10 Cara Screenshot di Laptop dan Komputer dengan Sangat Mudah

Adi Riyanto

masadi.id – Buat kalian yang sering beraktifitas di hadapan layar laptop maupun komputer, kegiatan screenshot layar mungkin sudah bukan hal biasa lagi. Screenshot atau biasa yang disingkat dengan ss bisa dilakukan untuk berbagai macam keperluan.

Tapi, terkadang tidak semua tahu cara screenshot atau ss di laptop dan komputer, karena tidak semudah melakukannya di layar hp. Screenshot sendiri meruapakan gambar yang dihasilkan dari tangkapan layar yang digunakan untuk berbagai keperluan.

Misalnya untuk mengambil gambar penting pada layar untuk disimpan sebagai dokumen gambar untuk kegunaan keperluan nantinya seperti keperluan presentasi atau sekedar membagikannya ke orang lain melalui media sosial.

Fitur Screenshot ini sudah ada dalam setiap sistem operasi bawaan hingga berbagai macam aplikasi screenshot layar laptop yang tersedia di internet.

Meskipun terbilang mudah dilakukan, nyatanya masih ada sebagian orang yang masih belum mengetahui bagaimana cara screenshot laptop atau komputer di Windows.

Untuk melakukannya, kalian cukup ikuti salah satu tutorial yang akan saya bagikan dibawah ini. Berikut cara screenshot di Laptop atau PC Komputer dengan mudah.

Cara Screenshot di Laptop dan PC

Cara ini bisa kalian lakukan pada laptop atau komputer dengan sistem operasi Windows, dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 hingga Windows 10, dimana dari semua windows tersebut memiliki cara dasar yang sama dalam melakukan screenshot.

Screenshot di laptop
Via tangkap layar Laptop Asus

Meskipun begitu, setiap sistem operasi windows tersebut juga punya cara lain yang berbeda-beda dan tidak bisa dilakukan pada sistem operasi yang berbeda.

1. Screenshot di Laptop dengan tombol PrtSc/PrintScreen

Salah satu cara screenshot laptop dengan 1 tombol yaitu dengan menekan tombol PrintScreem atau biasa di dikeyboard tertulis PrtSc yang terletak pada sebelah kanan atas keyboard.

Untuk caranya sangat mudah, kalian tinggal klik saja tombol PrtSc dan nanti akan menangkap seluruh layar ke clipbaord. Setelah itu kalian buka program yang menampilkan gambar seperti Paint, Microsoft Word, Photosop atau lainnya. Klik Paste atau ctrl+v lalu klik simpan menjadi file JPEG.

2. Screenshot di Laptop dengan tombol Alt+PrtSc

Cara ini hampir sama dengan cara sebelumnya, dimana kalian cukup menekan tombol alt + Prt Sc dan layar akan masuk ke dalam clipboard.

Setelah itu buka Program paint atau sejeninya untuk mem-paste hasil dari screenshot yang telah diambil tadi. Selain tombol yang ditekan berbeda, cara screenshot ini juga mempunyai hasil yang berbeda. Perbedaannya terlihat pada hasil screenshot dimana hanya jendela aktif yang akan di capture saja. Sementara pada bagian taskbar dan yang lainnya tidak bisa diambil screenshotnya.

3. Screenshot di Laptop dengan tombol Windows+Shift+S

Cara ketiga dengan menekan tombol Windows+Shift+S pada keyboard di laptop atau komputer kalian. Cara ini cukup mudah dilakukan dan sangat cocok buat kalian yang hanya ingin mengambil screenshot pada bagian-bagian tertentu saja.

Pada saat screenshot nanti, layar laptop atau komputer kalian akan meredup dan menunjuk mouse akan berubah. Kalian bisa menarik untuk memilih bagian layar mana yang akan diambil gambarnya. Screenshot akan disalin ke clipboard yang dapat di tempelkan pada program gambar lain.

4. Screenshot di Laptop dengan tombol Windows+PrtSc

Ini adalah cara yang paling mudah untuk screenshot seluruh layar aktif baik dari taskbar maupun ke lainnya. Kalian tinggal tekan tombol Windows + PrtSc dan hasil Screenshot akan otomatis tersimpan pada Folder Picture di Documen pada Laptop atau PC kalian.

5. Screenshot di Laptop Windows 10 dengan Game Bar

Fungsi lain dari Game Bar yang dapat merekam video, game bar dari windows 10 juga dapat menangkap layar atau screenshot. Caranya pun cukup mudah kalian tinggal tekan tombol Windows+G dan nanti akan muncul tampilan Game Bar overlay yang dimana kalian bisa memilih “Capture” untuk menangkap layar laptop.

File gambar screenshot akan secara otomatis disimpan ke folders videos dalam subfolder yang disebut folder Captures. Apabila kalain memainkan game di steam, kalian juga dapat menekan tombol F11 pada keyboard untuk tangkap layar.

6. Screenshot di Laptop Asus dengan Tombol FN + PrtSc

Cara kombinasi FN + PrtSc juga dapat untuk menangkap layar pada laptop kalian. Cara pemakaianya kalian tinggal tekan bersamaan tombol FN+PrtSc. Jika sudah, kalian bisa membuka program aplikasi seperti paint atau photosop pada asus laptop.

Kalian bisa tekan paste atau menggunaka kombinasi tombol Ctrl + V kemudian gambar hasil screenshot akan muncul pada program editing gambar tersebut. Setelah itu kalian bisa langsung menyimpan gambar tersebut dengan menekan ikon save atau Ctrl+S.

7. Screenshot di Laptop dengan Snipping Tool

Setiap sistem operasi Windows, terdapat sebuah aplikasi bawaan yang bernama program Snipping Tool. Program ini berguna untuk melakukan screenshot di laptop atau komputer dan membuat anotasinya.

Untuk menggunakannnya kalian perlu membuka dengan cara melalui Cortana (Windows 10) atau klik Start dan ketik “Snipping tool”. Setelah terbuka, klik new dan langsung pilih area screenshot yang dipilih. Setelah itu kalian bisa langsung menyimpannya atau melakukan screenshot ulang bisa merasa kurang puas dengan hasilnya.

Fitur Snipping Tools ini pertama kali diperkenalkan pada Operasi Sistem Windows Vista dan menjadi cara ss di laptop dan komputer paling mudah untuk dilalukan.

8. Cara Screenshot pada Laptop Mackbook

Pengguna setia mackbook, dilansir the verge, versi terbaru dari MacOS yakni Mojave dan Catalina kini telah menghadirkan sebuah aplikasi yang memudahkan bagi penggunanya untuk screenshot.

Kalian dapat melalukannya dengan menekan tombol “Shift+Command (⌘) + 5” untuk memunculkan bilah perintah. Apabila perintah terbuka, akan disajikan lima buah tombol berbentuk kotak, tombol “Options” dan tombol “Capture”. Untuk penjelasan dari lima tombol tersebut silahkan lihat selengkapnya dibawah ini.

  1. Tiga buah tombol kotak paling kiri merupakan opsi untuk tangkap layar. Kalian dapat memilih untuk seluruh layar, jendela aplikasi tertentu atau sebagian layar saja.
  2. Dua tombol setelahnya merupakan opsi untuk mengambil video. Kalian dapat memilih antara merekam seluruh tampilan layar atau hanya sebagian layar.
  3. Sedangkan tombol “Options” menyediakan berbagai opsi lanjutan. Seperti tempat untuk menyimpan hasil video atau gambar, mengatur jeda pengambilan dan juga memberika opsi untuk menyembunyikan kursor.
  4. Terakhir, jika kalian sudah memilih opsi dari tiga poin diatas, kalian cukup menekan tombol “Capture” yang berada di posisi paling kanan untuk memproses pengambilan gambar.

Adapun bagi kalian yang belum memiliki versi terbaru dari MacOS ini kalian tidak perlu khawatir. Dibawha ini beberapa kombinasi perintah yang dapat kalian ikuti dan tidak memakan banyak waktu.

  • Shitf + Command + 3 untuk mengabadikan tampilan seluruh layar
  • Shift + Command + 4 + seret kursor pada bagian tertentu untuk mengambil sebagian tampilan layar
  • Shift + Command + 4 + bilah spasi, setelahnya arakhan kursor mouse pada jendela aplikasi tertentu untuk mengabadikan jedenla tersebut.

9. Screenshot di Laptop dengan tombol Windows + Volume Down

Cara screenshot ini hanya dapat dilakukan oleh pengguna Windows Surface. Cara untuk melakukan screenshot pada perangkat ini sangat mudah, karena cukup hanya dengan menekan tombol Windows yang dibarengi dengan tombol Volume Down saja.

Untuk mencari hasil gambar yang telah discreenshot kalian bisa menemukannya pada folder screenshot, dimana gambar tersebut akan disimpan secara otomatis.

10. Screenshot di Laptop dengan Tools Pihak Ketiga

Cara terakhir untuk screenshot di komputer atau laptop juga cukup mudah. Yaitu dengan menggunakan tools atau aplikasi screenshot yang banyak tersedia di internet, mulai dari yang gratisan sampai yang berbayar.

Adapun beberapa tools atau aplikasi rekomendasi untuk screenshot di laptop yaitu Screenrec, Lightshot, Greenshot dan ShareX. Selain dari empat tools tersebut tentunya masih banyak lagi yang bisa kalian temukan di internet. Pastikan saja itu yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian.

Nah itulah 10 cara screenshot di Laptop atau Komputer menggunakan berbagai metode yang ada. Kalian bisa memilih metode yang menurut kalian mudah dan juga tersedia di Laptop atua PC kalian.

Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kalian semua.

Also Read

Bagikan:

Tags