang rusak tersebut, kalian harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dari rusaknya keyboard itu. Kemungkinan salah satu penyebabnya seperti tersiram air, terkena debu atau hal lainnya yang membuat keyboard tidak berfungsi. Akan tetapi, terkadang keyboard laptop yang sering eror dengan tiba-tiba tanpa diketahui secara pasti apa penyebabnya.

Jika demikian, secara otomatis kalian harus mencoba beberapa langkah perbaikan darurat sambil memperkirakan apa penyebab kerusakannya tersebut. Nah, dibawah ini beberapa cara untuk memperbaiki keyboard yang rusak atau tidak berfungsi yang bisa kalian lakukan dirumah sebelum memutuskan utnuk membawanya ke tempat service.

11 Tips Memperbaiki Keyboard Laptop yang tidak Berfungsi

1. Restart Laptop

Dengan cara merestart laptop ada kemungkinan keyboard dapat berfungsi normal lagi. Cara ini merupakan cara langkah pertama yang wajib dilakukan sebelum melakukan tindakan perbaikan selanjutnya. Me-restart laptop dapat memperbaiki ratusan masalah pada sistem operasi yang ada di laptop secara langsung. Jika masih tida bisa di restart, kalian coba dapat menekan tombol power selama beberapa detik sampai laptop itu mati. Jika setelah restart masalah masih ada, silahkan kalian coba langkah-langkah berikutnya dibawah ini.

2. Periksa Tombol Num Lock

Keyboard yang tidak dapat berfungsi dengan baik terkadang secara tidak sengaja disebabkan oleh kita sendiri sebagai penggunanya. Salah satu yang paling umum terjadi yaitu aktifnya tombol Num Lock pada keyboard akibat kita menekan kombinasi tombol tertentu pada keyboard laptop kalian. Ketika tombol Num Lock aktif, karakter yang keluar di layar biasanya berbeda dengan tombol yang ditekan.

Cara mematikan tombol Num Lock tersebut, kalian tekan saja tombol FN dan NumLK di keyboard secara bersamaan. Untuk beberapa tipe laptop menekan Caps Lock dna NumLK juga dapat mematikannya. Silahkan hubungi customer support dari produsen laptop untuk mengetahui cara mematikan Num Lock apabila kedua kombinasi di atas tidak bekerja.

3. Masalah Driver System

Penyebab keyboard tidak bisa berfungsi dengan semestinya dapat juga diakibatkan oleh Driver dari laptop tersebut. Hal ini biasanya terjadi pada saat menginstal software pihak ketiga, lalu terkena virus dan lainnya. Untuk mengeceknya, silahkan kalian buka saja Device Manager kemudian lihatlah bagian keyboard.

Apabila di sana terdapat tanda kuning dengan simbol segitiga, dapat dipastikan driver keyboard tersebut mengalami masalah. Kalian dapat mendownload driver terbaru pada situs produsen laptop yang kalian gunakan. Dengan cara ini juga bisa untuk mengatasi jika keyboard tidak dapat terdeteksi oleh laptop.

4. Lakukan System Restore

Jika kalian yakin bahwa keyboard tidak berfungsi dengan bagian diakibatkan setelah meginstal suatu program di laptop, cobalah untuk melakukan system restore pada laptop tersebut. Caranya System Restore untuk Windows 7 dan Windows 8 yaitu dengan buka Start Menu kemudian search Recovery. Sedangkan pada Windows XP klik Start lalu All Programs lalu pilih Accessories lalu pilih System Tools dan kemudian pilih System Restore.

Dengan melakukan cara System Restore, laptop akan kembali pada keadaan sebelum menginstal program bermasalah tersebut. Cara secara otomatis akan menghilangkan program yang bermasalah akibat diinstall tadi, maka dari itu sebelum melakukan System Restore silahkan backup terlebih dahulu data yang penting di laptop kalian.

5. Bersihkan Kotoran dan Debu

Salah satu penyebab yang paling sering terjadinya kerusakan pada keyboard laptop yaitu adanya kotoran dan debu di keyboard tersebut. Debu dan kotoran biasanya terselip diantara sela-sela tombol keyboard sehingga akan menutupi sampai kebawah pada komponen bagian dalamnya. Semakin lama usia laptop biasanya semakin banyak kotoran yang ada di laptop itu.

Cara paling mudah untuk membersihkannya yaitu dengan memirihkan atau membalikkan laptop hinga 45 sampai 75 derajat sambil menggoyangkannya. Kalian juga dapat menggunakan pembersih khusus untuk keyboard yang biasanya berupa alat vakum kecil untuk menyikirkan kotoran dan debu.

Apabila keyboard laptop tidak bekerja karena terkena siraman air, kalian harus membersihkan bagian dalamnya. Caranya dengan mencopot tombol-tombolnya dan kemudian bersihkan papan sirkuitnya dengan menggunakan kain halus atau cuttom buds yang telah diberi sedikit air alkohol.

Untuk melepaskan tombol-tombol pada keyboard laptop memang cukup sulit dan membutuhkan keahlihan khusus. Jika kalian belum menguasai hal tersebut, lebih baik untuk tidak melakukan cara ini, bisa-bisa nanti malah menambah masalah kerusakan pada keyboard laptop tersebut.

6. Lepas Baterai pada Laptop

Apabila terdapat beberapa tombol pada keyboard yang tidak bekerja dengan baik, maka cobalah untuk melakukan reset. Dengan cara ini biasanya keyboard laptop yang tidak berfungsi akan kembali normal seperti sediakala. Cara untuk melakukan hal tersebut ialah dengan sebagai berikut.

Pertama Shut Down dulu Laptopnya, kemudian lepaskan baterai dan kabel adapter, setelah itu diamkan selama 1 menit, lalu tekan dan tahan tombol pwer selama 60 detik. Jika sudah, pasang kembali baterai laptop dan coba hidupkan kembali laptop tersebut.

7. Cek Konektor pada Keyboard yang Terlepas

Masalah keyboar laptop tidak berfungsi selanjutnya ialah konektor terlepas. Masalah seperti ini yang tidak terdeteksi biasanya dapat diatasi dengan menginstal driver. Namun, jika keyboard masih belum terdeteksi kemungkinan besar terdapat masalah pada konektornya. Seperti rusak, tertekuk, renggang atau bahkan bisa terlepas.

Untuk mengatasi masalah konektor terlepas ini, kalian perlu membuka keyboard untuk menghubungkann kembali konektornya. Silahkan buka video tutorial yang banyak tersebar di kanal youtube untuk mengetahui cara membuka bagian laptop. Namun, apabila jika kalian tidak berani, jangan coba-coba membukanya agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah lagi.

8 Mengganti Keyboard Bawaan

Apabila konektor pada keyboard laptpp masih terhubung namun masih bermasalah, cara memperbaikinya adalah dengan mengganti keyboard bawaan laptop dengan yang baru. Cara ini juga bisa menjadi solusi terbaik untuk permasalahan beberapa tombol keyboard yang tidak berjalan dengan benar.

Untuk mengganti keyboard bawaan, kalian bisa mencari keyboard di toko online dengan menuliskan tipe keyboard yang kalian gunakan. Misalnya laptop yang kalian punya laptop ASUS X411MA dan beberapa tombol keyboard di laptop tersebut rusak, kalian tidak cukup mencari di toko online dengan kata kunci keyboard ASUS X411MA.

Setelah itu, kalian tinggal beli saja dan apabila sudah ada silahkan pasang sendiri dengan membuka laptopnya. Jika tidak berani dan tidak mau mengambil resiko, kalian bisa mencari jasa pergantian spare part keybaord laptop ke tempat servis tertentu yang ada didaerah kalian. Tentu jika laptop masih dalam masa garansi, kalian bisa kalim garansi pergantian keyboar dlaptop ke produsesnnya sesuai merek laptop yang kalian punya.

9. Menggunakan Keyboard Eksternal

Jika semua cara memperbaiki laptop diatas sudah kalian coba namun masih tidak berhasil. Kalian harus membawanya ke tempat servis laptop. Jika masih dalam masa garansi baisanya kalian tidak akan dipungut biaya perbaikan tersebut. Namun apabila jika garansinya sudah tidak ada, kalian harus membayar biasa jasa service atau biasa penggantian unit keyboar baru.

Jika menurut kalian harga servis laptop terlalu mahal, kalian dapat mencoba menggunakan Keyboard USB untuk sementara waktu. Keybaord eksternal USB ini dapat kalian gunakan secara langsung hanya dengan menghubungkan ke port USB yang ada di laptop. Harganya juga cukup murah sekitar Rp.50.000.

Apabila kalian kurang suka dengan keyboard dengan tipe USB, kalian juga bisa mencoba untuk menggunakan keyboard wireless. Keyboard wireless ini berfungsi dengan menggunakan jaringan Bluetooth sehingga praktis dan tidak terlalu banyak memakan tempat.

10. Menggunakan Keyboard On-Screen

Jika kalian sedang diburu-buru dengan tugas atau pekerjaan yang ada dilaptop yang memungkinkan kalian tidak bisa membeli atau memperbaikinya terlebih dahulu, kalian bisa menggunakan fitur Keyboard On-Screen yang ada dilaptop kalian. Memang jiak kalian menggunakan cara ini mungkin akan sedikit terhambat dalam pengetikan di keyboard tersebut, namun tidak salahnya jika kalian mencobanya.

Untuk menggunakannya kalian bisa membuka pada Menu Start lalu pilih Program dan pilih Accessories kemudian Accesibility, kemudian pilih On-Screen Keybaord. Fitur ini berfungsi layaknya keyboard biasa, tetapi kalian haurs mengoperasikannya dengan menggunakan bantuan mouse atau touchpad. Meski cukup merepotkan namun sangat berguan jika mmebutuhkannya dalam kondisi darurat.

11. Bawa ke Tempat Service

Cara terakhir yang bisa kalian lakukan apabila cara-cara diatas tidak bekerja adalah membawa laptopnya ke tempat service. Asalkan tingkat kerusakan tidak terlalu parah, keyboard pasti akan bisa diperbaiki dan berfungsi secara normal kembali.

Apabila jika masih memiliki garansi atau asuransi, kalian bisa melakukan perbaikan tersebut secara gratis tanpa harus membayar jasa perbaikkannya. Pastinya kalian tanyakan terlebih dahulu penyebab keyboard laptop rusak pada pihak teknisi dan cara agar hal seperti itu tidak tejadi lagi.

Nah itulah beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak dapat berfungsi yang bisa kalian coba sendiri dirumah sebelum membawanya ke tukang servis. Cara diatas hanyalah sebagian dari banyak cara yang bisa kalian coba tergantung dari merek laptop yang kalian miliki. Semoga membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba sendiri dirumah.

Also Read

Bagikan:

Tags