11 Rekomendasi Shampo Untuk Rambut Rontok Terbaik

Adi Riyanto

Shampo Untuk Rambut Rontok – Rambut rontok adalah masalah kulit pada kepala yang bisa terjadi oleh siapapun baik pria ataupun wanita. Jika masalah rambut rontok tersebut dibiarkan terlalu lama tanpa adanya penanganan, bisa menyebabkan penipisan rambut secara bertahap bahkan sampai mengalami kebotakan. Hal tersebut tentunya tidak ingin terjadi bukan? bisa-bisa kepercayaan diri kalian akan berkurang akibat rambut rontok.

shampo untuk rambut rontok

Seperti yang kita tahu, rambut adalah mahkota bagi setiap orang, terutama bagi kaum wanita. Agar rambut tidak mudah rontok kalian perlu melalukan perawatan. Untuk perawatan rambut rontokpun tidak perlu mahal-mahal, salah satunya dengan pemilihan shampo untuk rambut rontok untuk mengatasi hal tersebut.

Umumnya rambut yang rontok yang normal bagi seseorang yaitu antara 50 sampai 100 helai perhari. Nah, jika kalian mengalami rambut rontok yang melebihi angka tersebut, tandanya kalian sedang mengalami rambut rontok yang berlebih.

Adapun penyebab terjadinya rambut rontok yang berlebih tersebut ialah seperti stres, faktor alami atau hormon, penggunaan obat-obatan, pemilihan shampo yang kurang tepat, gaya rambut dan lain sebagainya. Lalu, shampo apa yang tepat untuk mengatasi rambut rontok? Dibawah ini akan kami bagikan rekomendasi shampo untuk rambut rontok terbaik bagi wanita ataupun pria yang mengalami masalah rambut rontok berlebih.

11 Rekomendasi Shampo Untuk Rambut Rontok Terbaik

Ada banyak merk shampo terbaik untuk mengatasi rambut rontok, harganya pun cukup terjangkau mulai dari shampo clear, head and shoulder, pantene, dove dan lainnya. Dibawah ini beberapa rekomendasi shampo rambut rontok terbaik yang bisa kalian pilih.

1. Clear Anti Hairfall

Clear Anti Hairfall

Shampo clear adalah merk shampo dengan anti ketombe ternama di dunia. Shampo ini juga bukan hanya mengatasi masalah ketombe, tapi juga bisa mengatasi masalah rambut rontok yang seperti kalian alami. Shampo Anti Hairfall ini diformulasikan khusus dengan NUTRIUM 10 yaitu perpaduan nutrisi, vitamin, mineral, dan ekstark tumbuhan.

Adapun fungsi dari formula di shampo clear anti hairfall ini yaitu menutrisi kulit kepala secara menyeluruh dan mendalam. Shampo ini mengembalikan nutrisi paling penting pada rambut sehingga kesehatan kulit kepala dan rambut pun terjaga. Selain itu, shampo clear anti hairfall ini diklaim mampu mengurangi kerontokan rambut sampai 98% jika kalian rutin memakainya.

2. Head & Shoulder Supreme Anti Hairfall

Head & Shoulder Supreme Anti Hairfall

Apabila kalian mengalami rambut rontok yang cukup parah, kalian tidak perlu khawatir. Karena ada shampo Head & Shoulder Supreme Anti Hairfall yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi rambut rontok. Harganya pun cukup terjangkau yang bisa kalian beli di toko online atau pun offline.

Shampo Head annd Shoulder Supreme Anti Hairfall ini mengandung argan creme dan esens aplukat. Kandungan tersebut diseleksi dari tree of life di Maroko yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit kepala serta rambut. Sedangkan untuk esens alpukat dan ZPT berfungsi menjaga rambut tetap berkilau dan sehat. Selain itu, dari kandungan tersebut kulit kepala kalian akan terbebas dari rasa gatal dan ketombe. Salah satu shampo yang bagus untuk kalian yang mengalami masalah rambut rontok akibat ketombe.

3. Pantene Hair Fall Control Shampo

Pantene Hair Fall Control Shampo

Rekomendasi shampo anti rambut rontok terbaik selanjutnya yaitu Pantene Hair Fall Control Shampo. Shampo pantene ini mempunyai kandungan keratin damage blocker yang mampu mencegah rambut patah akbiat kerusakan. Shampo ini memperkuat rambut dari akar sampai ujung rambut.

Bukan hanya itu saja, Pantene Hair Fall Control Shampo juga bisa membuat rambut kalian tidak lagi kusut saat basah dan kering sehingga meminimalisir rambut rontok. Selain itu, shampo ini sudah diklaim dapat mengurangi rambut rontok sampai 98%. Gunakan shampo ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Dove Total Hair Fall Treatment Shampoo

Dove Total Hair Fall Treatment Shampoo

Shampo ini memiliki kandungan trichazole yang berfungsi untuk menutrisi akar rambut dan mencegah kerontokan pada rambut. Formula pada shampo Dove Total Hair Fal Treatment ini melindungi setiap helai rmabut dan dapat mengurangi masalah rambut rontok hingga 98%. Dengan pemakaian shampoo dove dengan rutin, rambut akan semakin kuat dan sehat serta masalah rambut rontok akan jauh lebih berkurang.

Selain itu, menggunakan Dove Total Hair Fall Treatment Shampoo ini secara rutin akan menjadikan rambut terlihat lebih bervolume. Dengan nutrisi rambut yang lebih maksimal, shampo ini aman digunakan setiap hari.

5. Natur Shampoo Ginseng Extract

Natur Shampoo Ginseng Extract

Rekomendasi mengatasi masalah rambut rontok selanjutnya yaitu menggunakan shampo dari Natur Shampoo Ginseng Extract. Natur ini adalah priduk asli Indonesia yang sudah dipercaya sejak lama sebagai salah satu merek shampo terbaik. Kandungan formula yang ada di dalam shampo ini dapat memperkuat rambut dan menutrisi kulit kepala dengan memperbaiki tekstur dan batang rambut sehingga mencegah terjadinya masalah rambut rontok.

6. Garnier Neril Anti Loss Guard Shampoo

garnier neril anti loss

Garnier Neril Anti-Loss Guard Shampp merupakan salah satu shampo terbaik untuk mengatasi masalah rambut rontok parah. Shampo ini mengandung bahan alami yaitu konsentrat tumbuuhan chamomile, horsetail, dan nettle yang mampu mengurangi kerontokan pada rambut.

Masing-masing bahan alami yang terkandung dalam shampo ini memiliki manfaat khusus, seperti Chamomile dan horsetail yang berfungsi mengurangi serta mengilangkan ketombe pada kepala. Bukan hanya itu saja, kedua bahan ini juga berfungsi memperkuat akar rambut agar tidak mudah rontok. Sementara untuk nettle berfungsi menyegarkan kembali kulit kepala dan merangsang agar pertumbuhan rambut jauh lebih cepat.

7. L’Oreal Fall Resist 3X Anti-Hair Fall Shampoo

L'Oreal Fall Resist 3X Anti-Hair Fall Shampoo

L’Oreal Fall Resist 3X Anti Hair Fall Sahmpoo diperkaya dengan Arginine Essence yang berfungsi untuk menutrisi dan mengembalikan kekuatan rambut mulai dari akar. Umumnya masalah rambut rontok ini disebabkan akibat kurangnya nutrisi pada pangkal rambut. Untuk itu kalian perlu menambah nutrisi rambut sehingga lebih kuat, sehat dan tentunya indah.

Arginine Essence pada shampo ini merupakan salah satu asam amino yang juga berperan untuk pertumbuhan rambut kalian. Formulanya dibuat khusus untuk cuaca tropis seperti di Indonesia ini. Rambut rontok yang kalian alami dapat berkurang sampai 97% jika digunakan secara ruti. Dan untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan juga rangkaian kondisioner dan masker rambut dari L’Oreal.

8. TRESemme Hair Fall Control Shampoo

TRESemme Hair Fall Control Shampoo

TRESemme Hair Fall Control Shampo merupakan shampo rambut rontok dengan kandungan ekstra yang dapat mengurangi masalah rambut rontok sampai 10 kali lipat. Shampo ini hadir dengan inovasi terbaru yaitu TRESPLEX Fall Control Technology yang setara dengan teknologi produk salon ternama untuk mengatasi rambut rontok.

Dengan melalukan perawatan dari dalam, sampo ini mampu mengurangi masalah kerontokan yang dialami rambut yang sering di styling sekalipun. Agar hasil yang lebih maksimal, gunakan shampo ini bersamaan dengan TRESemme Hair Fall Control Conditioner.

9. Erhair HairGrow Shampoo

Erhair HairGrow Shampoo

Salah satu merek yang biasa digunakan untuk perawatan kulit, kini Erha juga sudah mempunyai broduk khusus untuk perawatan rambut yang bernama Erhair. Di antara jenis shampo yang ada, Erhair HairGrow Shampoo telah teruji secara klinis yang dapat mengurangi masalah kerontokan pada rambut. Formula dalam shampo ini membantu penyerapan nutrisi vitamin dan minearl untuk merangsang pertumbuhan rmabut baru dan menutrisi kulit kepala.

Selain itu, shampo ini juga dilengkapi dengan ekstrak biji labuu dan ekstrak panax ginseng sehingga penyebab kerontokan rambut dapat dihambat dengan efektif. Terlebih lagi shampo ini dapat digunakan oleh semua jenis kulit kepala, baik wanita ataupun pria. Kalian bisa menggunakannya dengan bersamaan HariGrow Serum untuk hasil yang lebih maksimal.

10. Zinc Shampoo Hair Fall Treatment

Zinc Shampoo Hair Fall Treatment

Zinc Shampoo Hair Fall Treatment adalah sampo untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe yang diformulasikan untuk rambut rontok yang mengandung ekstrak ginseng berkhasiat untuk menguuatkan akar rambut.

Selain itu, produk dari shampo ini juga mengandung seng pirition. Kedua kandungan tersebut bekerja denan cara mengatasi jamu dan juga bakteri penyebab ketombe. Dengan memakai sampo ini kalian bisa mengatasi dua masalah rmabut sekaligus.

11. Wardah Hair Fall Treatment Shampoo

Wardah Hair Fall Treatment Shampoo

Shampo ini mengandung bahan aktif natural seperti ginseng ekstrak untuk mengurangi masalah rambut rontok di kepala. Selain itu, shampo dari wardah ini juga bisa mengandung ektrak rosemary dan keratin untuk menjaga kekuatan batang rambut supaya tidak mudah patah.

Selain itu, kandungan scentlock fragrance di dalam produk ini jga bisa membuat rambut kalian wangi sepanjang hari.

Itulah beberapa rekomendasi shampo yang cukup populer untuk mengatasi rambut rontok bagi wanita atau pun pria. Dengan menggunakan shampo dengan pilihan yang tepat, kalian bisa mengurangi masalah rambut rontok yang sedang kalian alami. Jika kalian bingung dalam pemilihan shampo yang bagus, kalian bisa simak tips pemilihan shampo yang baik untuk kalian dibawah ini.

Tips Memilih Shampo Untuk Masalah Rambut Rontok

Berikut ini tips memilih shampo yang bagus untuk mengatasi rambut rontok agar masalah tersebut cepat hilang.

1. Kenali Jenis Rambut Kalian

Sebelum memilih shampo yang bagus untuk mengatasi rambut rontok, tentunya kalian harus mengetahaui terlebih dahulu jenis rambut yang kalian miliki. Karena perawatan untuk rambut yang kering pastilah akan berbeda dengan kalian yang memiliki rambut berminyak atau normal. Jadi akan percuma saja jika kalian memilih shampo utnuk rambut rontok yang tidak sesuai dengan jenis rambut yang kalian miliki.

2. Kenali Penyebab Kerontokan

Dengan mengenali apa sebab rambut kalian rontok akan memudahkan kalian untuk memilih sampo yang efektif untuk rambut rontok. Untuk penyebab rambut rontok bisa kalian baca pada uraian dibagian artikel ini.

3. Pilih Shampo yang dibuat dari bahan Alami

Jika kalian mengalami rambut rontok, maka hindari sampo dengan berbahan kimia yang berbahaya bagi rambut. Kalian bisa memilih sampo untuk rambut rontok dengan bahan-bahan berasal dari alam dengan kandungan vitamin dan juga protein yang memang dibutuhkan bagi rambut.

4. Pilih Shampo yang Melembabkan dan Menutrisi Rambut

Selalu pastikan bahwa rambut yang kalian miliki ternutrisi dengan baik dengan kelembapan yang cukup. Rambut yang lembab dengan nutrisi yang baik bisa mencegah rambut menjadi kering serta terhindar dari kusut. Oleh sebab itu kalian pilih sampo dengan kandungan nutrisi yang baik dan mampu melembapkan rambut karena sampo untuk rambut rontok dengan kandungan bahan baik mampu membuat rambut menjadi sehat dan mencegah terjadinya kerontokan.

5. Sampo dengan Ph Balance yang Sesuai

Berbeda dengan sabun yang dipakai untuk membersihkan tubuh, sampo yang baik dan ideal yaitu memiliki Ph balance sekitar 6,5 yang optimal untuk kulit kepala. Karena, dengan sampo yang memiliki Ph balance 6,5 tidak menjadikan kulit kepala dan rambut kering. Jadi, kalian bisa memilih sampo dengan Ph balance yang sesuai untuk menjaga rambut berkilau dan kulit kepala yang tetap lembap.

Setelah kalian rutin memakai shampo untuk rambut rontok, kalian juga perlu menjaga aktivitas atau kegiatan kalian yang menyebabkan rambut cepat rontok.

Tips Mencegah Agar Rambut Tidak Rontok

Berikut ini beberapa tips untuk mengurangi atau mencegah masalah rambut rontok datang kembali, simak selengkapnya dibawah ini.

  1. Hindari gerakan menggaruk pada kepala saat keramas. Hal ini bisa melukai kulit kepala dan menyebabkan iritasi dan kerontokan yang berlanjut atau semakin parah. Sebaiknya gunakan gerakan memijat pada ujung jari dengan perlahan.
  2. Hindari memgikat atau mencepol rambut terlalu kencang, kunciran yang terlalu kencang bisa menyebabkan rambut kalian tertarik dari kulit kepala. Apabila rmabut klaian sedang rontok, gunakan jepit rambut model bebek atau jedai.
  3. Pastikan rambut kalian sudah benar-benar kering sebelum menggunakan helm atau hijab. Karena rambut basah cenderung rapuh dan mudah patah. Menggunakan helm atau hijab juga bisa mengakibatkan ketombe karena kulit kepala yang lembab dan basah.
  4. Rutin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang bisa mengurangi rmabut rontok. Hal ini bisa memberikan nutrisi dari dalam.
  5. Berikan juga nutrisi dari luar selain shampo seperti menggunakan conditioner, vitamin, toner sampai masker rambut.
  6. Tidak terlalu sering menata rambut, apabila kalian suka mewarnai rambut, mencatok, mengkeriting rambut, hal tersebut tentunya bisa membuat kalian bisa merusak rambut serta mengiritasi kulit kepala.
  7. Yang terakhir menjalankan pola hidup sehat, jika kalian memiliki anemia atau kurang darah bisa menyebabkan rambut rontok. Untuk menerapkan hidup sehat, kalian bisa berolahraga dengan rutin, meditasi tidka begadang dan memiliki pola tidur yang teratur.

Penyebab Masalah Rambut Rontok

Ada beberapa penyebab rambut rontok yang bisa dialami oleh siapa saja, berikut penyebab rambut rontok yang perlu kalian ketahui.

1. Pemilihan Shampo yang kurang tepat

Pemilihan shampo yang salah atau kurang tepat bisa jadi masalah timbulnya rambut rontok. Maka dari itu, pilihlah shampo yang sesuai dengan jenis kulit kepala kalian, hal ini bisa kalian pastikan dengan mengetahui kandungan yang ada di dalam shampo. Apakah sesuai atau tidak.

2. Faktor Alami dan Hormon

Kerontokan rambut yang disebabkan masalah ini bisa berlangsung secara permanen atau pun sementara. Kerontokan rambut yang diakibatkan oleh Hormonal bisa diakibatkan karena kehamilan, persalinan, menopause dan masalah tiroid. Sedangkan kondisi medis yang bisa menyebabkan rambut rontok adalah alopecia areata yang berhubungan dengan sistem kekebalan sehingga menyebabkan gangguan dalam sistem kekebalan dan menyebabkan kerontokan rambut yang tidak merata, kuratp dan gangguan mencabut rambut yang disebut trikotillmonia. Kondisi medis pasca kemoterapi bagi yang mengidap kanker juga bisa menyebabkan masalah rambut rontok.

3. Mengkonsumsi Obat-obatan atau Suplemen

Masalah rambut rontok juga bisa diakibatkan efek samping dari obat-obatan tertentu, seperti obat-obatan kanker, arthritis, depresi, masalah jantung, asam urat atau tekanan darah tinggi.

4. Gaya Rambut dan Perawatan

Bagi kalian yang sering melalukan styling rmabut seperti catokan dan hairdryer, sebenarnya kedua alat tersebut dapa menyebabkan kerontokan pada rambut akibat alat tersebut dapat mengeluarkan panas yang digunakan pada rambut kalian. Penataan dan gaya rambut seperti dikuncir juga bisa menyebabkan adanya kerontokan karena rambut yang sering tertarik dari kulit kepala.

Lalu, bagi kalian yang suka mewarnai rambut atau bleaching juga bisa menjadi penyebab kerontokan rambut. Hal ini disebabkan adanya zat kimia yang ada didalam produk dapat merusak kesehatan kulit kepala.

5. Mengalami Stress

Stress yang berlebih juga bisa mengakibatkan kerontokan pada rambut. Kondisi seperti ini juga disebut dengan telogen effluvium yang biasanya berlangsung hanya sementara. Wanita yang mengalami hal ini biasanya menyadari kerontokan rambut 6 minggu sampai 3 bulan setelah mengalami stress berat. Siklus pertumbuhan rambut dibagi tiga fase yaitu masa pertumbuhan, masa istirahat dan masa rontok. Jika klaian mengalami stress maka dapat mengganggu siklus pertumbuhan rambut tersebut.

Pertanyaan Umum Seputar Shampo untuk Rambut Rontok

Dibawah ini juga ada beberapa pertanyaan umum seputar shampo untuk mengatasi rambut rontok yang mungkin kalian perlu diketahui.

1. Shampo apa yg cocok untuk rambut rontok?

Ada banyak sekali shampo yang cocok yang bisa digunakan untuk rambut rontok, salah satunya seperti Clear, Pantene, Dove dan lainnya seperti yang sudah kami rekomendasikan diatas tadi.

2. Apakah gonta ganti shampo bisa bikin rambut rontok?

Jawabannya, iya. Sering bergonta ganti merek shampo bisa menyebabkan rambut mudah rontoj dan terlihat semakin menipis. Hal ini disebabkan karena adanya berbagai bahan kimia yang terkandung didalam sampo, yang terserap ke dalam rambut.

3. Berapa kali keramas agar rambut tidak rontok?

Waktu keramas yang baik untuk rambut rontok adalah 2-3 hari sekali. Agar kalian terbebas dari masalah rambut rontok, maka gunakan sampo khusus rambut rontok sebagai perawatan sehari-hari seperti yang sudah kami rekomendasikan diatas.

4. Apakah normal rambut rontok setiap hari?

Menurut penelitian di situs kesehatan WebMD, rata-rata orang dewasa mempunyai 10.000 sampai 15.000 helai rambut. Sekitar 50 sampai 100 helai rambut tersebut akan rontok setiap hari, jadi kerontokan rambutmu  masih dinilai normal jika jumlah helaian yang rontok masih di antara angka tersebut.

5. Apakah rambut yang rontok akan tumbuh lagi?

Jawabannya, ya. Rambut yang mengalami kerontokan sebelum bertunas dan akan tumbuh kembali. Jadi kalian tidak perlu khawatir.

6. Apakah jarang keramas bisa membuat rambut rontok?

Ya, kebiasaan malas keramas ternyata juga bisa menjadi penyebab rambut rontok, Hal tersebut karena jamur akan mudah tumbuh subur pada kulit kepala yang kotor. Maka, rajinlah untuk keramas setiap 2-3 hari sekali agar rambut kalian terhindar dari kotor dan jamur yang bisa membuat rambut rontok.

Penutup

Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai rekomendasi shampo terbaik untuk rambut rontok bagi pria ataupun wanita. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kalian untuk bisa mengatasi masalah rambut rontok berlebih dengan pemilihan shampo yang bagus untuk rambut rontok.

Also Read

Bagikan:

Tags